Minggu ini serial Peacemaker telah memasuki minggu kedua penayangannya dengan total empat episode yang sudah dirilis. Ada banyak hal menarik sekaligus mengejutkan yang sudah terungkap di serialnya, dari mulai ayah Peacemaker (John Cena) yang bernama Augie Smith (Robert Patrick) ternyata adalah supervillain rasis White Dragon, sampai fakta bahwa ada sekelompok makhluk yang disebut Butterfly diam-diam telah menyebar di seluruh dunia dengan mengambil alih tubuh inangnya.

Dengan Peacemaker yang berpikir bahwa Butterfly adalah musuh yang harus dibasmi, cukup masuk akal jika pada akhirnya peran antagonis mengerucut pada para Butterfly. Apalagi episode 3 seakan mengindikasikan bahwa Butterfly adalah para alien yang ingin menguasai dunia. Namun, berdasarkan apa yang baru-baru ini diceritakan di episode 4, justru membuat rencana Butterfly tampak jauh lebih rumit dan juga misterius dari sebelumnya. Apa sebenarnya yang direncanakan oleh para Butterfly tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Butterfly Tidak Seperti Dibayangkan

Setelah tim ARGUS sempat berhasil menangkap Judomaster (Nhut Le) di akhir serial Peacemaker episode 3, tidak lama setelah itu di episode 4 dia berhasil melarikan diri dan bertarunge dengan Peacemaker di sebuah parkiran. Dalam pertarungan yang disebut “Big Rematch” oleh Peacemaker, walapun awalnya sempat bertahan, Jusdomaster tampaknya mulai kewalahan menghadapi Peacemaker. Hal tersebut terbukti ketika tubuh Judomaster mulai babak belur dan tidak lagi meneriakan “kiai”.

Merasa mulai terpojok, pada akhirnya Judomaster memulai percakapan serius dengan Peacemaker, dia berkata kepadanya bahwa para Butterfly “tidak seperti yang kamu pikirkan…” Sayangnya, sebelum sempat menyelesaikan kalimatnya, tembakan dari Leota Adebayo (Danielle Brooks) mengenai ulu hati Jusdomaster dan langsung membuatnya terjatuh, disusul dengan Peacmaker yang marah karena mengangap Adebayo telah menganggu pertarungan yang hampir dimenangkan olehnya.

Karena posisi baik dan jahat tidak begitu jelas di serial Peacemaker, hal tersebut juga berlaku pada Judomaster yang menyebalkan. Dia bisa saja sebenarnya tidak jahat dan hanya ingin mengatakan kepada Peacemaker bahwa Butterfly tidak “semuanya” jahat. Jika melihat kebiasaan Clemson Murn (Chukwudi Iwuji) dan juga tim ARGUS yang melakukan misi tanpa penjelasan detail terlebih dahulu, ada kemungkinan penjahatnya justru berada di tim ARGUS, seperti yang sempat dicurigai oleh Harcourt (Jennifer Holland) di episode 1.

Di ending episode 4, Murn akhirnya memperlihatkan jati dirinya yang ternyata adalah seorang Butterfly juga, saat dirinya mengeluarkan belalai untuk meminum suatu cairan dari mangkuk sup. Hal tersebut memperkuat indikasi bahwa sebenarnya tidak “semua” Butterfly jahat, tetapi ada juga yang jahat. Mungkin Murn adalah Butterfly jahat yang ingin membunuh Butterfly lain karena tidak sejalan dengannya. Pada titik ini bisa jadi ada dua faksi (mungkin lebih) Butterfly yang sebenarnya sedang bertempur. Itulah mengapa Murn menyuruh Peacemaker dan Vigilante membunuh keluarga senator Royland Goff.

Tujuan Misterius Butterfly 

Jika di Bumi benar-benar ada banyak faksi Butterfly dengan tujuannya masing-masing. Kemungkinan Butterfly yang berada di tubuh senator Goff, dan didukung oleh Judomaster, kemungkinan hanya ingin menjadikan Bumi sebagai “rumah yang nyaman”. Itulah mengapa Butterfly Goff mendorong undang-undang perubahan iklim untuk disahkan, agar kegiatan yang dapat merusak Bumi bisa diminimalisir, sehingga setidaknya dia dan keluarganya bisa tetap hidup di Bumi dengan tenang.

Belum diketahui dari planet mana para Butterfly ini berasal, yang jelas mereka sudah ada di Bumi sejak lama dan baru terungkap setelah Murn dan tim ARGUS-nya mengadakan misi misterius yang disebut “Project Butterfly”. Jika benar Butterfly Goff adalah alien baik, artinya ada kemungkinan Butterfly Murn adalah penjahat yang sebenarnya, yang ingin menguasai dunia dengan cara yang lebih ekstrem. Mungkin itu juga yang menjadi alasan bagi Murn untuk membunuh Butterfly Goff, karena dia dianggap terlalu lembek dan mempermalukan bangsanya.

Itulah pembahasan mengenai kemungkinan jawaban dari alasan alien Butterfly yang misterius. Sejauh ini masih belum diketahui siapa yang sebenarnya jahat atau baik, tetapi sementara ini cukup aman untuk mengatakan bahwa Murn adalah Butterfly yang paling mencurigakan. Bagaimana, Geeks, menurut kalian siapa penjahat yang sebenarnya di serial Peacemaker? Hanya waktu yang bisa menjawab, kita nantikan saja Peacemaker episode berikutnya dan semoga misteri ini bisa segera terjawab.