Tidak banyak yang diketahui dari status Avengers di Marvel Cinematic Universesaat ini. Sejak terakhir kali diceritakan mengalahkan Thanos dan pasukannya di Avengers: Endgame (2019), belum ada lagi pertempuran yang melibatkan Avengers. Setelah Iron Man melakukan pengorbanan heroik, dan Captain America memilih untuk pensiun, secara tidak resmi Avengers seperti dibubarkan begitu saja. Padahal jika melihat potensi ancaman di Fase 4 kali ini, Bumi dan semesta tampaknya sangat membutuhkan kehadiran Avengers.

Ketika para penggemar berspekulasi tentang siapa yang akan mengganti Iron Man dan Captain America untuk memimpin Avengers, kebanyakan mereka membahas para superhero baru yang “mirip” seperti pendahulunya, sebut saja All-New Captain America dari Sam Wilson atau Riri Williams alias Ironheart. Namun, akhir-akhir ini sebenarnya ada seseorang yang mulai memperlihatkan kapabilitasnya sebagai calon pemimpin Avengers selanjutnya, yaitu Doctor Strange. Bahkan Marvel sepertinya diam-diam tengah mempersiapkannya untuk hal tersebut. Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Sejarah Doctor Strange Sebagai Pemimpin

Sejauh ini di Marvel Cinematic Universe, Doctor Strange secara resmi hanya baru diperlihatkan sebagai pemimpin para penyihir Mystic Art saat menghadapi ancaman Dormammu di film solo pertamanya yang dirilis pada tahun 2016. Sedangkan di Marvel Comics, para penggemar justru mengenal Strange sebagai sosok pemimpin yang mempunyai banyak pengalaman. Meskipun Strange belum pernah memimpin Avengers di Marvel Comics, tetapi dia adalah Sorcerer Supreme sekaligus penyihir sakti yang pernah memimpin dan bahkan mendirikan banyak tim super Marvel.

Strange pertama kali mendirikan tim super Marvel yang disebut Defender pada tahun 1971. Beranggotakan Hulk dan Namor, Defender dimaksudkan untuk melindungi Bumi dari makhluk iblis multi-dimensi yang disebut Undying Ones. Pada tahun 1992, lagi-lagi Strange mendirikan tim super baru yang disebut Midnight Sons, ketika iblis neraka bernama Lilith menginvasi Bumi bersama anak-anaknya yang disebut Lilin. Setahun kemudian, Strange kembali mendirikan tim super yang lebih canggih dari Defender, yaitu Secret Defender, untuk menyelesaikan banyak misi di Marvel Universe.

Pada tahun 2013, Strange diceritakan mendirikan dan memimpin sekelompok penyihir sakti di multiverse, yang disebut Black Priest. Tim penyihir ini didirikan untuk menjaga kestabilan multiverse dengan merombak beberapa planet di dalamnya. Kemudian pada tahun 2018, Strange diceritakan membentuk ulang dan memimpin tim Infinity Watch yang sebelumnya sempat didirikan sekaligus dibubarkan oleh Adam Warlock. Sama seperti fungsi sebelumnya, Infinity Watch yang dipimpin oleh Strange dimaksudkan untuk menjaga Infinity Stones agar tidak jatuh ke tangan orang jahat.

Yang terbaru, Strange memimpin tim Strange Academy pada tahun 2020 untuk menjaga Bumi sekaligus kelangsungan para penyihir di alam semesta. Pada dasarnya Strange Academy adalah sekolah sihir yang didirikan oleh Sorcerer Supreme Doctor Strange untuk pemulihan warisan sihir di alam semesta dan juga melatih para penyihir muda dalam penggunaan sihir dan artefak magis. Dengan banyaknya pengalaman Strange sebagai pemimpin di Marvel Comics, cukup masuk akal jika pada akhirnya dia memimpin Avengers yang merupakan tim super terbaik Bumi.

Strange Kuat Sekaligus Genius

Di Marvel CInematic Universe, tidak pernah secara gamblang disebutkan siapa pemimpin Avengers yang sebenarnya. Di Infinity Saga, berdasarkan apa yang kita di empat film Avengers, tim super terbaik Bumi ini sering diperlihatkan “bergantung” pada kepemimpinan Iron Man dan Captain America, tergantung dari masalah yang sedang mereka hadapi, baik saat sedang melawan Loki, Ultron, maupun Thanos.

Ketika berurusan dengan “otak”, semuanya hampir selalu diserahkan pada Tony Stark alias Iron Man, seperti yang terbaru ketika para Avengers meminta pertolongannya untuk membuat mesin waktu. Sedangkan ketika berurusan dengan “otot”, Steve Rogers alias Captain America adalah orang yang selalu memberi komando pada Avengers, seperti ketika dia meneriakan Avengers Assemble saat akan bertempur melawan Thanos.

Dan menariknya, Doctor Strange adalah karakter serta anggota Avengers yang mempunyai kedua hal tersebut, otak dan juga otot. Strange adalah seorang dokter bedah saraf yang sangat teliti. Selain itu, dia juga adalah penyihir Mystic Art yang dalam semalam mampu menguasai banyak sihir dengan mengandalkan wujud astralnya untuk terus belajar ketika dia tertidur. Untuk otot atau kekuatan, Strange tidak diragukan lagi adalah salah satu penyihir paling sakti di MCU.

Meskipun untuk saat ini jabatan Sorcerer Supreme dipegang oleh Wong, tetapi hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa Doctor Strange sangat kuat. Dengan semua yang dimilikinya, Strange dapat dengan mudah menjadi orang pertama yang akan terpilih menjadi pemimpin Avengers ketika tim super terbaik Bumi tersebut membutuhkan orang yang genius sekaligus kuat untuk memimpin mereka.

Tanda-tanda Marvel Siapkan Doctor Strange  

Di Fase 4 MCU, masalah yang lebih sering dibahas daripada yang lain adalah multiverse. Sejak multiverse terbebas di serial Loki, dan kembali diangkat di film Spider-Man: No Way Home, Doctor Strange adalah orang pertama yang ada dipikiran penggemar saat mencari sosok yang sangat layak untuk menghadapi masalah tersebut. Apalagi di film solo keduanya nanti, yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Strange akan menghadapi masalah multiverse yang makin serius.

Beberapa tanda-tanda kecil yang sepertinya sedang dipersiapkan Marvel adalah ketika Strange terlibat dalam petualangan Spider-Man di film No Way Home. Meskipun masalah multiverse yang terjadi di No Way Home adalah salah Peter Parker alias Spider-Man, tetapi Doctor Strange adalah orang yang seharusnya paling bertanggung jawab. Karena dia adalah orang yang merapal mantra berbahaya sehingga secara tidak sengaja portal multiverse terbuka, padahal sebelumnya Wong sempat memperingatinya.

Dari kesalahannya tersebut, sebenarnya itu adalah petunjuk penting bahwa Doctor Strange tengah dipersiapkan untuk memimpin Avengers selanjutnya. Jika kita perhatikan, semua pemimpin Avengers sebelumnya pasti adalah karakter yang berani untuk melanggar aturan dan bertentangan dengan cara “aman” demi kebaikan yang lebih besar. Di mana Nick Fury, Iron Man, dan Captain America mempunyai persamaan tersebut. Dan kesalahan Doctor Strange yang membantu Spider-Man adalah salah satu perwujudan bahwa dia berani melanggar aturan demi kebaikan para superhero lain.

Itulah pembahasan mengenai alasan mengapa Doctor Strange sangat cocok menjadi pemimpin Avengers selanjutnya. Terlepas dari teori yang kita bahas kali ini, sinopsis Doctor Strange in the Multiverse of Madness bahkan menuliskan bahwa “Doctor Strange diharapkan untuk memainkan peran penting sebagai tokoh sentral di Avengers”. Cukup jelas bahwa Marvel tengah mempersiapkan sesuatu yang “spesial” terkait Avengers dan Doctor Strange. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.