Semua penggemar setia Marvel pasti mengenal Doctor Strange sebagai salah satu superhero sekaligus penyihir tersakti di Marvel Universe. Dia bahkan memegang peran penting sebagai Sorcerer Supreme yang ditakdirkan untuk menjaga keselamatan Bumi dari ancaman dan bahaya yang datang dari dimensi lain. Dengan posisi dan statusnya yang nyaris sempurna tersebut, ternyata Doctor Strange juga manusia biasa yang pernah melakukan kesalahan, bahkan lima di antaranya bisa dibilang sangat fatal. Berikut 5 keslahan paling fatal yang pernah dilakukan oleh Doctor Strange.

Mengubah Saudaranya Menjadi Vampir

Pada masa-masa awalnya sebagai Sorcerer Supreme, Doctor Strange pernah diceritakan membekukan adiknya, Victor Strange, yang hampir mati karena tertabrak mobil, dengan harapan akan menemukan cara untuk menyembuhkannya suatu saat nanti. Setelah melakukan beberapa penelitian, akhirnya Strange mencoba untuk menyembuhkan adiknya dengan Book of Vishanti, di mana hal tersebut justru malah mengubah adiknya menjadi vampir.

Kejadian tersebut justru membuat hidup adiknya menjadi sengsara, karena Victor tidak bisa mengendalikan rasa haus darahnya. Pada akhirnya Victor tewas setelah menusuk jantungnya sendiri karena sudah merasa tidak tahan, meninggalkan Strange dengan penuh rasa penyesalan.

Memasukan Iblis ke Tubuh Seseorang

Sebagai seorang Sorcerer Supreme yang harus melindungi Bumi dari setiap ancaman, khususnya dari segala sesuatu yang bersifat gaib, Doctor Strange sering sekali berhadapan dengan iblis. Dan tidak jarang dia berhadapan dengan iblis kuat yang tidak bisa dihancurkan, di mana hal tersebut biasanya memaksa Strange untuk menyegelnya pada sesuatu. Dalam salah satu kisah di Marvel Comics, Strange pernah diceritakan terpaksa menyegel sesosok iblis ke dalam tubuh penjahat. Sampai pada akhirnya penjahat tersebut menjadi gila dan tersiksa selama hidupnya. Sejak saat itu Strange berjanji untuk tidak melakukannya lagi dan lebih baik mengurung iblis di tubuhnya sendiri.

Membiarkan Loki Menjadi Sorcerer Supreme

Sebagai seorang Sorcerer Supreme, Doctor Strange mempunyai hak prerogatif untuk memilih penerusnya atau mewariskan kekuatannya kepada orang lain. Dalam sebuah kisah, Strange pernah merasa tidak sanggup untuk menghadapi sebuah ancaman yang berbahaya, untuk itu dia memberikan gelarnya kepada sang Dewa Penipu Loki. Banyak sekali yang tidak percaya mengapa dari sekian banyak penyihir di Marvel Universe, dia malah memberikannya kepada Loki yang memang terkenal jahat.

Dan benar saja, setelah berhasil membereskan ancaman sebelumnya, Loki justru tidak mau melepaskan jabatan barunya sebagai Sorcerer Supreme dan mulai bertndak sesuka hatinya sebagai Sorcerer Supreme yang baru. Untungnya, setelah mengetahui bahwa Loki telah menipunya, akhirnya Strange mengambil kembali gelarnya dari Loki secara paksa.

Menjadikan Doctor Doom Sebagai Murid

Ketika Doctor Doom diceritakan menjadi penguasa Latveria dan hampir menguasai seluruh penjuru Bumi, dia memaksa Doctor Strange untuk mengajari ilmu sihir kegelapan, di mana hal tersebut sengaja dia lakukan untuk membangkitkan ibunya dari kematian. Bukannya menolak, Strange malah menyetujuinya dan benar-benar mengajari Doom ilmu sihir, bahkan mereka berdua bekerja sama untuk mengalahkan Mephisto. Setelah berhasil menghidupkan kembali Mephisto, pada titik ini semua tampak aman-aman saja, tetapi di kisah Marvel selanjutnya Doom menggunakan ilmu sihirnya untuk menyerang Fantastic Four dengan segerombolan iblis yang dulunya anak buah Mephisto.

Membantu Doctor Doom Menjadi Dewa

Setelah menjadikan Doctor Doom sebagai seorang penyihir sakti, seakan-akan tidak pernah kapok, Strange lagi-lagi membantu Doctor Doom untuk yang kesekian kalinya. Sebagai salah satu anggota Illuminati yang bertugas untuk mencegah tabrakan antar universe, Doctor Strange adalah salah satu dari sedikit orang yang tahu bahwa bencana dahsyat tersebut disebabkan oleh sesosok entitas kosmik yang menyebut dirinya Beyonder.

Untuk berhadapan dengan Beyonder, Strange diceritakan bekerja sama dengan Doctor Doom dan berhasil mengalahkannya. Ketika Beyonder meningalkan kekuatannya, anehnya Strange justru malah memberikannya kepada Doctor Doom karena dia tidak ingin tubuhnya hancur oleh kekuatan tersebut. Sejak saat itu Doctor Doom berubah menjadi Emperor Doom dan menjadi supervillain terkuat di galaksi, korban pertamanya adalah Doctor Strange sendiri yang dia bunuh dengan tangan kosong.

Itulah lima kesalahan paling fatal yang pernah dilakukan oleh Doctor Strange. Sebenarnya di Marvel Universe sendiri Strange dikenal sebagai salah satu superhero yang paling genius, tetapi ternyata hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi dirinya untuk melakukan sebuah kesalahan. Bahkan tidak tanggung-tanggung, kesalahan fatal Strange sampai melahirkan sosok seperti Emperor Doom yang dikenal jahat dan sangat kuat.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.