Di antara banyaknya karakter Marvel, Doctor Strange adalah superhero yang serbabisa. Selain superhero, dia juga adalah seorang Master of Mystic Art sekaligus Sorcerer Supreme yang melindungi Bumi dari ancaman dimensi lain. Dan salah satu keunggulan Strange dibanding superhero lain adalah dia mempunyai perlengkapan artefak yang sering membantunya dalam menjaga keamanan di Bumi. Seperti yang kita tahu, Strange memang mempunyai kemampuan sihir yang sangat sakti di Marvel Universe, tetapi di balik itu semua ternyata ada lima artefak sakti yang membuat setiap aksi Strange lebih efektif. Artefak apa saja itu? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks.

Book of Vishanti

Sebagai buku sihir, Book of Vishanti adalah artefak sakti yang di dalamnya terdapat banyak mantra sihir yang bisa mengatasi ancaman sihir kegelapan dari dimensi lain. Buku yang mempunyai sampul dengan lambang “Seal of Vishanti” ini mempunyai peranan penting dalam hampir setiap petualangan Doctor Strange, karena dari mulai sihir dasar sampai sihir tingkat tinggi yang dikuasai oleh Doctor Strange, hampir semuanya berasal dari Book of Vishanti. Sebelum dijaga dengan baik di Sanctum Sanctorum, buku ini pernah dimiliki oleh Cleopatra, vampir kuat bernama Varnae, dan bahkan sesosok dewa bernama Marduk.

Wand of Watoomb

Meskipun bentuknya cukup simpel dan bisa digenggam dengan satu tangan, Wand of Watoomb ternyata bisa memberikan kesaktian yang sangat dahsyat kepada penggunanya. Bahkan dari semua artefak di daftar ini, Wand of Watoomb adalah yang paling sering dicuri oleh para musuh Doctor Strange, salah satunya yang melakukan hal tersebut adalah penyihir jahat bernama Xandu. Siapa pun yang menguasai Wand of Watoomb, konon bisa membuka gerbang ke dimensi lain, mengontol berbagai elemen, menyembuhkan luka dengan cepat, dan bahkan bisa mengatur ulang realitas di Marvel Universe.

Cloak of Levitation

Cukup jelas bahwa selain sakti, Cloak of Levitation adalah artefak yang paling sering digunakan oleh Doctor Strange dan terbukti memang sangat berguna. Dengan jubah ikoniknya ini, Doctor Strange mampu terbang dengan sangat tinggi dan juga cepat. Bahkan karena mempunyai pikiran sendiri, Cloak of Levitation lebih sering berfungsi sebagai rekan pertempuran daripada sekadar alat. Bahkan dari segi kekuatan, Cloak of Levitation mampu mengangkat beban yang cukup berat, hal tersebut sering dibuktikan ketika Doctor Strange menggunakannya untuk menyelamatkan dan membawa orang lain saat situasi sedang berbahaya.

Eye of Agamotto

Sebagai salah satu sumber kekuatan sihir, Eye of Agamotto sering terlihat dikenakan oleh Doctor Strange sebagai kalung yang tidak pernah dia lepas. Di komik Strange Tales #115, Ancient One memberikan artefak sakti ini pada Doctor Strange bersamaan dengan Cloak of Levitation. Selain memberikan sihir tambahan pada Doctor Strange, Eye of Agamotto juga mempunyai berbagai kekuatan yang berhubungan dengan waktu, seperti memungkinkan penggunanya melihat masa lalu, mendeteksi kebohongan, menciptakan ilusi, menghentikan dan mengulang waktu untuk sesaat, bahkan bisa menolak ledakan energi yang sangat dahsyat.

Orb of Agamotto

Selain Eye, Doctor Strange juga sering menggunakan artefak Agamotto yang lain, salah satunya yang paling sakti adalah Orb of Agamotto. Mempunyai bentuk seperti bola dunia, Orb of Agamotto sering dipakai oleh Doctor Strange untuk melihat situasi dunia, universe, dan multiverse Marvel secara langsung. Selain itu, Orb ini juga bisa dipakai untuk mendeteksi kekuatan sihir di mana pun. Dengan semua kesaktian Orb of Agamotto ini, Doctor Strange telah membuktikan bahwa dia mampu mencegah beberapa kejadian yang tidak diinginkan, salah satunya adalah dengan mendeteksi dan menutup kebocoran dimensi yang bisa menyebabkan makhluk dari dimensi lain menyusup ke Bumi.

Itulah lima artefak paling sakti yang dimiliki oleh Doctor Strange. Selain menjadi artefak yang sering digunakan oleh Doctor Strange, kelima benda sihir ini disimpan dan dijaga dengan sangat ketat di Sanctum Sanctronum. Karena jika salah satu dari kelima benda ini berhasil direbut oleh orang jahat, kemungkinan dampaknya akan sangat berbahaya bagi Bumi dan semua makhluk hidupnya, terutama karena beberapa di antaranya mampu mengontrol waktu dan juga bisa membuka gerbang ke dimensi lain. Jika kelima artefak ini benar-benar nyata, mana yang paling kalian ingin miliki, Geeks?