Seri One Piece sudah berjalan selama lebih dari dua dekade. Selama waktu tersebut Eiichiro Oda tentunya sudah banyak menghadirkan pertarungan dan pertempuran dalam ceritanya. Sebagian dari pertarungan atau pertempuran tersebut memiliki skala yang sangat epik. Contohnya adalah pertarungan yang terjadi saat ini di arc Wano Country antara Luffy melawan Kaido.

Namun, ada juga beberapa pertarungan yang dianggap sangat emosional oleh para fans. Pertarungan tersebut bukan hanya tentang bagaimana dua karakter saling serang atau pun saling beradu kekuatan. Ada juga unsur emosional yang muncul dalam pertarungan tersebut. Berikut adalah beberapa pertarungan paling emosional dalam seri One Piece sejauh ini. Apa saja?

Whitebeard vs Akainu

Pertarungan antara Whitebeard melawan Akainu terjadi dalam perang puncak di Marineford, di mana saat itu Whitebeard dan seluruh krunya berusaha untuk menyelamatkan Ace dari eksekusi mati angkatan laut. Meskipun pertarungannya singkat dan bukan benar-benar sebuah pertarungan, karena kita melihat bagaimana Whitebeard harus takluk setelah terus menerus menerima serangan.

Momennya sendiri terjadi di akhir pertempuran, setelah Ace kehilangan nyawanya dari Akainu saat dia berusaha melindungi Luffy. Melihat bagaimana Whitebeard, Luffy, dan yang lain bertarung demi menyelamatkan Ace, momen tersebut benar-benar sangat menyentuh. Meskipun Whitebeard marah dan mengerahkan semua kekuatannya saat tahu Ace tewas, kondisi fisiknya tidak mampu menahan semua serangan yang mengarah kepadanya.

Luffy vs Rob Lucci

Pertarungan antara Luffy melawan Lucci terjadi di arc Enies Lobby. Arc ini sering kali dianggap sebagai arc terbaik di seri One Piece, karena para fans bisa merasakan emosi yang begitu mendalam bagaimana kru Topi Jerami berjuang demi Nico Robin dan juga Franky. Salah satu bentuk perjuangan tersebut adalah ketika Luffy bertarung melawan pemimpin CP-9, Rob Lucci.

Pertarungan ini menjadi emosional karena Luffy pada awalnya kalah dan terlihat tidak sanggup menghadapi kekuatan Lucci. Namun, Luffy mengingat bagaimana tekad Nico Robin untuk hidup yang membuatnya kembali bangkit dari kekalahan. Setiap kali Lucci berhasil membuat Luffy takluk, Luffy selalu berhasil kembali bangkit sampai akhirnya dia menang.

Zoro vs Mihawk

Seperti yang diketahui, Zoro selalu ingin menjadi sosok ahli pedang terhebat di dunia. Dan untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Zoro perlu mengalahkan sosok yang sedang memegang titel tersebut, Dracule Mihawk. Zoro sempat bertemu dengan Mihawk di arc Barattie. Dalam pertemuan ini, Zoro pun menantang Mihawk untuk bertarung, yang mana hasilnya bisa ditebak yaitu Mihawk menang dengan mudah.

Zoro sendiri akhirnya kalah dari Mihawk. Yang menjadi emosional adalah bagaimana kemudian Zoro berjanji pada dirinya sendiri untuk tidak lagi kalah dalam pertarungan. Hal itu demi mewujudkan janjinya kepada Kuina. Melihat hal tersebut, Mihawk pun seolah memberikan kesempatan kedua bagi Zoro untuk bisa bangkit dan kembali berlatih dengan tidak membunuhnya.

Luffy vs Usopp

Ini merupakan salah satu pertarungan paling emosional yang hadir dalam seri One Piece. Pertarungan antara kru dan kapten ini terjadi ketika Usopp merasa bahwa Luffy – dan yang lain – tidak pernah peduli terhadap nasib kapal yang mereka naiki, Going Merry. Sampai kemudian Merry dianggap tidak bisa lagi dibawa untuk berlayar. Luffy pun memutuskan untuk melanjutkan petualangan tanpa Merry.

Hal inilah yang membuat Usopp marah terhadap Luffy dan akhirnya menantang Luffy untuk bertarung. Meskipun Usopp tahu bagaimana membuat Luffy masuk dalam perangkapnya, dan bagaimana Usopp menggunakan semua alat untuk membantunya, tetapi hal itu tidak cukup untuk membuatnya menang. Usopp pada akhirnya kalah dan tidak sadarkan diri. Luffy sendiri sebenarnya tidak sanggup menahan air matanya, meskipun Zoro sudah menguatkan Luffy. Luffy juga tidak merasa menang dalam pertarungan tersebut.

Luffy vs Sanji

Pertarungan Luffy dan krunya bukan hanya sekali terjadi. Luffy juga pernah bertarung menghadapi krunya yang lain, Sanji, dalam arc Whole Cake Island. Pertarungan antara Sanji melawan Luffy terjadi karena Sanji terpaksa melakukannya, demi melindungi Luffy dan yang lain. Sanji ditekan agar mau menikahi Pudding. Karena, jika tidak, Big Mom akan menghancurkan seluruh krunya.

Meskipun Sanji sudah mengusir Luffy, tetapi Luffy tidak peduli. Pada akhirnya, pertarungan pun tidak terhindarkan. Tetapi, Luffy menolak menghajar balik Sanji, karena dia tahu kesedihan dan rasa sakit yang dialami Sanji. Saat Sanji mengetahui semua rencana Big Mom, Sanji pun akhirnya kembali untuk menemui Luffy dan kembali bergabung bersamanya. Sanji dan Luffy pun kemudian kabur dari Totto Land bersama-sama.

Dari sekian banyak pertarungan yang dihadirkan dalam seri One Piece, sebagian diantaranya menghadirkan elemen lainnya yang membuat pertarungan tersebut menjadi emosional. Dan biasanya, setiap kali pertarungan emosional terjadi, hal tersebut menjadi penanda penting dalam narasinya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah akan ada pertarungan emosional lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.