Scarlet Witch adalah karakter Marvel yang kini namanya tengah naik daun, hal tersebut bisa terjadi karena dia digadang-gadang menjadi salah satu superhero wanita Marvel Cinematic Universe yang perannya akan sangat penting di Fase 4. Sebentar lagi Scarlet Witch dipastikan akan muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, dan ada indikasi dia akan menjadi “secret villain” di filmnya. Terlepas dari kebenaran spekulasi tersebut, di Marvel Comics sendiri dia memang pernah beberapa kali menjadi jahat. Kapan dan seperti apa kisahnya? Berikut 5 momen Scarlet Witch jadi penjahat yang mengerikan!

Anggota Brotherhood Magneto

Wanda Maximoff alias Scarlet Witch melakukan debutnya di Marvel Comics pada tahun 60-an bersama saudaranya, yaitu Pietro Maximoff alias Quicksilver. Pada saat itu Scarlet Witch dan Quicksilver tidak mengetahui siapa orang tua mereka, sampai akhirnya Magneto datang menyelamatkan mereka dari sekelompok mafia yang hampir melukai keduanya. Sejak saat itu, karena Scarlet Witch juga tidak menyukai manusia, dia bersama saudaranya mengikuti Magneto dan bergabung dengan Brotherhood, kelompok mutan jahat yang ingin memusnahkan manusia. Statusnya sebagai villain sempat bertahan untuk beberapa tahun, sampai akhirnya Scarlet Witch keluar dari Brotherhood dan bergabung dengan Avengers.

Hampir Memusnahkan Mutan

Dalam kisah House of M, Scarlet Witch diceritakan menderita gangguan mental dan juga emosi. Akibat dari peneritaannya tersebut, dia hilang kendali dan menciptakan realitas di mana semua makhluk Bumi bisa hidup bebas dan juga damai, termasuk para mutan yang sering berkonflik di dalam rasnya sendiri. Ketika para superhero dan mutan bersatu untuk membebaskan Bumi dari realitasnya, Scarlet Witch menyalahkan Magneto atas apa yang telah terjadi. Seketika dia mengamuk dan mengucapkan tiga kata sakti, “No More Mutants,” yang langsung memusnahkan 98% ras mutan di muka Bumi.

Menciptakan Pasukan Zombie 

Merasa bersalah karena telah membuat mutan diambang kepunahan. Scarlet Witch mencoba mencari cara untuk membangkitkan para mutan. Pada titik itu, sebenarnya mutan yang tersisa sudah menemukan caranya sendiri untuk membangkitkan para korban Scarlet Witch di Krakoa. Namun, Scarlet Witch tidak menyerah, sebagai gantinya dia mencoba membangkitkan para mutan di Genosha yang sebelumnya dibantai oleh Sentinel. Sayangnya, upaya Scarlet Witch justru secara tidak sengaja malah menciptakan pasukan zombie mutan yang langsung menyerbu Krakoa, membuat dirinya makin dibenci oleh para mutan.

Berkhianat Pada Avengers

Selain para mutan, Avengers juga pernah merasakan kemampuan sihir Scarlet Witch yang mengerikan. Di komik Avengers: Disassembled, diceritakan bahwa para Avengers secara misterius mulai bertindak tidak biasa, mereka menjadi para superhero yang menyebalkan dan sering bertengkar satu sama lain. Pada akhirnya terungkap bahwa Scarlet Witch adalah orang yang telah merapal mantra untuk mengacaukan pikiran para Avengers. Setelah mengetahui penyebabnya, para Avengers langsung merasa kecewa para Scarlet Witch, padahal selama ini mereka sudah menganggapnya sebagai sahabat di Avengers.

Membunuh Anggota Avengers

Kegilaan Scarlet Witch di Avengers: Disassembled sebenarnya terjadi karena dia tidak bisa menerima kenyataan bahwa kedua anaknya, Wiccan dan Speed, telah tewas. Dengan pikiran yang kacau, Scarlet Witch menjadi sosok yang sering mengamuk, di mana dia melampiaskannya pada Avengers. Setelah sempat mengacaukan pikiran para Avengers, Scarlet Witch bertindak lebih mengerikan dengan menghancurkan Avengers dan semua yang ada disekitarnya. Tragedi tersebut menyebabkan beberapa anggota Avengers tewas, termasuk Ant-Man dan Hawkeye.

Itulah lima momen di mana Scarlet Witch menjadi jahat di Marvel Universe. Meskipun beberapa momen tersebut bisa terjadi karena dia hilang kendali, tetapi hal tersebut tidak bisa menutupi kenyataan bahwa dia pernah bertindak terlalu jauh sampai menghancurkan moral superheronya. Dengan fakta bahwa Scarlet Witch pernah menjadi jahat pada beberapa titik di Marvel Universe, tidak menutup kemungkinan bahwa dia akan melakukan hal serupa di MCU. Kita lihat saja nanti ya, Geeks, seperti apa nasib Scarlet Witch saat film Doctor Strange in the Multiverse of Madness tayang di bioskop pada 6 Mei 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.