Sosok Joy Boy kembali menjadi perbincangan hangat para fans One Piece setelah apa yang diperlihatkan dalam pertempuran Onigashima. Kaido sempat menyinggung bahwa Luffy bukanlah sosok Joy Boy yang dinantikan. Selain itu, Kaido juga sempat meyakini bahwa dirinya adalah Joy Boy yang akan membawa perubahan besar bagi dunia. Intinya, Joy Boy adalah sosok penting dalam seri ini.

Joy Boy sendiri merupakan sosok yang diyakini muncul dalam peristiwa abad yang hilang sekitar 800 tahun yang lalu. Nama Joy Boy sendiri pertama kali disebutkan saat Robin membaca Poneglyph yang ada di pulau manusia ikan. Ada beberapa teori yang menarik yang muncul di kalangan fans terkait Joy Boy. Apa saja?

Tekad Joy Boy Adalah Arti dari Tekad D

Seperti yang disebutkan di atas, Joy Boy merupakan sosok yang diyakini berasal dari abad yang hilang sekitar 800 tahun yang lalu. Banyak juga asumsi di kalangan fans yang meyakini bahwa Joy Boy memiliki koneksi dengan Kerjaan Kuno. Fakta bahwa Poneglyph miliknya ditemukan di pulau manusia ikan memperkuat hal tersebut.

Kemudian, bukan hanya dispekulasikan Joy Boy berasal dari Kerajaan Kuno, melainkan dia juga adalah raja dan pendiri dari klan D. Dengan apa yang diupayakan oleh Joy Boy selama dia hidup – meskipun gagal – intinya adalah tekad D merupakan tekad yang dimiliki oleh Joy Boy. Mereka yang mewarisi tekad D artinya mewarisi juga tekad dari Joy Boy.

Joy Boy Adalah Julukan

Setelah nama Joy Boy pertama kali disebutkan di seri One Piece, para fans menduga bahwa Joy Boy merupakan nama yang muncul saat abad yang hilang terjadi. Meskipun hal tersebut mungkin saja benar, tetapi ada juga teori lainnya yang menyebutkan bahwa Joy Boy bisa jadi bukanlah nama melainkan sebuah titel atau julukan.

Teorinya sendiri mengatakan bahwa Joy Boy bisa jadi merupakan julukan bagi para anggota klan D. Ada dua hal yang menjadi dasar dari hal tersebut, pertama setiap kali ada klan D yang tewas, mereka pasti akan tewas secara tersenyum. Kedua, mereka juga akan terus tertawa meskipun mereka tahu ada bahaya besar yang muncul dan juga kemungkinan mereka selamat sangat kecil.

Teori Reinkarnasi Joy Boy

Meskipun Joy Boy muncul di 800-900 tahun yang lalu sebelum cerita utamanya dimulai, namun pada akhirnya dia akan kembali. Dalam kilas balik Kozuki Oden, disebutkan bahwa Joy Boy diramalkan akan datang ke Wano dan mengguncang dunia. Berdasarkan hal tersebut ada implikasi bahwa sosok Joy Boy sudah lahir ke dunia ini di suatu tempat.

Banyak yang berteori bahwa Luffy adalah sosok reinkarnasi Joy Boy tersebut. Luffy yang akan mengguncang dunia dengan apa yang dia lakukan saat ini, yaitu dengan mengalahkan makhluk paling kuat di dunia, Kaido. Tetapi, sebagian fans beranggapan bahwa teori ini mungkin lemah, karena menurut Oden, Joy Boy seharusnya datang ke Wano membuka diri terhadap dunia. Kemudian, seharusnya Kaido sudah berhasil dikalahkan sebelum Joy Boy muncul.

Joy Boy Terinspirasi dari Indonesia

Oda Sensei adalah mangaka yang diketahui sering kali memasukan unsur sejarah, mitologi, atau unsur-unsur lainnya dalam cerita One Piece. Salah satu teori yang cukup populer, sosok Joy Boy kemungkinan terinspirasi dari salah satu raja di Indonesia, Jayabaya atau Joyoboyo. Sosok raja Jayabaya ini berkuasa di wilayah Jawa sekitar 870 tahun yang lalu.

Sosok Jayabaya dikenal juga sebagai peramal besar. Ada beberapa ramalan besarnya yang terbukti benar. Jika kemudian Joy Boy memang terinspirasi dari Jayabaya, artinya Joy Boy bisa jadi memang merupakan pemimpin Kerajaan Kuno. Kedua, sosok “Ratu Adil” akan muncul dan akan membawa kedamaian dan keadilan ke seluruh dunia. Luffy mungkin akan menjadi sosok tersebut.

Misteri tentang Joy Boy sepertinya masih terus akan menjadi tanda tanya besar di kalangan fans, setidaknya untuk saat ini sampai kemudian Oda akan membeberkan rahasia besar tentang Joy Boy. Menarik tentunya mengetahui sejarah bagaimana dia bisa menghadirkan pengaruhnya terhadap dunia. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.