Pada chapter 793 di seri One Piece kita melihat bagaimana Aokiji alias Kuzan memutuskan untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Hal ini tentunya membuat para fans terkejut, mengingat Aokiji merupakan mantan admiral angkatan laut. Sebagai seorang admiral, seharusnya dia yang menjadi pemimpin dalam memberantas bajak laut. Namun, sekarang, dia justru bergabung dengan mereka.

Bergabungnya Kuzan ke kelompok bajak laut Blackbeard disebabkan karena ketidak puasanya terhadap sistem di angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Seperti yang diperlihatkan dalam cerita, Kuzan merupakan salah satu kandidat yang diajukan untuk menjadi pengganti Sengoku sebagai Fleet Admiral. Namun, dia kemudian harus bertarung demi jabatan tersebut ketika Sakazuki juga menjadi kandidat lainnya.

Kuzan dan Sakazuki akhirnya bertarung selama 10 hari tanpa henti di pulau Punk Hazard. Efek dari pertarungan mereka luar biasa dahsyat, di mana wilayah tersebut terbagi menjadi dua “bagian” yaitu panas dan dingin. Selain itu, pertarungan mereka pun dimenangi oleh Sakazuki. Tidak puas dengan hasilnya dan juga tidak mau menjadi bawahan Sakazuki, Kuzan pun memutuskan mundur dari angkatan laut dan bergabung dengan kelompok Blackbeard.

Mengapa kemudian Kuzan bergabung dengan kelompok Blackbeard? Untuk saat ini, memang semua jawaban tersebut masih menjadi sebuah misteri. Kita masih belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi alasan Kuzan mau bergabung dengan Blackbeard. Tetapi, bisa jadi Kuzan memiliki agendanya sendiri. Ada beberapa hal lainya juga yang mungkin menjadi alasan Kuzan bergabung dengan Blackbeard.

Pertama, Kuzan tidak setuju dengan semua sistem yang ada. Kuzan beranggapan bahwa filosofi keadilan absolut adalah sesuatu yang tidak bisa dibenarkan. Apalagi banyak orang yang tidak bersalah yang kemudian menjadi korbannya. Peristiwa Ohara menjadi contoh nyata dari hal tersebut.

Alasan kedua, ucapan Don Chinjao di chapter 719 yang menyebutkan bahwa Blackbeard adalah satu-satunya Worst Generation yang dianggap mampu untuk menjadi raja bajak laut selanjutnya, mungkin menjadi pertimbangan lain juga mengapa Kuzan bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Kuzan mungkin meyakini apa yang diucapkan oleh Chinjao tersebut.

Kuzan mungkin meyakini bahwa Blackbeard akan mencapai pulau Laugh Tale dan menemukan One Piece. Dengan berhasil menemukan One Piece, artinya dia akan mengetahui rahasia besar yang selama ini ditutup-tutupi oleh pihak Pemerintah Dunia tentang apa yang terjadi di dunia ini, seperti apa yang terjadi saat abad yang hilang.

Selain dua alasan di atas, bisa jadi juga bergabungnya Kuzan ke kelompok Blackbeard terkait dengan teori yang banyak berkembang di kalangan fans. Dalam teorinya disebutkan bahwa Kuzan mungkin memiliki koneksi dengan pihak Pasukan Revolusi. Dan dengan bergabungnya Kuzan ke kelompok Blackbeard, dia tentu bisa menggali informasi sebanyak mungkin tentang Blackbeard.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Blackbeard sempat menyerang markas Pasukan Revolusi di Baltigo. Masih belum diketahui apa yang menyebabkan mereka menyerang Pasukan Revolusi, tetapi mungkin Blackbeard ingin menaikan namanya di lautan. Blackbeard tentunya sudah mempersiapkan semuanya, dan hal ini bisa Kuzan ambil sebagai sumber informasi yang kemudian disampaikan kepada Dragon dan yang lain.

Namun, dengan bergabungnya Kuzan dengan kelompok Blackbeard apakah artinya Kuzan adalah sosok yang jahat? Jika melihat dari sosok dan sifat Kuzan, dia bukanlah karakter yang jahat. Justru, seperti disebutkan di atas, dia adalah sosok yang lebih menjunjung tinggi keadilan berdasarkan hati nurani. Hal ini bisa dilihat saat peristiwa Ohara puluhan tahun silam.

Dalam peristiwa tersebut, Kuzan benar-benar terkejut dan tidak menyangkan bahwa Sakazuki akan tega menghancurkan semua penduduk Ohara dalam serangan Buster Call. Dan bagaimana dia membiarkan Nico Robin untuk hidup dan membuktikan dirinya pantas untuk hidup serta mendapatkan sosok yang layak untuk melindunginya, menjadi bukti bagaimana Kuzan bukanlah sosok yang jahat meskipun dia bergabung dengan Blackbeard.

Kuzan kemungkinan hanya ingin semua kengerian yang dihadirkan Pemerintah Dunia dan angkatan laut bisa dihentikan, dengan terungkapnya rahasia besar yang selama ini mereka simpan rapat-rapat. Jadi, kesimpulannya adalah mundurnya Kuzan dari angkatan laut merupakan bentuk dari kekecewaannya terhadap sistem di angkatan laut.

Dan bagaimana kemudian dia memutuskan untuk bergabung dengan Blackbeard juga sepertinya memiliki tujuan tertentu, yang masih dirahasiakan. Tetapi, kemungkinan agenda tersebut ada kaitannya dengan sang bajak laut. Menarik untuk kita nantikan apakah Kuzan kemudian akan mengkhianati Blackbeard suatu saat nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.