Seluruh cerita dalam seri Naruto berfokus pada dunia dari para shinobi dan juga berbagai Jutsu atau teknik yang mereka kuasai. Ada berbagai Jutsu dahsyat yang sudah dihadirkan di serinya, mulai dari Jutsu yang hanya dimiliki oleh klan tertentu atau chakra tertentu, sampai pada jumlah chakra yang dimiliki oleh seorang shinobi.

Tidak heran jika kemudian jumlah Jutsu atau teknik ninja ini jumlahnya ada banyak. Namun, meskipun ada banyak Jutsu yang sangat luar biasa yang membuat para fans tergila-gila dengan teknik tersebut, ada juga teknik hebat yang disadari atau tidak terdapat kelemahan di dalamnya. Berikut adalah deretan Jutsu hebat yang ternyata memiliki kelemahan.

Rasenshuriken

Rasenshuriken adalah sebuah Jutsu atau teknik ninja yang dikembangkan oleh Uzumaki Naruto. Pada dasarnya, teknik ini merupakan Rasengan yang kemudian dibentuk oleh Naruto menjadi bentuk shuriken besar. Jika Rasengan biasa saja bisa sangat mematikan, maka bisa dipastikan bahwa Rasenshuriken memberikan efek yang jauh lebih dahsyat lagi kepada musuh.

Sayangnya, teknik yang dihadirkan untuk serangan jarak jauh ini memiliki kelemahan. Salah satu yang paling kritis adalah ketika serangan tersebut gagal mengenai targetnya. Jika kemudian penggunanya gagal mengenai target, maka mereka akan kehilangan sejumlah besar chakra, mengingat untuk membuat Rasengan dan membentuknya menjadi Rasenshuriken membutuhkan jumlah chakra yang besar.

Shinra Tensei

Shinra Tensei atau Universal Push merupakan salah satu Jutsu paling hebat dan paling dahsyat yang ada di seri Naruto. Salah seorang karakter yang diketahui pernah menggunakan teknik ini adalah Pain. Anggota Akatsuki tersebut menggunakan Shinra Tensei untuk menghancurkan seluruh desa Konoha. Tetapi, terdapat sebuah kelemahan besar yang muncul dari teknik Shinra Tensei.

Kelemahan tersebut adalah dibutuhkan waktu sekitar 5 detik bagi penggunanya untuk kembali mengaktifkan Jutsu ini setelah digunakan sebelumnya. Jeda lima detik tersebut mungkin terdengar biasa dan tidak nampak sebagai kelemahan, tetapi bagi para shinobi yang mengandalkan kecepatan, jeda 5 detik cukup untuk bisa membalikan keadaan.

Amenominaka

Amenominaka merupakan teknik teleportasi dan serangan beruntun yang dimiliki oleh Kaguya Otsutsuki. Jutsu ini benar-benar membuat lawan siapa pun kalah dengan mudah. Mereka yang terjebak dalam dimensi tersebut hampir tidak bisa berbuat banyak, sebelum kemudian serangan bertubi-tubi muncul menghantam mereka.

Meskipun terdengar mengerikan, kelemahan yang spesifik dari Jutsu ini adalah Kaguya, yang notabene adalah penggunanya, juga terkena efek dari Jutsunya. Butuh waktu yang tidak sebentar bagi Kaguya untuk kemudian bisa menyesuaikan diri dengan dimensi yang dia datangi. Hal ini tentunya bisa memberikan waktu bagi musuh untuk melakukan serangan balik.

Izanagi dan Izanami

Izanagi dan Izanami adalah dua teknik terkuat yang dimiliki oleh klan Uchiha. Izanagi adalah sebuah teknik di mana penggunanya bisa mewujudkan apa yang ada dalam pikiran penggunanya, untuk mencegah kematian. Sementara Izanami adalah sebuah teknik di mana penggunanya akan menjebak dan mengurung musuhnya di dalam pikiran mereka.

Namun, meskipun terdengar sempurna, kedua tekniknya juga memiliki kelemahan. Setelah menggunakan salah satu teknik tersebut, penggunanya akan kehilangan salah satu matanya. Hal ini diperlihatkan ketika danzo bertarung melawan Sasuke, di mana Danzo terus kehilangan semua Sharingan yang dia miliki setelah terus menerus menggunakan Izanagi. Dalam pertarungan Itachi dan Sasuke melawan Kabuto, Itachi harus kehilangan salah satu matanya setelah menjebak Kabuto dengan teknik Izanami.

Chibaku Tensei

Chibaku Tensei atau Planetary Devastation merupakan salah satu Jutsu paling kuat yang ada di seri Naruto. Jutsu ini pertama kali digunakan oleh sang Sage Six Path Hagoromo Otsutsuki dan juga adiknya, Hamura Otsutsuki. Naruto dan Sasuke kemudian melakukan hal yang sama terhadap target yang sama, Kaguya Otsutsuki. Teknik ini membuat Kaguya tersegel untuk waktu yang lama.

Sasuke kemudian menggunakan teknik ini untuk menyegel para monster berekor untuk mencuri chakra mereka. Jutsu mengerikan ini juga memiliki satu kelemahan, yaitu “planet” atau bulan yang tercipta dari Jutsu ini bisa dihancurkan dengan sebuah serangan jarak jauh yang sangat kuat.

Jutsu atau teknik ninja diciptakan untuk berbagai tujuan, namun tentunya yang paling utama adalah membantu para shinobi untuk memenangkan pertarungan menghadapi musuhnya. Meskipun begitu, ada konsekuensi atau kelemahan dari Jutsu yang mereka gunakan, yang mana membuat mereka harus dengan cermat memperhitungkan kelemahan tersebut, agar tidak menjadi bumerang bagi mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.