Para admiral dalam cerita One Piece dikenal sebagai pasukan militer terkuat dari pihak angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia. Posisi mereka tepat di bawah Fleet Admiral alias pemimpin markas angkatan laut pusat. Para admiral tersebut dipilih dari angkatan laut yang memiliki kekuatan dahsyat dan pengalaman yang luar biasa.

Menjadi sosok yang terkuat di angkatan laut, para admiral tentunya berada di jajaran para elit dan merupakan petarung terhebat dalam ceritanya. Dengan seleksi yang sangat ketat, wajar jika tidak semua angkatan laut bisa menjadi admiral atau bahkan menjadi kandidat admiral angkatan laut. Meskipun begitu, Oda Sensei sepertinya sudah memperlihatkan petunjuk dari beberapa orang yang memiliki potensi untuk menjadi admiral selanjutnya.

Misalnya, yang pertama adalah Koby. Koby merupakan sosok angkatan laut muda yang berhasil tumbuh dari anak yang cengeng menjadi sosok yang tangguh. Salah satu hal yang luar biasa dari sosok Koby adalah dia mampu berkembang dengan sangat cepat, juga mampu meraih semua jabatan dan prestasinya dalam waktu singkat.

Selain dari kerja keras yang dilakukan oleh Koby, semua pencapaian Koby tersebut ada campur tangan dari sosok Garp dan Bogard. Garp adalah sosok yang merekrut Koby dan juga Helmeppo, dan kemudian melatih mereka berdua untuk menjadi angkatan laut yang tangguh. Dan berdasarkan dari apa yang diperlihatkan, Koby memang sudah berubah menjadi sosok yang luar biasa.

Dalam pertempuran di Marineford, tanpa disadari Koby sudah berhasil mengaktifkan Obervation Haki. Kemudian, pasca time-skip, bukan hanya Observation Haki tetapi Koby juga sudah menguasai Armament Haki. Koby juga memiliki keahlian dalam hal Rokushiki. Prestasi terbesar Koby saat ini adalah menjadi bagian dari SWORD bersama Drake.

Pangkat dari Koby sendiri saat ini adalah Kapten, tetapi dia memiliki mimpi untuk menjadi admiral, seperti yang dia ungkapkan kepada Luffy dan Zoro. Luffy sendiri meyakini bahwa suatu hari nanti Koby akan mewujudkan mimpinya. Kemudian, selain sosok Koby, calon admiral baru yang sudah dihadirkan oleh Oda Sensei adalah Smoker.

Smoker dikenal sebagai salah satu angkatan laut paling tangguh dalam cerita One Piece. Saat ini, Smoker memiliki jabatan sebagai wakil admiral. Dia juga merupakan kapten dari G-5 unit. Dalam masalah kekuatan, Smoker rasanya tidak perlu diragukan lagi. Dia memiliki berbagai kemampuan dahsyat dalam dirinya seperti kemampuan Haki.

Diketahui Smoker mampu menggunakan dua jenis Haki dengan baik. Smoker juga memiliki kekuatan buah iblis Moku Moku no Mi, di mana dia mampu berubah menjadi asap dan memanipulasinya. Fakta menarik mengenai Smoker adalah dia merupakan angkatan laut pertama yang muncul dan berusaha untuk menangkap Luffy di Loguetown.

Namun, pasca arc Dressrosa, hubungan Smoker dan Luffy berubah. Smoker menaruh rasa hormat besar terhadap Luffy, bahkan sampai sekarang. Smoker juga diketahui sangat menyukai tantangan, dan dia tidak tahan dengan situasi yang membosankan. Karena itulah, dia mencari wilayah yang berbahaya atau bermasalah seperti unit G-5.

Dengan pengalaman dan kekuatan yang dia miliki, Smoker memang dirasa pantas untuk menjadi admiral selanjutnya. Bagaimana Smoker memang sangat membenci bajak laut, namun mulai mengerti dan menghormati mereka bahwa tidak semua bajak laut jahat, menjadi pertimbangan lainnya. Smoker juga merupakan salah satu angkatan laut yang tidak mengadopsi Absolute Justice.

Kandidat terakhir adalah X Drake. Peluang X Drake untuk menjadi seorang admiral sebenarnya tidaklah terlalu besar. Namun, ada banyak faktor-faktor lain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk sosok Drake. Drake adalah mantan Rear Admiral dari angkatan laut, yang diketahui sekarang menjadi salah satu Worst Generation.

Drake kemudian bergabung dengan kelompok bajak laut Beast, dan berkat kemampuannya dia pun mampu bergabung dengan Flying Six. Namun, yang menarik adalah faktanya Drake masih menjadi bagian dari angkatan laut. Dia merupakan pemimpin dari sebuah organisasi rahasia angkatan laut, SWORD. Drake merupakan salah satu angkatan laut yang dilatih oleh Sengoku selain Rosinante.

Artinya Drake memiliki potensi untuk menjadi angkatan laut hebat, seperti yang dia alami saat ini. Dengan Drake yang dilatih langsung oleh Sengoku, yang notabene adalah mantan Fleet Admiral yang sangat dihormati, Drake memiliki sedikit keunggulan dibandingkan Koby dan memiliki peluang untuk menjadi admiral angkatan laut.

Ketiga karakter di atas sudah dihadirkan oleh Oda sensei sebagai kandidat kuat untuk menjadi admiral angkatan laut selanjutnya, berdasarkan dari berbagai petunjuk yang ada. Tentunya menarik untuk menantikan apakah ketiganya memang akan mengisi posisi admiral di akhir ceritanya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.