Peacemaker adalah serial terbaru HBO yang menceritakan petualangan seorang karakter DC nyeleneh bernama Christopher Smith alias Peacemaker. Melakukan debut live action-nya di film The Suicide Squad, dia adalah karakter klasik DC yang digambarkan sebagai sosok yang tidak akan ragu membunuh demi menciptakan perdamaian yang dia idam-idamkan. Menariknya, sebagai karakter klasik, Peacemaker juga menyinggung beberapa nama karakter klasik DC lainnya, sekaligus mengonfirmasi keberadaannya di DCEU.

Setelah sebelumnya sempat menyinggung sosok setan nakal bernama Bat-Mite yang merupakan penggemar berat Batman, di episode 4 kemarin Peacemaker juga mengungkapkan bahwa dia pernah melakukan sebuah misi bersama seorang superhero klasik yang merupakan alien sekaligus anggota Legion of Super-Heroes, yaitu Matter-Eater Lad. Nama Matter-Eater Lad mungkin terdengar asing, tetapi dalam sejarahnya dia adalah salah satu superhero terkuat di DC Universe. Siapa sebenarnya dia dan seberapa kuat Matter-Eater Lad? Mari kita bahas, Geeks!

Superhero Klasik dari DC Comics

Pada era Silver Age (1956 – 1970), DC adalah salah satu media komik yang cukup aktif menciptakan berbagai karakter menarik dengan latar belakang dan kekuatan yang sangat unik. Salah satu superhero Siver Age yang dikenal karena keunikannya adalah Tenzil Kem alias Matter-Eater Lad. Diciptakan oleh Jerry Siegel dan John Forte, Matter-Eater Lad melakukan debutnya di komik Adventure Comics #303 (1962) sebagai salah satu anggota tim super antar galaksi yang disebut Legion of Super-Heroes.

Matter-Eater Lad adalah seorang alien dari planet Bismoll yang penduduknya mengembangkan kemampuan untuk memakan segala materi agar bisa bertahan hidup. Hal tersebut bisa terjadi karena di planet Bismoll mikroba telah membuat semua makanan normal menjadi tidak bisa dimakan. Itulah mengapa ketika Matter-Eater Lad berpetualang dengan Legion of Super-Heroes, kemampuan memakan materinya menjadi sangat berguna bagi tim.

Prestasi terbaiknya pernah terjadi di komik Superboy and the Legion of Super-Heroes #251 (1979) di mana dia berhasil memakan alat berbahaya yang disebut Miracle Machine, padahal pada saat itu tidak ada superhero lain yang bisa menghancurkannya. Setelah berhasil menyelesaikan berbagai misi lainnya bersama Legion of Super-Heroes, popularitas Matter-Eater Lad makin meningkat di DC Comics, dia diceritakan menjadi bintang televisi di seluruh galaksi sekaligus anggota dewan terhormat di planet Bismoll.

Mampu Memakan Superman

Salah satu rahasia mengapa Matter-Eater Lad bisa memakan segalanya terletak pada enzim dan metabolisme di tubuhnya yang bisa melelehkan semua materi secara instan. Bahkan pada saat itu, ketika nama Superman sedang dielu-elukan oleh para penggemar setia DC, muncul spekulasi yang menyatakan bahwa secara teoritis Matter-Eater Lad adalah salah satu makhluk di DC Universe yang bisa mengalahkan dan bahkan membunuh superhero dari planet Krypton tersebut dengan cara memakannya.

Menariknya hal tersebut menjadi sangat masuk akal, mengingat DC sama sekali tidak memberikan batasan pada kemampuan unik sekaligus luar biasa dari Matter-Eater Lad. Artinya, selain memakan materi, Matter-Eater Lad juga bisa memakan manusia super seperti Superman, dengan catatan Superman tidak sempat memberikan perlawanan ketika Matter-Eater Lad melakukan hal tersebut. Syukurnya, sebelum teori ini sempat dibuktikan, hal tersebut tidak mungkin terjadi mengingat Matter-Eater Lad dan Superman adalah sekutu di Legion of Super-Heroes.

Matter-Eater Lad di Peacemaker

Serial Peacemaker episode 4 yang berjudul “The Choad Less Traveled” dengan jelas mengonfirmasi bahwa Matter-Eater Lad ada di semesta DCEU, setidaknya itu yang disampaikan oleh Peacemaker. Ketika berbicara mengenai misi yang melibatkan makhluk asing, Peacemaker mengklaim bahwa dirinya pernah bekerja dengan Matter-Eater Lad dalam sebuah misi. Dengan sangat yakin Peacemaker menggambarkan mantan sekutunya tersebut sebagai sosok yang bisa memakan apa saja.

Peacemaker menjelaskan dengan detail bahwa ketika dia dan Matter-Eater Lad pergi ke restoran untuk makan, dia melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana Matter-Eater Lad memakan restorannya karena marah makanannya tidak kunjung datang. Mendengar penjelasan tersebut keluar dari mulut Peacemaker mungkin membuat kisah Matter-Eater Lad terdengar sangat konyol, tetapi berdasarkan sejarahnya di DC Universe Matter-Eater Lad memang sering memakan roti lapis isi perkakas dan juga rantai besi yang dia gambarkan mempunyai rasa seperti cokelat. Jadi, seharusnya memakan restoran bukan hal yang sulit bagi Matter-Eater Lad.

Itulah penjelasan mengenai karakter Matter-Eater Lad yang dijelaskan keberadaannya di DC Extended Universe oleh Peacemaker. Dengan keberadaannya yang sudah dikonfirmasi tersebut, bukan tidak mungkin Matter-Eater Lad muncul di episode Peacemaker selanjutnya atau di berbagai tayangan DCEU lainnya. Karena dengan kemampuannya yang sangat unik, Matter-Eater Lad mempunyai daya tariknya sendiri yang menjelaskan bahwa hanya dengan kemampuan anehnya dia bisa menjadi karakter yang kuat di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.