Marvel dan DC adalah media komik raksasa yang saat ini sudah merambah dunia perfilman dan serial dengan berbagai tayangan menarik, yang menjadi bagian dari jagat sinematiknya masing-masing, Marvel dengan Marvel Cinematic Universe dan DC dengan DC Extended Universe. Tidak mau kalah dari industri perfilman Hollywood, para sineas Indonesia mulai mendirikan beberapa jagat sinematiknya sendiri, yang didalamnya terdapat banyak superhero asli Indonesia. Dan tahun 2022 ini tampaknya akan menjadi tahun yang meriah dengan dirilisnya film dan serial superhero Indonesia. Apa saja film superhero indonesia yang akan dirilis pada tahun 2022 ini? Simak di bawah ini.

Satria Dewa: Gatotkaca

Film Satria Dewa: Gatotkaca disutradarai oleh Hanung Bramantyo, serta dibintangi oleh Rizky Nasar sebagai Yuda alias Gatotkaca, Yasmin Napper sebagai Agni, Cecep Arif Rahman sebagai Pandega, dan Yayan Ruhian sebagai Beceng. Filmnya bercerita tentang petualangan seorang anak muda bernama Yuda yang menjadi titisan tokoh pewayangan nusantara bernama Gatotkaca. Sama seperti versi wayang kulitnya, Gatotkaca mempunyai kemampuan untuk terbang dan juga kekuatan super. Film beranggaran 24 miliar rupiah ini rencananya akan tayang pada bulan Juni 2022 nanti.

Sri Asih

Sukses dengan film Gundala yang dirilis pada tahun 2019, Jagat Sinema Bumilangit dipastikan akan kembali mengadaptasi komik Bumilangit lain karya R. A. Kosasih yang berjudul Sri Asih. Diperankan oleh Pevita Pearce, Nani Wijaya alias Sri Asih adalah reinkarnasi Dewi Sri yang kekuatannya setara dengan 250 pria dewasa. Selain kuat, Sri Asih juga bisa menggandakan dirinya dan berubah menjadi raksasa. Sebagai film kedua dari Jagat Sinema Bumilangit, awalnya film Sri Asih dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2020, tetapi ditunda sampai tahun 2022 ini karena pandemi COVID-19.

Virgo and The Sparklings

Selain Sri Asih, Jagat Sinema Bumilangit juga rencananya akan merilis film superhero Virgo and The Sparklings pada tahun 2022 ini. Film yang diadaptasi dari komik ciptaan Annisa Nisfihani dan Ellie Goh ini akan berfokus pada seorang superhero muda bernama Riani alias Virgo (Adhisty Zara) yang mempunyai kemampuan untuk menghilang dan menembakan proyektil api dari tangannya. Ditemani oleh kedua sahabatnya di band Virgo and The Sparklings, Virgo harus menyelamatkan kotanya dari sebuah kasus misterius. Selain Zara, film yang digarap oleh Ody C. Harahap ini juga dibintangi oleh Satine Zaneta, Bryan Domani, Mawar Eva de Jongh, Rebbeca Klopper, Indah Kusuma, dan masih banyak lagi.

Tira

Pertama kali diumumkan dalam acara Disney+ APAC Content Showcase 2021, serial Tira akan berfokus pada seorang superhero wanita bernama Susie alias Tira (Chelsea Islan) yang bisa memanggil sembilan roh naga iblis untuk membantunya dalam menumpas kejahatan. Sebagai bagian dari Jagat Sinema Bumilangit, serial Tira diproduksi oleh Screenplay Production dan diproduseri langsung oleh Joko Anwar, yang pada akhir tahun lalu sempat mengatakan bahwa serialnya dimaksudkan untuk tayang pada tahun 2022 ini.

Sakti

Sama seperti Tira, Sakti direncanakan hadir pada tahun 2022 dalam bentuk serial yang akan tayang secara eksklusif di saluran streaming lokal STRO. Serial yang diadaptasi dari Skylar Comics berjudul sama ini disutradarai oleh Agus H. Mawardy yang pada tahun 2017 menggarap film superhero wanita berjudul Valentine. Aktor Donny Alamsyah dipastikan akan berperan sebagai superhero dari Kalimantan bernama Sanja alias Sakti yang dikenal mempunyai kemampuan healing factor serta bisa memancarkan api dari rambut dan juga pedangnya.

Itulah lima tayangan superhero Indonesia yang akan dirilis pada tahun 2022. Dari mulai Jagat Sinema Bumilangit, Skylar Universe, sampai Satria Dewa Semesta, sepertinya kompak ingin memajukan industri perfilman Indonesia, khususnya dengan tayangan superhero lokal yang tidak kalah menarik dari superhero luar. Meskipun sejauh ini belum ada tayangan yang mengumumkan tanggal pasti perilisannya, tetapi sejauh yang sudah diumumkan kemungkinan besar kita akan segera bisa menyaksikannya pada tahun ini. Kita nantikan saja ya, Geeks!