Para fans dari seri manga Boruto: Naruto Next Generation dan juga karakter dalam ceritanya dibuat terkejut saat Kawaki kembali membangkitkan segel Karma dalam dirinya. Pasalnya, seperti yang diperlihatkan sebelumnya, segel Karma dalam diri kawaki sudah menghilang dengan Jigen yang tewas saat bertarung melawan Kashin Koji. Isshiki pun menggunakan Karma di dalam tubuh Kawaki untuk bereinkarnasi.

Memang, Momoshiki kemudian mengatakan bahwa meskipun Isshiki sudah tewas tetapi segel Karma yang ada di tubuh kawaki – atau wadah lainnya – yang sudah melalui proses Otsutsukifikasi akan tetap ada. Hal ini pun diamini oleh Amado, sang ilmuwan cerdas Kara. Amado mengetahui tentang fakta tersebut, dan dia pun memberikan penawaran terhadap Kawaki.

Amado menyadari bahwa Kawaki sangat membutuhkan kekuatan Karma. Dia sangat bergantung terhadap kekuatan tersebut. Dan hal ini sempat diperlihatkan dalam beberapa kesempatan di mana Kawaki sendiri menyadari bahwa tanpa kekuatan Karma dia tidak bisa berbuat banyak. Amado pun sempat menawarkan Kawaki untuk membangkitkan kembali kekuatan Karma dalam dirinya.

Kawaki sebenarnya sangat menginginkan hal tersebut, apalagi dia rela melakukan apa pun untuk melindungi sosok Naruto yang sudah dianggap sebagai ayahnya. Tetapi, Kawaki menolak tawaran Amado tersebut karena dia takut jika kemudian Isshiki kembali bangkit dan mengambil alih tubuhnya seperti yang terjadi kepada Boruto di mana Momoshiki mengambil alih tubuhnya.

Namun, hal mengejutkan terjadi saat Kawaki dan Boruto bertarung menghadapi Code. Saat Momoshiki kembali muncul dan mengambil alih tubuh Boruto, dia pun menyerang Code dan membantu Kawaki. Namun, hal sebaliknya terjadi saat Naruto dan Shikamaru muncul. Borushiki justru menyerang Naruto, karena mungkin Momoshiki masih menaruh dendam terhadap Naruto.

Tanpa diduga, saat Borushiki menggunakan Rasengan untuk menyerang Naruto, segel Karma Kawaki muncul, menyerap semua Jutsu tersebut. Semua orang terheran-heran dengan hal tersebut, karena, seperti disebutkan di atas, Karma Kawaki menghilang setelah Isshiki bangkit. Namun, pada chapter 66 kemarin akhirnya kita menemukan jawabannya. Ternyata, menurut Eida, Amado yang kembali mengaktifkan Karma tersebut tanpa sepengetahuan Kawaki.

Dan yang mengejutkannya adalah Kawaki mampu mengendalikan Karma tersebut sesuai dengan keinginannya. Berbeda dengan Boruto atau pun wadah lainnya seperti Jigen, yang tidak mampu mengendalikan Karma miliknya sesuka hati. Mereka tidak memiliki kehendak bebas (free will). Kawaki diperlihatkan mampu menggunakan kekuatan Karma Isshiki dengan maksimal.

Bahkan, kita melihat bagaimana Code nampak terkesima dengan hal yang terjadi kepada Kawaki dan juga Borushiki nampak tidak mampu mengimbangi kekuatan Karma Isshiki yang digunakan oleh Kawaki. Karena, memang Isshiki jauh lebih kuat dibandingkan Momoshiki. Melihat apa yang terjadi, pertanyaanya kemudian mengapa Kawaki mampu untuk mengendalikan Karma terbarunya tersebut?

Kemungkinan hal ini ada kaitannya dengan apa yang diucapkan oleh Amado, di mana setelah Isshiki menghilang maka semua kekuatan tersebut akan menjadi milik Kawaki. Kawaki tidak perlu lagi khawatir jika kemudian Isshiki akan mengambil alih tubuhnya saat segel Karma diaktifkan, karena segel Karma yang ada di tubuh Kawaki tersebut sudah sepenuhnya menjadi sebuah senjata.

Dengan segel Karma tersebut sudah menjadi senjata, Kawaki bisa menggunakannya semaksimal mungkin. Namun, di sisi lain, artinya hal ini membuat Kawaki menjadi salah satu shinobi terkuat – dan juga berbahaya – untuk saat ini. Namun, kita baru melihat sedikit dari apa yang dilakukan oleh Amado terhadap Kawaki dengan segel Karma dalam dirinya.

Seperti yang kita ketahui, Amado adalah sosok yang misterius. Kita masih belum tahu apakah dia memang benar ingin membantu Konoha atau justru ada maksud lainnya. Amado sendiri mengakui bahwa dia paham Kawaki ingin kekuatan Karmanya dibangkitkan, karena itulah dia kemudian diam-diam melakukan hal tersebut. Tetapi, bagaimana jika ada hal lainnya?

Amado mungkin berhasil membangkitkan segel Karma Isshiki dalam diri Kawaki, namun bagaimana jika kemudian Amado sudah membuat sedemikian rupa agar Karma dalam diri Kawaki bisa dikendalikan olehnya. Amado merupakan sosok yang tidak akan melakukan atau merencanakan sesuatu jika tidak ada tujuannya. Artinya, kemungkinan ada maksud tersembunyi dari Amado dengan mengaktifkan kembali segel Karma Kawaki.

Seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, Amado mungkin ingin memanfaatkan Kawaki untuk tujuannya yang misterius. Hal inilah yang sejak lama dicurigai para fans dan juga para shinobi Konoha lainnya. Sumire pun bahkan menaruh curiga terhadap Amado. Bukan tidak mungkin jika Amado memanfaatkan Kawaki untuk menghancukan Konoha atau sesuatu yang besar lainnya.

Bisa jadi juga apa yang diungkapkan oleh Code ada benarnya, bahwa Amado sengaja membangkitkan kembali segel Karma Isshiki dalam diri Kawaki karena dia ingin membuat Kawaki menjadi Isshiki yang kedua. Untuk saat ini, semua hal tersebut masih menjadi sebuah misteri besar. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.