Meskipun tim Marvel paling populer dipegang oleh Avengers, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan tim super X-Men yang terkenal sebagai tim paling beragam yang mempunyai banyak sekali anggota. Bahkan dalam beberapa kesempatan, tim X-Men lebih sering digambarkan sebagai tim keluarga super yang menjadikan timnya sebagai “rumah”. Walaupun begitu, tidak jarang pada akhirnya ada mutan yang meninggalkan rumahnya untuk suatu alasan. Dan di antara para mutan yang memilih hengkang dari X-Men, lima di antaranya terkenal sebagai superhero kuat. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks!

Cyclops

Tim X-Men sebenarnya adalah salah satu tim tertua di Marvel Universe. Dibentuk oleh Charles Xavier, tim X-Men pertama beranggotakan karakter mutan yang sangat kuat, salah satunya adalah Scott Summer alias Cyclops yang bisa menembakan energi laser dari matanya. Sejak pertama kali diceritakan sebagai bagian dari X-Men, Cyclops digambarkan sebagai tangan kanan Professor X dalam melakukan misi dan juga mengorganisir para anggotanya. Walaupun begitu, Cyclops pernah diceritakan keluar dari X-Men setelah kematian Jean Grey, dia kemudian menikah dengan Madelyne Pryor dan mempunyai seorang anak laki-laki yang menggemaskan.

Jubilee

Meskipun kemunculan pertamanya di Marvel Comics tidak begitu diterima dengan baik oleh para penggemar, karena kekuatan kembang apinya dianggap lucu, Jubilation Lee alias Jubilee membuktikan dirinya dan menjadi populer setelah kekuatannya bisa difungsikan untuk banyak hal, termasuk membutakan musuh. Setelah sempat bergabung dengan X-Men saat usianya masih muda, tidak lama setelah itu Jubilee diceritakan keluar untuk berkeliling dunia, dan dalam prosesnya dia mendapatkan lebih banyak lagi teman, salah satunya adalah seorang anak kecil bernama Shogo yang dia anggap sebagai anaknya.

Professor X

Charles Xavier alias Professor X adalah mutan yang mendirikan tim X-Men dengan tujuan agar para mutan mendapatkan tempat di tengah-tengah masyarakat. Kemampuan telepatinya telah menjadikan Professor X sebagai mutan sekaligus superhero yang dikenal oleh masyarakat luas, konon telepatinya adalah yang paling hebat di Marvel Universe. Meskipun Professor X adalah orang pertama yang mendirikan X-Men, tetapi dia pernah diceritakan keluar beberapa kali, salah satunya ketika X-Men diserahkan pada Cyclops. Dia diceritakan memutuskan berkeliling dunia untuk memulihkan fisik dan pikirannya, setelah sebelumnya dibunuh oleh Bishop dan dibangkitkan kembali di kisah Messiah Complex.

Rogue

Bisa dibilang Rogue adalah salah satu anggota X-Men yang sering menjadi senjata rahasia bagi tim. Ketika para manusia jahat menilai Rogue sebagai mutan yang koruptif, karena menyedot kehidupan dan juga ingatan melalui sentuhan fisik, para anggota X-Men merangkulnya dan berusah mencari cara agar dia merasa dianggap sebagai keluarga di tim. Walaupun Rogue juga merasa nyaman berada dengan keluarga X-Men, dia pernah diceritakan keluar dari X-Men untuk sementara waktu, karena pada saat itu Captain America mengajaknya bergabung dengan Avengers Unity Division, tim super yang terdiri dari para mutan dan manusia.

Storm

Di antara banyaknya mutan di Marvel Universe, Storm yang mempunyai nama asli Ororo Monroe adalah yang paling sering berbaur dengan superhero non-mutan, khususnya Avengers. Karena interaksinya tersebut, pada akhirnya Storm jatuh cinta pada T’Challa alias Black Panther dan menikah. Karena T’Challa adalah Raja Wakanda, otomatis Storm menjadi Ratu Wakanda yang juga harus mengabdikan dirinya pada negara kaya tersebut. Meskipun begitu, Storm tetap ingat pada tim lamanya yang sudah dia anggap sebagai keluarga sendiri, dan sekarang dia aktif juga di Krakoa bersama para mutan lainnya.

Kelima superhero kuat sekaligus anggota X-Men ini, pada akhirnya membuktikan bahwa untuk beberapa alasan, mereka harus mengambil keputusan sulit dengan meninggalkan tim yang sudah mereka anggap sebagai keluarga. Walaupun sebagian dari kelima superhero ini diceritakan kembali ke tim X-Men, hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa mereka pernah keluar dan “hidup di luar X-Men” bersama orang lain atau superhero lain. Itulah lima superhero kuat yang pernah keluar dari X-Men. Siapa favorit kalian, Geeks?