Tidak Menguasai Teknik Genjutsu

Selain tidak memiliki variasi serangan dalam hal Ninjutsu, Naruto pun memiliki kelemahan lain dalam hal teknik ninja. Dia tidak menguasai kemampuan Genjutsu. Naruto adalah seorang shinobi yang sangat fantastis, luar biasa, ninja terkuat di dunia. Tetapi, bagaimana bisa kemudian Naruto tidak mampu menggunakan sebuah teknik Genjutsu, bahkan yang paling simpel sekalipun.

Seperti yang diperlihatkan oleh Sasuke, dalam beberapa situasi pertarungan Genjutsu bisa menjadi kunci kemenangan. Sayangnya, bagaimana Naruto terlalu bergantung kepada Ninjutsu dan Taijutsu sering kali membuat musuh bisa dengan mudah membaca pergerakan Naruto. Selain Sasuke, Sakura menjadi shinobi lainnya yang bisa menggunakan Genjutsu, artinya Naruto menjadi satu-satunya shinobi di Team 7 yang tidak bisa menggunakan Genjutsu, terlepas dari titelnya sebagai seorang Hokage.

Pengetahuan Tentang Jutsu

Naruto memang juga bukan sosok yang terlalu cerdas jika harus berurusan dengan berbagai pengetahuan tentang Jutsu. Seperti yang diperlihatkan saat pertarungan melawan Kaguya Otsutsuki atau bahkan Jigen, Naruto tidak mengetahaui apa trik atau kemampuan yang digunakan oleh musuh untuk menghadapinya. Beruntung ada Uchiha Sasuke yang kemudian memberi tahu Naruto tentang berbagai trik tersebut.

Naruto sangat buruk untuk mengetahui apa kemampuan yang musuhnya gunakan atau miliki. Naruto juga bahkan tidak tahu Jutsu apa yang harus digunakan untuk menangkis atau menahan serangan dari musuhnya. Hiruzen Sarutobi adalah contoh shinobi yang ahli dalam berbagai jenis Jutsu, dan hal tersebut membuatnya untuk bisa bertahan menghadapi berbagai serangan karena dia tahu Jutsu seperti apa yang bisa digunakan untuk menangkis serangan musuh.

Telalu Pemaaf

Terlalu pemaaf menjadi sifat Naruto lainnya yang tidak jarang menjadi momen kejatuhannya. Ketika Naruto bertarung menghadapi Obito Uchiha, dia mengampuni sosok Obito akan kesalahannya. Sayangnya, hal tersebut justru menjadi kesempatan bagi Madara Uchiha untuk menjadi Jinchuriki bagi monster ekor sepuluh. Efek paling besarnya adalah momen tersebut menjadi awal bangkitnya Kaguyta Otsutsuki.

Dengan bangkitnya Kaguya Otsutsuki, dunia pun berada dalam ancaman yang jauh lebih besar. Saat bertarung melawan Delta, Naruto juga mengampuni nyawanya. Dia berharap bahwa Delta bisa berguna untuk menjadi sumber informasi tentang Kara. Sayangnya, Delta kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan meledakan dirinya. Bukan tidak mungkin jika hal ini bisa membuat anak-anaknya atau bahkan dunia kembali dalam ancaman besar.

Uzumaki Naruto memang adalah seorang shinobi yang besar dan kuat. Dia bahkan dihormati oleh semua shinobi, karena mampu memberikan perubahan besar terhdap dunia shinobi. Tetapi, siapa sangka bahwa seorang Naruto juga memiliki berbagai kelemahan yang bisa saja berbahaya bagi dirinya dan orang-orang disekitarnya. Contoh di atas adalah bukti beberapa kelemahan dari Naruto selama ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.