Spider-Man adalah salah satu superhero favorit penggemar yang pasti diikutsertakan di setiap universe Marvel, tanpa terkecuali di Marvel Cinematic Universe. Diperankan oleh Tom Holland, pada akhir tahun 2021 lalu Spider-Man Peter Parker hadir dengan film ketiganya yang berjudul Spider-Man: No Way Home. Meskipun filmnya tayang di era pandemi COVID-19, tetapi No Way Home berhasil menjadi salah satu film tersukses sepanjang masa, mengalahkan film lain yang umumnya tayang sebelum pandemi.

Salah satu faktor mengapa film Spider-Man: No Way Home sangat sukses di pasaran karena untuk pertama kalinya film MCU mengangkat tema multiverse, setelah sebelumnya diperkenalkan di serial Loki yang mengangkat kisah tentang perjalanan waktu. Tema multiverse tersebut pada akhirnya digunakan oleh Marvel untuk menghadirkan banyak karakter dari trilogi Spider-Man dan The Amazing Spider-Man, termasuk Spider-Man Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Keberhasilan tersebut bahkan langsung membuat Sony dan Marvel Studios mengungkapkan rencananya terkait trilogi Spider-Man selanjutnya.

Meskipun presiden Marvel Studios Kevin Feige dan bos Sony Amy Pascal telah mengonfirmasi kelanjutan Spider-Man Tom Holland, tetapi sang aktor baru saja mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di balik berita baik tersebut. Dalam sesi wawancaranya dengan EW, Holland mengatakan bahwa sejauh ini mereka hanya baru membicarakan tentang “kelanjutan” film Spider-Man saja, tetapi belum sampai ke pembahasan akan seperti apa ceritanya nanti.

“Kami memang telah melakukan pembicaraan terkait masa depan Spider-Man,” ungkap Holland. “Tetapi untuk saat ini itu hanya sebatas pembicaraan. Kami masih belum mengetahui akan seperti apa kedepannya nanti.” Masih dalam wawancara yang sama, bahkan Holland mengaku bahwa sampai saat ini dia masih belum memperpanjang kontraknya sama sekali. Berdasarkan pernyataannya ini, sepertinya kelanjutan kisah Spider-Man memang masih dalam tahap yang sangat awal untuk pengembangan filmnya.

Ending Spider-Man: No Way Home sendiri memperlihatkan bagaimana akhirnya Peter Parker membuka lembaran baru sebagai Spider-Man yang mandiri, tanpa teman dan tanpa dukungan dari superhero lain, bahkan bisa disimpulkan bahwa dunia sudah lupa bahwa Peter Parker adalah Spider-Man. Saat ini Marvel mungkin masih sibuk dengan beberapa proyek lainnya, sehingga trilogi Spider-Man selanjutnya baru akan digarap dalam beberapa waktu kedepan. Kita nantikan saja seperti apa perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.