Pencarian bola naga dalam seri Dragon Ball merupakan hal yang menjadi fokus utama dalam serinya, sebelum kemudian Akira Toriyama sedikit demi sedikit mulai menggeser fokus utama cerita petualangan Goku. Bukan lagi untuk mencari bola naga, melainkan untuk menjadi yang terkuat di alam raya ini. Meskipun begitu, unsur bola naga dalam cerita ini tetap tidak hilang.

Hal tersebut dikarenakan bola naga dan para naga yang muncul di dalamnya sudah menjadi hal yang ikonik bagi seri ini. Seperti yang diketahui, setelah seseorang berhasil mengumpulkan sejumlah bola naga, mereka akan membangkitkan naga ajaib (elemental dragon) yang akan mengabulkan permintaan mereka. Sejauh ini, ada beberapa naga yang sudah diperkenalkan di sepanjang serinya. Siapa saja?

Mr. Poko Poko (Dragon Ball Online)

Nama Elemental Dragon atau Eternal Dragon Mr. Poko Poko mungkin kurang begitu dikenal di telinga banyak fans. Mr. Poko Poko sendiri merupakan sosok Eternal Dragons yang berasal dari seri permainan Dragon Ball Online, yang diciptakan oleh Dark Namekians. Secara bentuk, Mr. Poko Poko mirip dengan Porunga, hanya saja naga ini memiliki kaki. Dengan desainnya tersebut, karakter Mr. Poko Poko dianggap tidak memiliki unsur mistiknya. Meskipun dia adalah karakter yang kuat, namun bentuknya tidak mirip dengan naga.

Toronbo (Dragon Ball Super)

Toronbo merupakan Eternal Dragons terbaru yang muncul di franchise Dragon Ball. Toronbo merupakan naga ajaib yang berasal dari planet Cereal yang muncul di seri Dragon Ball Super. Desain dari Toronbo mirip seperti makhluk amfibi, seperti salamander. Toronbo pertama kali muncul saat Granolah berhasil mengumpulkan dua bola naga versi Planet Cereal.

Saat itu, Granolah meminta agar Toronbo menjadikannya petarung paling kuat di seluruh alam raya. Tetapi, dia tidak bisa melakukannya. Toronbo memberikan opsi bahwa dia bisa menjadi kuat, dengan catatan bahwa jatah kehidupannya akan berkurang drastis.

Porunga (Dragon Ball Z)

Porunga merupakan Eternal Dragon kedua yang dihadirkan di seri Dragon Ball Z. Sosok Porunga memiliki bentuk yang sangat mengerikan, dengan ototnya yang kekar. Nampak Porunga tidak mirip seperti naga, meskipun sebagian badannya yang lain merupakan tubuh naga. Berbeda dengan naga lainnya, Porunga mampu mewujudkan tiga keinginan. Namun, bangsa Namek kemudian menghilangkan aturan tersebut setelah Frieza menghancurkan planet Namek.

The Shadow Dragons (Dragon Ball GT)

Shadow Dragons sebenarnya merupakan konsep yang unik dan menarik yang dihadirkan oleh Akira Toriyama, namun dieksekusi secara aneh yang membuat hasilnya menjadi tidak maksimal. Dalam seri Dragon Ball GT, masing-masing bola naga diisi oleh energi negatif yang muncul dari setiap permintaan. Shadow Dragon merupakan hasil dari energi negatif tersebut yang tersimpan selama bertahun-tahun, dari berbagai keinginan yang sudah berhasil diwujudkan. Banyak para fans yang kecewa dan kurang senang dengan konsep yang dihadirkan oleh Shadow Dragons.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.