Klan Uchiha merupakan salah satu klan yang ditakuti oleh para shinobi yang ada di dunia Naruto. Mereka memiliki Kekkei Genkai berupa Doujutsu Sharingan. Jurus mata tersebut sudah sangat populer di seluruh dunia shinobi, sebagai kekuatan yang sangat dahsyat. Hampir semua klan Uchiha mewarisi Doujutsu Sharingan, kecuali Hatake Kakashi yang mendapatkan Sharingan karena diberikan oleh Obito.

Dari sekian banyak pengguna Doujutsu tersebut, salah satu yang terkuat adalah Itachi Uchiha. Itachi dikenal memiliki kekuatan dan kemampuan yang dahsyat dalam bertarung. Dan yang juga terkenal dari kemampuan Itachi adalah teknik mata atau Doujutsunya. Berkat Doujutsu tersebut, Itachi mampu menggunakan Genjutsu atau teknik ilusi yang mengerikan. Berikut adalah berbagai Genjutsu kuat yang pernah digunakan Itachi.

Magen: Kasegui no Jutsu

Magen: Kasegui no Jutsu atau Demonic Illusion: Shackling merupakan teknik Genjutsu yang pernah digunakan oleh Itachi saat dia masih menjadi bagian dari kelompok Akatsuki. Genjutsu ini merupakan salah satu teknik yang sangat luar biasa. Pada awalnya, pengguna tekniknya harus menggunakan teknik Genjutsu: Sharingan.

Tetapi, jika penggunanya sudah menguasai teknik ini maka mereka bisa dengan mudah menjebak musuh tanpa harus melakukan kontak mata. Ketika korbannya sudah terjebak, mereka akan langsung lumpuh dan tubuh mereka akan merasakan sakit yang sangat luar biasa. Korbannya memang tidak akan langsung tewas, tetapi rasa sakit yang diterima cukup untuk membuat korbannya menderita dan tersiksa. Karena memang tujuan utama dari Genjutsu ini adalah menyiksa korbannya.

Magen: Kyo Tenchi Ten

Magen: Kyo Tenchi Ten atau Demonic Illusion: Mirrori Heaven and Earth Change secara singkatnya adalah sebuah teknik untuk membalikan Genjutsu musuh. Ini juga merupakan salah satu teknik Genjutsu Itachi yang paling berbahaya dan mengerikan. Untuk mengaktifkannya, seperti biasa, Itachi harus mengaktifkan mata Sharingan miliknya. Setelah itu, Itachi diperlihatkan akan membiarkan musuhnya menggunakan Genjutsu terhadap dirinya.

Itachi kemudian akan membaca teknik genjutsu tersebut sampai pada satu titik Itachi akan membalikan teknik Genjutsu tersebut. Contoh nyata dari teknik ini adalah ketika Itachi dan Kisame bertarung melawan Asuma dan Kurenai. Kurenai menggunakan teknik Genjutsu kepada Itachi, yang mana Kurenai dibuat terkejut ketika Itachi berhasil lolos dari Genjutsu tersebut dan malah Kurenai yang kemudian menjadi korbannya.

Utakata

Utakata merupakan sebuah teknik yang digunakan oleh Itachi bukan hanya bertujuan untuk menyiksa fisik dari sang korban, melainkan juga mental mereka. Itachi akan menggunakan jarinya sebagai media untuk memasukan Genjutsu kepada korban. Korban sendiri tidak akan menyadari bahwa mereka sudah masuk ke dalam dunia ilusi yang diciptakan Itachi.

Itachi pernah melakukan teknik ini kepada Naruto. Saat itu, Naruto mengakui bahwa tubuhnya terasa sangat sakit dan menderita seolah ditusuk dan diserang oleh kunai dan shuriken. Bukan hanya itu, mentalnya pun dibuat hancur di mana bagian tubuhnya berubah menjadi wajah dari sosok yang Naruto kenali. Misalnya sebagian wajahnya berubah menjadi wajah milik Sasuke.

Tsukuyomi

Sebuah Genjutsu dahsyat yang sekaligus juga unik karena teknik ini hanya bisa dilakukan oleh Mengekyo Sharingan milik Itachi. Ketika teknik ini digunakan, tidak ada satu pun yang bisa mengendalikan ilusi tersebut selain Itachi sendiri. Dia benar-benar mengendalikan ruang dan waktu di dunia tersebut. Satu detik di dunia Tsukuyomi akan terasa seperti selamanya di dunia nyata bagi sang korban.

Teknik ini pernah digunakan oleh Itachi ketika dia menyiksa Kakashi selama tiga hari di dunia Tsukuyomi, yang mana sebenarnya hanya beberapa detik saja di dunia nyata. Dan hasilnya Kakashi benar-benar dibuat tidak berdaya untuk jangka waktu yang lama akibat dari Genjutsu ini. Yang menarik juga adalah sejauh ini diketahui bahwa hanya Tsukoyomi, genjutsu yang mampu membunuh seseorang.

Izanami

Sebenarnya Izanami merupakan salah satu dari dua Genjutsu rahasia klan Uchiha. Namun, dalam ceritanya diperlihatkan bahwa hanya Itachi yang mampu menggunakan teknik ini dengan sangat baik. Izanami akan membuat korbannya terjebak di dalam dunia ilusi, di mana dalam ilusi tersebut korbannya akan mengalami kejadian yang berulang-ulang tanpa henti.

Satu-satunya cara untuk menghentikan Genjutsu ini adalah menerima dirinya dan juga takdirnya. Ketika ada yang menggunakan teknik ini, maka resiko yang harus ditanggung adalah mereka akan kehilangan sebagian matanya. Genjutsu ini awalnya digunakan untuk menghukum klan Uchiha yang menggunakan teknik rahasia lainnya, Izanagi, dan membersihkan pikiran mereka.

Genjutsu tidak diragukan lagi menjadi salah satu Jutsu yang cukup sering digunakan oleh para shinobi dan menjadi Jutsu yang sangat berbahaya. Teknik ilusi ini dianggap berbahaya karena bukan hanya menyiksa fisik dari korbannya, melainkan juga kondisi mental mereka. Dengan kemampuan dahsyat tersebut, wajar jika kemudian Itachi pun dianggap sebagai shinobi yang kuat dan ditakuti banyak orang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.