Di sepanjang seri Naruto, Masashi Kishimoto sudah menghadirkan banyak sekali karakter shinobi yang diperkenalkan dalam ceritanya. Sebagian besar dari para karakter tersebut merupakan bagian dari klan tertentu. Tergantung dari klannya, para karakter tersebut akan memiliki teknik khusus yang hanya dimiliki oleh klan tersebut yang sudah diwariskan secara turun-temurun.

Seri Naruto sendiri sebenarnya mengenal beberapa klan yang sangat luar biasa dan populer, seperti klan Uchiha atau pun klan Senju. Klan Uchiha dikenal karena kemampuan Doujutsunya yang sangat luar biasa, Sharingan. Selain itu, klan ini juga diketahui merupakan klan yang memiliki anggota sangat kuat. Namun, ada beberapa klan yang bisa dibilang kurang begitu dikenal dalam ceritanya. Siapa saja mereka?

Klan Nara

Jika klan Uchiha dikenal karena kemampuan fisik yang sangat luar biasa dan juga Doujutsu mereka, klan Nara dikenal sebagai klan yang selalu menghasilkan shinobi-shinobi cerdas di desa Konoha. Salah satu contoh nyata dari klan Nara yang sangat cerdas adalah Shikamaru, yang saat ini posisinya adalah penasihat Hokage. Sejak kecil, Shikamaru sudah dipanggil oleh Tsunade untuk ikut menyusun strategi pertahanan desa Konoha.

Ketika Shikamaru sudah beranjak dewasa, dia pun kemudian menjadi penasihat yang dipercaya oleh Naruto untuk menyampaikan opininya saat sang Hokage sedang mengalami situasi yang sulit. Klan Nara diketahui memiliki teknik andalan untuk memanipulasi bayangan, yang mana hal ini membuat mereka menjadi musuh yang sulit dikalahkan.

Klan Yamanaka

Klan Yamanaka merupakan salah satu klan yang kurang begitu populer alias underrated di seri ini, padahal klan tersebut memiliki peran penting bagi desa Konoha. Mereka memimpin pertahanan desa, mencari orang-orang yang menyusup ke desa dan akan menyebarkan teror. Klan Yamanaka memiliki keahlian dalam jutsu berjenis sensor, yang mana hal tersebut penting untuk garis depan pertahanan Konoha. Kemampuan pengendalian pikiran milik Ino pun sudah sering diperlihatkan berguna dalam berbagai misi. Saat ini, Ino menjadi pemimpin dari tim sensor desa Konoha.

Klan Sarutobi

Klan Sarutobi sebenarnya sering muncul di serinya, yang diwakili oleh sosok Konohamaru dan Hiruzen Sarutobi. Sayangnya, memang kepopuleran klan ini kalah oleh klan lainnya. Klan Sarutobi juga tidak kalah hebat dalam memproduksi shinobi kuat, yang dibuktikan oleh sosok Hiruzen yang dijuluki sebagai “Dewa Shinobi.” Hiruzen juga sempat menjadi shinobi terkuat di desa Konoha. Klan Sarutobi dikenal karena Kekkei Genkai Pelepasan Api, dan juga cadangan chakra dalam dirinya. Sayangnya, di seri Boruto, sosok Konohamaru, yang merupakan generasi baru di klan Sarutobi, kurang begitu bersinar dalam ceritanya.

Klan Chinoike

Klan Chinoiki juga menjadi klan yang paling underrated di seri Naruto. Klan ini memiliki spesialisasi dalam hal Kekkei Genkai Ketsuryugan, yang membuat mereka mampu memanipulasi berbagai benda cair yang memiliki kandungan besi di dalamnya, contohnya adalah darah. Anggota klan ini juga memiliki kemampuan Doujutsu dahsyat yang mampu menjebak musuhnya dalam sebuah teknik Genjutsu. Teknik Genjutsu dari klan ini disebut-sebut sama kuatnya seperti klan Uchiha.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.