cSorcerer Supreme adalah gelar yang dianugerahkan kepada seorang ahli sihir yang menguasai lebih banyak energi magis dan juga memiliki kemampuan yang lebih hebat daripada makhluk lain di universe mereka. Siapa pun yang memegang jabatan ini, orang tersebut harus bersedia menjadi garda paling saat melindungi Bumi dari ancaman dimensi lain, khususnya ketika berhubungan dengan hal-hal mistis dan juga gaib.

Sepanjang sejarah Marvel, ada beberapa karakter populer yang pernah bergelar Sorcerer Supreme, termasuk Agamotto, Ancient One, dan Doctor Strange yang telah menjadi Sorcerer Supreme selama hampir lima puluh tahun. Namun, di komik terakhir Death of Doctor Strange yang baru saja dirilis beberapa hari lalu, Doctor Strange diceritakan menunjuk Clea sebagai Sorcerer Supreme baru sebelum akhirnya dia benar-benar tewas untuk selamanya. Siapa Clea dan mengapa dia layak menjadi Sorcerer Supreme berikutnya? Simak pembahasan karakter Clea di bawah ini, Geeks.

Sorcerer Supreme di Dark Dimension

Diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko, Clea pertama kali diceritakan di komik Strange Tales #126 yang dirilis pada tahun 1964. Ayahnya yang bernama Orini adalah seorang pangeran pewaris takhta Dark Dimension, sedangkan ibunya yang bernama Umar adalah saudara perempuan dari supervillain Dormammu. Tumbuh sebagai seorang anak yang dibuang oleh ibunya, Clea diceritakan menjadi salah satu anak buah Dormammu ketika ayahnya meninggal dan Dormammu mengambil alih takhta Dark Dimension.

Dormammu sendiri adalah musuh Doctor Strange yang sering berusaha untuk menguasai Bumi. Ketika Strange pergi ke Dark Dimension untuk mengalahkan Dormammu, untuk pertama kalinya Clea bertemu dengannya. Merasa mempunyai teman untuk menggulingkan kekuasaan Dormammu, pada akhirnya Clea memutuskan untuk berkhianat pada Dormammu dengan membantu Doctor Strange, di mana pada akhirnya mereka berdua berhasil mengalahkan Dormammu.

Tidak lama setelah Strange kembali ke Bumi, di komik Strange Tales #146, ibu Clea yang bernama Umar diceritakan menahan Clea untuk memancing Doctor Strange yang telah mengurung Domammu di sebuah pocket dimension. Hal tersebut dilakukan karena Umar tahu bahwa Strange dan Clea saling jatuh cinta. Syukurnya, setelah melakukan pertarungan yang cukup sengit, Strange berhasil mengalahkan Umar dan membebaskan Clea. Pada titik itu akhirnya mereka berdua saling mengungkapkan perasaannya masing-masing dan menjadi sepasang kekasih.

Meskipun Clea sempat tinggal di Bumi bersama Doctor Strange, dan bahkan menikah dengannya, akhirnya setelah dia merasa cukup kuat, Clea kembali ke Dark Dimension untuk memimpin pemberontakan terhadap Umar dan Dormammu yang kembali menguasai Dark Dimension. Dalam prosesnya, Clea diceritakan akhirnya bertarung satu lawan satu dengan ibunya, Umar. Clea memenangkan pertarungan tersebut dan mengirim ibunya bersama Dormammu ke pocket dimension. Sejak saat itu dia menjadi Sorcerer Supreme dari Dark Dimension dan jarang bertemu dengan Doctor Strange.

Mengantikan Suaminya Menjadi Sorcerer Supreme Bumi

Di komik Death of Doctor Strange #2 karya Jed Mackay dan Lee Garbett, setelah sekian lama tidak bertemu, Clea diceritakan kembali ke Bumi untuk memperingatkan Doctor Strange bahwa kelompok supervillain Three Mothers akan segera datang dan mencoba untuk menguasai Bumi. Dan benar saja tidak lama setelah itu trio Three Mothers yang beranggotakan The Wyrd, The Crown, dan The Crawling datang. Kehebatan mereka terbukti ketika trio ini langsung berhasil mengalahkan Avengers setibanya mereka di Bumi.

Singkat cerita, setelah terungkap bahwa dibalik Three Mothers ada supervillain kuat lain yang memerintah mereka, yaitu Peregrine Child, Strange kemudian menghimpun kekuatan untuk melakukan pertempuran final di DoDS #5. Bersama Avengers yang bersatu untuk membantunya mengalahkan Three Mothers, Strange kemudian menyerang Peregrine Child bersama empat Sorcerer Supreme lainnya, seperti Tiboro (Sorcerer Supreme Sixth Dimension), Aggamon (Sorcerer Supreme Purple Dimension), Ilyana Rasputina (Sorcerer Supreme Limbo), dan Clea (Sorcerer Supreme Dark Dimension).

Meskipun pada akhirnya Doctor Strange bersama yang lain berhasil mengalahkan Peregrine Child dan Three Mothers, tetapi tubuh Strange tidak bisa bertahan lama karena dia telah “dijemput oleh kematian” di akhir pertarungan tersebut. Di detik-detik terakhir, Strange kemudian melakukan perpisahan singkat dengan Clea, dia menciumnya dan kemudian menghilang, meninggalkan Cloak of Levitation dan Eye of Agamotto sebagai isyarat bahwa tugas Sorcerer Supreme Bumi diwariskan kepadanya.

Sumber Kekuatan Sihirnya Tidak Terbatas

Sebagai Sorceress Supreme Dark Dimension, Clea mempunyai sumber kekuatan sihir yang tidak terbatas. Dengan sumber daya tersebut dia bisa menembakan ledakan energi yang sangat dahsyat, mengerakan benda dari jarak jauh, dan mengeluarkan roh dari tubuhnya. Selain itu, dia juga mempunyai kemampuan dasar sihir lainnya seperti menciptakan ilusi, mengontol pikiran orang lain, danbahkan melakukan teleportasi di dimensi yang sama atau antar dimensi. Dan tentu saja dengan kamampuan sihirnya yang sangat terlatih, dia juga bisa meningkatkan membuat kemampuan fisik dan juga daya tahan tubuhnya.

Itulah pembahasan mengenai siapa sebenarnya Clea, dan bagaimana dia akhirnya menjadi Sorcerer Supreme baru di Marvel Universe. Saat ini, karena dia masih menjabat sebagai Sorcerer Supreme Dark Dimension, dengan ditambah jabatan barunya sebagai Sorcerer Supreme Bumi, sekarang dia mempunyai dua sumber kekuatan besar yang membuatnya lebih hebat dari semua penyihir mana pun di Multiverse Marvel. Banyak penggemar yang sepakat bahwa menjadikan Clea sebagai pengganti Doctor Strange adalah keputusan terbaik. Jadi kita nantikan saja akan seperti apa petualangan Clea berikutnya ya, Geeks!