Pertarungan antara Trafalgar Law dan Eustass Kid melawan Big Mom dalam pertempuran di Onigashima dalam arc Wano Country menyajikan sesuatu yang luar biasa, selain pertarungan epik antara Luffy dan juga Kaido. Seperti yang diketahui, dalam chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana kelima Worst Generation berhasil memisahkan Kaido dan Big Mom.

Tujuannya adalah agar mereka bisa dengan lebih mudah mengalahkan keduanya. Pertarungan antara Big Mom melawan Law dan Kid sebenarnya tidak berjalan dengan baik pada awalnya, karena Big Mom begitu mendominasi. Namun, keduanya kemudian menggunakan kemampuan terbaru mereka yang merupakan hasil awakening dari buah iblis yang mereka miliki.

Efeknya cukup terasa oleh Big Mom, di mana dia terluka parah. Namun, Big Mom berhasil kembali bangkit dan menggunakan kekuatan Soru Soru untuk menggandakan kekuatannya. Hal itu membuat Law dan Kid kembali harus kewalahan menghadapi Big Mom, seperti yang diperlihatkan dalam chapter 1039 kemarin. Bahkan, Big Mom tidak memberikan ampun kepada keduanya dan terus menghajar mereka.

Tetapi, yang menarik adalah mereka kemudian bangkit kembali dan tidak menyerah untuk mengalahkan Big Mom. Komunikasi dan juga interaksi dari Kid dan Law memang cukup menarik dalam pertarungan ini, di mana keduanya sama-sama tidak mau menerima perintah, meskipun kerja sama keduanya bisa dibilang sangat efektif untuk membuat Big Mom kalah.

Apakah artinya Big Mom sudah kalah? Meskipun belum bisa dipastikan 100%, namun melihat kondisi dari Big Mom yang cukup parah memang ada kemungkinan besar bahwa ini sudah menjadi akhir dari pertarungan mereka. Kemenangan ini memberikan motivasi lebih bagi keduanya, di mana mereka akan menjadi rival yang serius bagi sosok Luffy kedepannya.

Selama 20 chapter terakhir, Oda Sensei sudah memberikan petunjuk tentang adanya perubahan besar dalam penyerbuan ini dan kita akan melihat para generasi baru bajak laut akan bangkit dan memenangkan pertarungan menghadapi para generasi lama. Dan dialog yang dihadirkan dalam chapter 1039 kemarin pun kebanyakan membahas tentang hal tersebut. Big Mom menyebut bahwa Yonko sudah sejak lama ada, namun Kid dan Law berencana menghancurkan semua itu.

Yang perlu menjadi catatan adalah Big Mom memang mungkin sudah kalah setelah dua serangan beruntun dari awakening Jiki Jiki no Mi dan Ope Ope no Mi, namun Big Mom belum sepenuhnya kalah. Big Mom adalah salah satu Yonko, dan kita bisa melihat seperti apa kualitas seorang Yonko dari sosok Kaido. Law dan Kid pun mungkin menyadari bahwa serangan mereka belum cukup untuk menghentikan sepenuhnya sosok Big Mom.

Kita bisa melihat bagaimana Big Mom mampu kembali pulih – dan bahkan meningkatkan kemampuannya – dengan menggunakan jatah hidupnya, seperti yang dia lakukan sebelumnya. Artinya bukan tidak mungkin juga dia akan kembali melakukan hal yang sama. Apakah artinya jatah hidup Big Mom akan berkurang banyak?

Geeks tentunya sudah tahu bahwa Big Mom sering mengambil jatah hidup orang lain. Misalnya, mengambil sedikit seprihan jiwa dari para penduduk yang tinggal di Totto Land. Atau mungkin dengan paksa mengambil jiwa orang lain yang ada di sekitarnya. Meskipun begitu, masih belum diketahui apakah jiwa-jiwa tersebut bisa juga ditambahkan kepada diri Big Mom.

Dengan asumsi bahwa Big Mom mampu menambah kembali jatah hidup yang sempat dia gunakan untuk menyembuhkan dirinya, Law sepertinya benar-benar berusaha untuk membuat Big Mom tidak bisa lagi menyembuhkan dirinya dengan menggunakan jatah hidup yang dia miliki. Law sepertinya bukan hanya berencana untuk mengalahkan Big Mom, tetapi juga mencegahnya untuk bisa kembali pulih.

Bagaimana kemudian Law menggunakan Kroom dan menusuk Big Mom, bahkan sampai menciptakan lubang di Onigashima, sepertinya hal itu memang sengaja dilakukan agar Big Mom tidak bisa lagi menyembuhkan dirinya. Belum lagi Kid kemudian menggunakan serangan epiknya juga untuk menghancurkan Big Mom.

Kondisi Big Mom kemungkinan tidak sadarkan diri saat ini. Dia tidak akan mampu untuk mengendalikan Promotheus atau Hera seperti sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, meskipun Big Mom belum kalah sepenuhnya, tetapi pertarungan ini sudah berakhir. Law dan Kid adalah pemenanganya.

Di sisi lain, karena Big Mom belum kalah sepenuhnya, mungkin dia akan kembali bangkit atau berusaha untuk balas dendam. Banyak fans beranggapan bahwa kisah tentang Big Mom akan dilanjutkan dalam arc selanjutnya, yang diyakini adalah Elbaf. Di sanalah Big Mom akan menyelesaikan apa yang sebelumnya belum terselesaikan dengan kelompok Topi Jerami.

Dengan berhasil mengalahkan Big Mom, apakah artinya Law dan Kid sudah menjadi Yonko? Seperti yang pernah dibahas dalam artikel lain bahwa menjadi Yonko artinya mereka harus memiliki wilayah kekuasaan dan juga harus memiliki armada yang besar. Law dan Kid mungkin sudah berhasil mengalahkan Big Mom, tetapi status Yonko Big Mom kemungkinan tidak akan hilang.

Hal ini bisa kita lihat juga dari Kaido, di mana sebelumnya dia sempat berhasil dikalahkan sebanyak tujuh kali. Tetapi, dia masih tetap dianggap sebagai Yonko yang berbahaya dan juga makhluk paling kuat di dunia. Hal ini memberikan peluang tersendiri kepada Law dan Kid untuk bisa terus berkembang, layaknya Luffy.

Keduanya bisa saja berada di level yang sama dengan para Yonko, seperti halnya Luffy, sehingga dalam pertarungan melawan Big Mom atau Yonko lainnya pada masa yang akan datang tidak ada lagi skenario 2 lawan 1. Lalu, bagaimana kondisi Big Mom selanjutnya?

Kemungkinan Big Mom akan diselamatkan oleh anak-anaknya, yang masih ada di sekitaran pintu masuk Wano. Mereka mungkin akan merangsek masuk dan menyelamatkan Big Mom dari pihak Pemerintah Dunia. Reputasi Big Mom sendiri sudah hancur dengan Luffy yang berhasil menyusup ke Totto Land, dan kekalahan dari Law dan Kid akan semakin menambah citra buruk Big Mom.

Kesimpulannya, kekalahan Big Mom bisa menjadi petunjuk besar dari kebangkitan era baru bajak laut. Selain itu, kekalahan ini bisa jadi bukanlah segalanya. Big Mom akan kembali bangkit, dan dia akan membalas semuanya di Elbaf. Apa yang dikhawatirkan Pemerintah Dunia mungkin akan terjadi yaitu hancurnya keseimbangan dunia. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi selanjutnya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.