Avengers adalah tim super Marvel yang terdiri dari berbagai macam superhero dengan kekuatan yang unik. Di antara para superhero yang terkenal kuat dan genius, ada sebagian kecil yang terkenal karena kemampuan sihirnya, dan Doctor Strange adalah salah satunya yang paling populer. Sebagai penyihir Mystic Art dan Sorcerer Supreme, kiprah Strange sudah tidak diragukan lagi di Marvel Universe dan Avengers. Namun, sebenarnya ada penyihir lain yang juga pernah bergabung dengan Avengers, yaitu Doctor Druid.

Meskipun Strange pernah diceritakan menjadi pendiri sekaligus pemimpin tim super Marvel lainnya, termasuk Midnight Sons dan Secret Defender, tetapi dia tidak pernah diceritakan memimpin Avengers utama. Berbeda dengan Doctor Druid yang diingat penggemar sebagai salah satu pemimpin Avengers yang berpengaruh, dilihat dari sisi negatif. Doctor Druid adalah salah satu mantan pemimpin sekaligus pengkhianat paling dibenci dalam sejarah Avengers. Untuk lebih mengenal siapa sebenarnya Doctor Druid ini, mari kita bahas lebih dalam karakternya, Geeks.

Keturunan Penyihir

Mempunyai nama asli Anthony Ludgate, Doctor Druid adalah seorang genius yang menamatkan gelar masternya sebagai ahli psikologi dan psikiater di Universitas Harvard. Diciptakan oleh Larry Lieber, Jack Kirby, dan Steve Ditko, Doctor Druid melakukan debut komiknya di Amazing Adventures #1 yang dirilis pada tahun 1961 sebagai Doctor Droom. Doctor Druid adalah seorang keturunan penyihir Druid, itulah mengapa dia menghabiskan waktunya untuk berpetualang dan mendalami ilmu okultisme, demi mendapatkan kesaktian seperti para leluhurnya.

Dalam salah satu petualangannya, Doctor Druid pernah bertemu dengan Ancient One yang pada saat itu masih Sorcerer Supreme. Ancient One yang menyadari potensi sihir Doctor Druid kemudian mengangkatnya menjadi murid dan melatihnya sebagai seorang penyihir Mystic Art. Pada akhirnya terungkap bahwa hal tersebut sengaja dilakukan oleh Ancient One karena ingin mempersiapkan Doctor Druid sebagai “cadangan” Doctor Strange, jaga-jaga jika Doctor Strange mati dan tidak ada penerus Sorcerer Supreme. Dan berkat garis keturunan leluhurnya, konon kesaktian Doctor Druid hampir menyamai Ancient One.

Pemimpin Avengers yang Berkhianat

Setelah berkiprah cukup lama sebagai penyihir Marvel yang digambarkan sebagai superhero, Doctor Druid kemudian bergabung dengan Avengers di komik Avengers #294 yang dirilis pada tahun 1988, jauh lebih dahulu dari Doctor Strange yang baru secara resmi bergabung dengan Avengers pada tahun 2007. Pada titik inilah, Doctor Druid mulai mendapatkan banyak perhatian dari para penggemar Marvel, khususnya setelah para Avengers mengangkatnya menjadi pemimpin karena kesaktiannya sebagai penyihir.

Banyak penggemar yang bertanya-tanya mengapa Marvel menjadikan Doctor Druid menjadi pemimpin Avengers, padahal dia sama sekali tidak populer dan juga tidak menarik. Apalagi, meskipun Doctor Druid sangat sakti, dia beberapa kali terlihat kesulitan menangkal kekuatan pengendali pikiran dari para penjahat. Seiring berjalannya waktu, karakter Doctor Druid digambarkan sebagai seseorang yang serakah akan kekuatan, meninggalkan beberapa moral superhero yang sebelumnya dia pegang.

Akhirnya terungkap bahwa Doctor Druid berada dalam pengaruh villain penjelajah waktu bernama Ravonna alias Kang Nebula, yang membuatnya sengaja bergabung dengan Avengers untuk kemudian menghancurkannya dari dalam. Terungkap juga bahwa selama ini Doctor Druid perlahan-lahan membuat semua orang percaya bahwa dirinya bisa menjadi ketua Avengers, dengan sengaja melemahkan psikis pemimpin Avengers sebelumnya, yaitu Captain Marvel.

Setelah mengontrol Avengers, Doctor Druid dan Kang Nebula kemudian memerintahkan para Avengers untuk mencari senjata pamungkas milik Dreaming Celestial yang konon bisa mengamankan time bubble (wilayah kekuasaan timeline) milik Kang Nebula. Dalam prosesnya, Kang yang asli justru datang dan mengalahkan Kang Nebula, Doctor Druid, dan para Avengers-nya, membuat Kang Nebula dan Doctor Druid tersedot ke dalam arus waktu dan mengambang selama berbulan-bulan.

Hampir Setara Doctor Strange

Dari segi kekuatan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Doctor Druid mempunyai darah penyihir Druid yang membuatnya mudah untuk beradaptasi dengan sihir, membuatnya berkembang dengan cukup cepat. Dengan potensi dasarnya tersebut, Ancient One bahkan menjadikannya cadangan Doctor Strange, yang secara tidak langsung menegaskan bahwa Doctor Druid setara dengan Doctor Strange. Salah satu sihirnya yang sakti adalah manipulasi suara, yang memungkinkan dia untuk berpindah tempat secepat suara.

Selain itu, Doctor Druid juga mempunyai kekuatan sihir Marvel pada umumnya seperti telekinesis dan hipnotis. Untuk bertarung dengan tangan kosong, Doctor Druid juga menguasai seni bela diri Judo. Dengan kemampuan yoganya, dia juga bisa mengendalikan tubuhnya sampai ke tingkat di mana Doctor Druid bisa memperkuat otot-ototnya, terbukti ketika tubuhnya kebal ditembak senjata api.

Sihir lainnya yang cukup unik adalah telepati, yang memungkinkan dia bukan hanya mengendalikan manusia, tetapi juga mengendalikan semua makhluk hidup, dari mulai tanaman sampai binatang, begitu juga dengan beberapa elemen alam yang biasa dipraktekan oleh para penyihir Druid. Kelemahannya sendiri cukup menggelikan, sihir Doctor Druid akan melemah jika dia berada di sekitar besi.

Di Mana Dr. Druid Sekarang?

Setelah lama menghilang, dalam salah satu cerita Marvel Comics, Doctor Druid diceritakan kembali hanya untuk diperlihatkan dibunuh secara tragis oleh anti-hero Daimon Hellstorm. Tubuhnya dimasukan ke dalam tempat sampah yang dibakar oleh api neraka, membuat para penggemar merasa bahwa hal tersebut adalah hukuman baginya karena telah berkhianat pada Avengers.

Yang paling terbaru, Doctor Druid muncul di komik Dr. Strange: Surgeon Supreme yang dirilis pada tahun 2020 lalu. Kali ini dia digambarkan sebagai sosok yang sudah bertobat, memberikan bantuan pasif kepada Doctor Strange saat dia melawan para villain. Dan tampaknya dia juga tidak telalu tertarik lagi pada dunia sihir, karena sekarang Doctor Druid lebih fokus terhadap pekerjaan tetapnya sebagai administrator di rumah sakit tempat Strange bekerja sebagai ahli bedah saraf.

Itulah pembahasan karakter Doctor Druid di Marvel Universe, yang terkenal sebagai pengkhianat Avengers. Memulai kariernya sebagai seorang superhero, perjalanan hidupnya mulai mendapatkan banyak kebencian ketika dia bergabung dengan Avengers karena dikendalikan oleh Kang Nebula. Dengan kesempatan kedua sebagai seorang administrator rumah sakit, semoga saja Doctor Druid mendapatkan pintu maaf dari para Avengers dan juga penggemar, menjadikan hidupnya jauh lebih tenang dari sebelumnya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.