Monkey D. Luffy adalah sosok protagonis utama dalam seri One Piece yang mulai berlayar pada usianya yang masih muda, yaitu sekitar 17 tahun. Tujuannya sendiri adalah mencari One Piece, harta karun yang ditemukan oleh Gol D. Roger sebelumnya di pulau terakhir, Laugh Tale, dan juga kemudian menjadi raja bajak laut.

Sebagian besar masa kecil dari Luffy dihabiskan bersama kedua saudaranya, Ace dan Sabo. Luffy hampir tidak memiliki interaksi dengan keluarganya – terutama kedua orang tuanya – kecuali sang kakek, Monkey D. Garp. Meskipun Garp tidak secara langsung merawat dan membesarkan Luffy, nyatanya ada berbagai hal menarik dan luar biasa yang Garp wariskan kepada Luffy. Apa saja?

Kekuatan Fisik Yang Dahsyat

Rasanya semua Geeks tahu seberapa dahsyat kekuatan fisik dari Monkey D. Garp. Meskipun usianya sudah tidak lagi muda, kekuatannya masih sama mengerikannya dengan dia muda dahulu. Saat dia masih muda, diketahui bahwa Garp mampu menghancurkan delapan gunung hanya untuk pemanasan dan mempersiapkan dirinya menghadapi Don Chinjao, salah satu bajak laut terkuat. Kekuatan Don Chinjao diketahui sanggup menahan kekuatan dari Kaido.

Dan pada saat pertarungan, Garp pun mampu mengalahkan Chinjao dengan mudah. Garp bahkan membengkokan kepala kepala Chinjao. Saat ini, Luffy sendiri sudah memperlihatkan kekuatan fisik yang sangat mengerikan. Bisa dilihat dari berbagai situasi dan kejadian yang dihadirkan, Luffy mampu bertahan hidup dan menang. Luffy bahkan bisa bertahan dari racun Magellan, dan bahkan mampu bertarung dengan Kaido secara seimbang. Kekuatan itulah yang diwariskan turun temurun dari Garp.

Memiliki Kekuatan Haki Yang Dahsyat

Selain kemampuan fisik yang luar biasa, Garp juga diketahui memiliki kekuatan fisik yang dahsyat, terutama Armament Haki. Kemampuan Haki dari Garp ini bahkan sanggup menghancurkan hampir apa pun, dan berhasil mengalahkan siapa pun. Garp sering kali hampir berhasil mengalahkan atau menangkap Gol D. Roger dalam pertarungan, berkat Haki miliknya ini.

Garp juga bahkan berhasil mengalahkan bajak laut terkuat, Rocks D. Xebec, dalam insiden God Valley. Luffy sendiri memang pada awalnya tidak tahu bahwa dirinya mewarisi kekuatan Haki yang dahsyat, sampai kemudian Rayleigh melihat potensi tersebut di dalam diri Luffy. Dalam momen time-skip, Rayleigh pun kemudian mengajarkan Luffy seluruh teknik Haki. Dan saat ini, Luffy sudah menguasai hampir semua jenis Haki, bahkan dia pun mampu menggunakan Haki tingkat lanjut. Karena sang kakek memiliki Haki dahsyat, maka wajar jika sang cucu juga memiliki Haki dahsyat.

Mencetak Sejarah

Monkey D. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam seri ini. Sejak dia masih menjadi angkatan laut muda, sudah banyak peristiwa penting yang dia lakoni. Salah satunya adalah peristiwa paling rahasia, yaitu insiden God Valley. Sekitar 38 tahun lalu, di sebuah pulau yang disebut God Valley, Garp bertarung bersama Gol D. Roger untuk menghadapi bajak laut paling kejam dan mengerikan, Rocks D. Xebec.

Berkat kerja sama tersebut, Rocks berhasil dikalahkan. Garp sendiri kemudian diberikan gelar “pahlawan angkatan laut.” Luffy pun saat ini sedang mencetak sejarahnya sendiri, dan sudah ada beberapa hal besar yang membuat Luffy akhirnya diakui oleh pihak pemerintah. Contohnya adalah bagaimana Luffy mengalahkan Shichibukai, kemudian bagaimana dia menantang pihak Pemerintah Dunia, ikut bertempur dalam perang besar, dan saat ini dia sedang berusaha mengalahkan makhluk paling kuat di dunia.

Tidak Pernah Takut Siapapun

Satu hal yang membuat Garp menjadi sosok karakter dahsyat dan paling dikagumi adalah bagaimana dia tidak pernah takut untuk menghadapi siapapun. Dia tidak pernah khawatir berhadapan dengan Whitebeard, atau pun jika harus berhadapan dengan Gol D. Roger. Bahkan, dalam insiden God Valley kita mengetahui bagaimana Garp berhadapan dengan sosok bajak laut mengerikan Rocks.

Hal ini pun sepertinya diwarisi juga oleh Luffy. Satu hal yang bisa menggambarkan sosok Luffy adalah bagaimana dia tidak pernah takut menghadapi siapa pun. Luffy bisa dikatakan sanggup bertahan dari situasi berbahaya apa pun, dan level kepercayaan diri Luffy juga sangatlah tinggi. Hal ini bisa dilihat saat Luffy mengatakan kepada Big Mom bahwa dialah yang akan menjadi raja bajak laut dan dia juga mengatakan bahwa pulau manusia ikan adalah wilayah kekuasaanya.

Bagaimana Luffy Menilai Kebebasan

Sosok Luffy sangat menyukai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan. Bahkan, tujuan dari Luffy menjadi bajak laut dan menemukan One Piece sebenarnya tidak ada kaitannya dengan popularitas atau apa pun. Luffy meyakini bahwa menjadi raja bajak laut adalah menjadi orang yang paling bebas di dunia. Dan Luffy sangat menginginkan hal itu.

Dan sepertinya warisan tentang nilai kebebasan ini berkembang di keluarga Monkey. Ayahnya, Monkey D. Dragon, adalah pemimpin Pasukan Revolusi yang membantu berbagai wilayah untuk merebut kembali kemerdekaan atau kebebasan mereka. Garp sendiri, meskipun dia adalah angkatan laut, sangat menjunjung tinggi nilai kebebasan versinya sendiri.

Saat pertama kali diperkenalkan dalam ceritanya, para fans dibuat terkejut dengan semua hal yang istimewa dan luar biasa dari Luffy. Mereka bertanya dari mana asal semua kekuatan tersebut, sampai kemudian kita diperkenalkan informasi keluarga Luffy, terutama tentang ayahnya dan kakeknya, Garp. Dari sanalah para fans mulai paham semua “warisan” yang ada di dalam diri Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.