Para fans dari seri One Piece dibuat terkejut saat salah satu admiral mereka, Kuzan alias Aokiji, memutuskan untuk mundur dari angkatan laut dan memilih untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Sebelumnya, Aokiji ditunjuk untuk menjadi kandidat Fleet Admiral menggantikan posisi Sengoku. Namun, ternyata kandidat untuk menjadi Fleet Admiral bukan hanya Aokiji melainkan juga Sakazuki.

Namun, Kuzan yang sudah mengenal siapa Sakazuki menolak rencana tersebut. Dan akhirnya untuk menentukan siapa yang akan menjadi Fleet Admiral selanjutnya, mereka berdua pun bertarung di Punk Hazard. Mereka berdua bertarung selama 10 hari tanpa henti. Akibat dari pertarungan mereka, wilayah Punk Hazard pun terbagi menjadi dua; wilayah dingin dan panas.

Dan dalam pertarungan tersebut, Sakazuki yang kemudian menjadi pemenangnya. Karena Kuzan tidak mau berada di bawah kendali Sakazuki, akhirnya Kuzan memutuskan untuk mundur dari angkatan laut dan bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Namun, ada sebuah catatan penting dalam hal ini yaitu sebagai seorang mantan admiral, Kuzan tentunya memiliki banyak informasi penting mengenai angkatan laut dan Pemerintah Dunia.

Tentu bisa dipastikan bahwa informasi yang diketahui Kuzan tersebut bukanlah informasi sembarangan. Ada kemungkinan Kuzan mengetahui tentang informasi rahasia dari angkatan laut. Blackbeard tentunya bisa memanfaatkan hal tersebut. Sebenarnya, Blackbeard dan seluruh krunya masih belum percaya penuh terhadap Kuzan.

Hal tersebut sempat diungkapkan oleh Jesus Burgess di arc Dressrosa. Terlepas dari hal tersebut, yang paling penting bagi mereka adalah Kuzan memiliki informasi berharga bagi Blackbeard. Mengetahui Kuzan bergabung dengan Blackbeard dan menyimpan rahasia penting, Pemerintah Dunia tentunya tidak akan tinggal diam melihat hal tersebut. Kemungkinan besar mereka akan memberikan nilai buruan terhadap Kuzan, seperti yang dilakukan kepada X Drake.

Dengan pertimbangan di atas, nilai buruan dari Kuzan diprediksi akan sangat tinggi, bisa jadi sekitar 500 juta sampai 1 milliar Belly. Sampai sejauh ini, masih belum diketahui apakah Kuzan sudah pernah membocorkan rahasia yang dia ketahui kepada Blackebard. Jika memang pernah, kita juga belum tahu sejauh mana informasi yang sudah dibocorkan oleh Kuzan.

Namun, kondisi tersebut sebenarnya bisa juga dimanfaatkan oleh Kuzan untuk mendapatkan kembali posisinya di angkatan laut. Bahkan, mungkin dia juga bisa mendapatkan posisi Fleet Admiral. Jika kemudian Kuzan berhasil kembali ke angkatan laut, maka ada kemungkinan Kuzan akan kembali berusaha menggulingkan kekuasaan Sakazuki, karena dia tidak pernah setuju dengan abosulute Justice yang diterapkan Sakazuki.

Dan dengan asumsi Sakazuki sudah dikalahkan oleh Kuzan, akan ada skenario lainnya yang mungkin akan terjadi, yaitu rencana menggulingkan Pemerintah Dunia. Seperti yang kita ketahui, Kuzan memiliki prinsip yang sama dengan sosok Garp, di mana angkatan laut seharusnya bisa independen dan tidak boleh dikendalikan sesuka hati oleh Pemerintah Dunia atau kaum naga langit.

Hal inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa Kuzan – dan Garp – merupakan bagian dari organisasi rahasia SWORD. Sejauh ini kita memang masih belum tahu banyak tentang SWORD, tetapi ada kemungkinan organisasi ini bergerak di bawah radar karena memiliki rencana besar. SWORD sendiri bisa dibilang adalah organisasi yang menjadi perwujudan sosok angkatan laut yang sebenarnya, yang memegang prinsip true justice dan bukan absolute justice.

Jika kemudian Kuzan berhasil menjadi seorang Fleet Admiral menggeser posisi Sakazuki, dia akan memiliki banyak akses untuk membantu SWORD. Dan hal tersebut juga bisa membuat Kuzan lebih mudah untuk menggulingkan Pemerintah Dunia. Jika berbicara mengenai menggulingkan Pemerintah DUnia, maka kita tidak bisa lepas dari pasukan Revolusi dan Monkey D. Dragon.

Bukan sesuatu hal yang mustahil jika di kemudian hari kita akan melihat kerja sama antara Kuzan, SWORD, Dragon, dan Pasukan Revolusi dalam rencana menggulingkan Pemerintah Dunia. Ketika Kuzan menjadi Fleet Admiral, Kuzan bisa saja memberikan berbagai informasi penting yang dibutuhkan kepada Pasukan Revolusi.

Jadi, pada intinya, Kuzan sepertinya sudah memiliki rencana besar yang dia siapkan untuk menggulingkan Sakazuki dan Pemerintah Dunia. Bergabung dengan Blackbeard bisa jadi merupakan fase pertama dari rencana besar yang dia sudah buat. Dan selanjutnya Kuzan bekerja sama dengan Dragon dan Pasukan Revolusi. Kita nantikan saja ya Geeks momen ketika Kuzan dan Dragon bersama-sama menggulingkan Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.