Dunia One Piece memiliki kemiripan besar dengan dunia nyata. Mereka memiliki sebuah kelompok besar yaitu Pemerintah Dunia, yang mengatur seluruh aturan yang berlaku di seluruh dunia. Mereka juga memiliki angkatan laut, yang menjadi pasukan terdepan ketika menghadapi berbagai ancaman masyarakat, khususnya dari para bajak laut. Dan yang menarik adalah angkatan laut memiliki sebuah organisasi rahasia di dalamnya.

Jika pihak Pemerintah Dunia memiliki atau mengenal Cipher Pol, maka angkatan laut memiliki SWORD. SWORD sendiri merupakan sebuah organisasi rahasia yang dibentuk oleh markas pusat angkatan laut dan dipimpin oleh seorang mantan admiral, yang juga merupakan salah satu anggota bajak laut Worst Generation, X Drake.

Yang menarik adalah SWORD benar-benar bergerak di bawah radar, di mana Fleet Admiral sendiri tidak mengetahui keberadaan SWORD. Banyak yang menduga bahwa tujuan dibentuknya SWORD adalah sebagai bentuk “perlawanan” terhadap kendali angkatan laut oleh pihak pemerintah. Meskipun begitu, CP-0 sepertinya tahu tentang keberadaan SWORD, seperti diungkapkan dalam chapter sebelumnya di mana salah satu agen CP-0 mengatakan kepada Drake bahwa dia tahu siapa Drake sebenarnya.

Masih belum diketahui apa kepanjangan atau arti dari SWORD. Sebagian fans berpendapat bahwa SWORD sendiri mengacu pada pedang yang digunakan oleh beberapa pihak yang memiliki perbedaan pandangan dengan pihak pemerintah. Tujuan dibentuknya SWORD diyakini untuk “memotong” kekejaman dan kerusakan di dalam tubuh angkatan laut.

SWORD sendiri diperkenalkan pertama kali di arc Wano Country. Kita melihat bagaimana Koby dan X Drake saling menghubungi melalui jalur rahasia untuk memberikan informasi penting tentang perkembangan situasi di Wano, dan juga apa yang terjadi di luar. Selain Koby dan Drake, masih belum diketahui siapa lagi yang bergabung dengan organisasi ini.

Namun, banyak fans yang berspekulasi bahwa beberapa angkatan laut yang memang memiliki pandangan berbeda dengan pemerintah – seperti Garp dan Sengoku – juga bergabung dengan organisasi ini. Bukti dari bagaimana “senyapnya” organisasi SWORD adalah ketika Kizaru menghajar Drake saat berada di Sabaody.

Kizaru tidak mengetahui siapa sosok Drake sebenarnya. Dia hanya mengenal Drake sebagai mantan admiral, dan seorang bajak laut yang harus dibasmi. Dan berbicara mengenai Sabaody serta SWORD. Terdapat teori menarik bahwa Oda Sensei sebenarnya sudah memberikan petunjuk tentang kemunculan SWORD sejak di arc Sabaody.

Yang pertama adalah saat bajak laut Worst Generation diperkenalkan di arc tersebut, kita juga melihat bendera bajak laut milik mereka. Dan juga jika diperhatikan, hanya kelompok Drake saja yang tidak memiliki gambar tengkorak atau tulang di benderanya. Gambar dari bendera bajak laut Drake berupa dua pedang yang saling menyilang, serta ada satu gambar pedang lainnya di tengah.

Petunjuk lainnya adalah dalam gambar sampul di manga Volume 51, ketika semua bajak laut Worst Generation menghadap ke arah pembaca, hanya Drake yang melihat ke arah lainnya. Hal tersebut, menurut teorinya, dianggap sebagai perwujudan bahwa Drake memiliki tujuan lain yang berbeda dengan para bajak laut Worst Generation tersebut.

Tentunya menarik jika kemudian teori tersebut memang terbukti. Ini lagi-lagi menjadi bukti bagaimana Oda merupakan sosok mangaka yang menarik dan unik, di mana dia sudah memberikan petunjuk mengenai sesuatu sejak jauh-jauh hari. Dan ini pun dianggap sebagai salah satu bentuk kejeniusan dari Oda. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.