Di tengah maraknya tayangan superhero Hollywood, saat ini para sineas Indonesia juga tengah mengembangkan jagat sinematiknya sendiri untuk meramaikan dunia perfilman superhero yang saat ini bisa dibilang masih dipegang oleh Marvel dengan Marvel Cinematic Universe dan DC dengan DC Extended Universe. Adapun jagat sinematik superhero Indonesia yang sudah mulai terungkap adalah Jagat Sinema Bumilangit, Skylar Universe, dan Satria Dewa Semesta.

Menariknya, tahun 2022 sepertinya akan menjadi tahun yang meriah dengan dirilisnya Berbagai Tayangan Superhero Asli Indonesia. Selain Satria Dewa: Gatotkaca dan Sri Asih, ada satu film lagi yang sepertinya akan sangat menarik, yaitu Virgo and The Sparklings yang akan menceritakan petualangan superhero wanita remaja bernama Rini alias Virgo. Digarap oleh Film yang sepertinya bernuansa remaja ini akan dimaksudkan untuk menjadi film ketiga dari Jagat Sinema Bumilangit setelah Gundala (2019) dan Sri Asih. Sebelum melihat aksi Virgo di filmnya nanti, mari kita bahas siapa sebenarnya superhero cantik ini!

Superhero Wanita dengan Sejarah Panjang

Jika DC mempunyai Supergirl dan Marvel mempunyai Ms. Marvel, Indonesia juga mempunyai pahlawan super remaja wanita bernama Rini alias Virgo. Diciptakan pertama kali oleh komikus Indonesia Jan Mintaraga, Virgo melakukan debut komiknya di Kapten Halilintar Ghorghon yang dirilis oleh penerbit Sastra Kumala pada tahun 1973. Di komik tersebut, Virgo diceritakan membantu superhero lain bernama Regy alias Kapten Halilintar yang mempunyai kekuatan petir.

Menariknya, sebenarnya Rini dan Regy adalah sepasang kekasih, tetapi awalnya mereka tidak saling mengetahui identitas superheronya masing-masing ketika sedang beraksi, sebelum akhirnya mereka mengetahuinya di kemudian hari. Selama bertahun-tahun, Jan terus menceritakan kisah Virgo sebagai sidekick dari superhero lain, khususnya Kapten Halilintar. Baru kemudian pada tahun 2017, karakter Virgo diadaptasi ulang oleh komikus Annisa Nisfihani dan Ellie Goh dalam komik Webtoon berjudul Virgo and the Sparklings.

Di komik Webtoon tersebut, Virgo diceritakan mempunyai sebuah band wanita yang disebut Virgo and the Sparklings bersama para sahabatnya. Di bandnya Virgo berperan sebagai vokalis sekaligus gitaris, sampai akhirnya sebuah kejadian memaksa Virgo harus segera beraksi untuk menyelamatkan kotanya dari ancaman misterius. Pada tahun 2019, komik Webtoon Virgo and the Sparklings tercatat telah memiliki 1,4 juta pelanggan. Menariknya, komik solo Virgo ini tersedia dalam 15 bahasa dan terdapat lagu yang bisa didengarkan di dalamnya.

Mempunyai Banyak Kekuatan

Sebagai seorang superhero tentunya Rini alias Virgo juga mempunyai kisah asal-usul yang membuatnya mempunyai kemampuan super. Awalnya Rini adalah seorang anak yang sangat terobsesi dengan ilmu pengetahuan, khususnya yang berhubungan dengan percobaan ilmiah milik ayahnya. Tanpa sepengetahuan ayahnya dan orang lain, Rini diceritakan menggunakan tubuhnya sendiri untuk melakukan ekperiman dari percobaan ilmiah ayahnya, di mana hal tersebut membuatnya menjadi manusia super.

Kemampuan super yang Rini dapatkan dari eksperimen tersebut memungkinkan dia untuk menghilang dalam sekejap, mirip seperti Invisible Woman dari Marvel. Sementara kemampuan menghilangnya dia gunakan untuk pertahanan dan juga untuk mengendap-ngendap ketika melakukan sebuah misi, Rini juga mempunyai kemampuan ofensif untuk menyerang dengan mengeluarkan api dari tangan dan menembakannya. Setelah mengetahui bahwa kekuatannya dapat berguna untuk orang banyak, pada akhirnya dia memutuskan untuk menjadi superhero wanita bernama Virgo.

Film Virgo and the Sparklings

Diadaptasi dari dari komik terbarunya, film Virgo and the Sparklings digarap oleh sutradara Ody C. Harahap, yang sebelumnya mengerjakan film populer Indonesia, termasuk Tusuk Jelangkung, Kawin Kontrak, dan Punk in Love. Sejauh ini masih belum terungkap akan seperti apa plotnya, yang jelas filmnya akan dimeriahkan oleh penyanyi sekaligus aktris Adhysty Zara sebagai Rini alias Virgo, Bryan Domani sebagai Leo, Mawar Eva de Jongh sebagai Carmine, Ashira Zamita sebagai Monica, Satine Zaneta sebagai Ussy, Rebecca Klopper sebagai Sasmi, Mentari Novel sebagai Hannah, dan masih banyak lagi.

Itulah pembahasan mengenai superhero wanita Virgo dan asal-usulnya. Dengan materi yang ada mengenai karakter Virgo ini, baik dari komik Kapten Halilintar Ghorghon maupun versi terbarunya yang berjudul Virgo and the Sparklings, sepertinya akan menarik melihat aksi Adhisty Zara sebagai Virgo di filmnya nanti. Dan dengan kualitas industri perfillman Indonesia yang makin berkembang setiap tahunnya, seharusnya penggemar tidak perlu khawatir dengan film Virgo and the Sparklings. Kita nantikan saja ya, Geeks!

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.