Dunia animasi Jepang mungkin lebih banyak dikenal di seluruh penjuru dunia sebagai sebuah dunia yang penuh dengan warna, cerita heroik, persahabatan, atau cinta. Wajar memang, karena mayoritas seri yang populer memiliki genre shonen. Contohnya adalah One Piece, Boruto: Naruto Next Generation, atau bahkan Dragon Ball Super. Seri-seri tersebut membawa kesuksesan industri anime ke mata dunia.

Tetapi, seperti halnya dalam industri film, sebenarnya yang populer dari dunia animasi Jepang bukan hanya seri yang bergenre Shonen. Ada juga genre-genre lainnya yang tidak kalah populer, dan salah satunya adalah genre horor. Dengan bentuknya yang berupa animasi, seri bergenre horor ini tidak kalah menyeramkan dengan versi live-action. Berikut adalah seri anime horor yang bikin merinding.

The Promise Neverland

The Promise Neverland mungkin tidak terlalu seram jika dibandingkan dengan seri anime horor lainnya yang ada di daftar ini. Juga, mungkin seri ini tidak menghadirkan adegan kekerasan penuh darah, yang biasanya hadir dalam genre horor. Namun, yang membuat serinya mengerikan adalah tensi cerita, atmosfer yang dibangun, dan juga berbagai ekspresi mengerikan lainnya.

Serinya sendiri berkisah tentang sebuah panti asuhan di mana anak-anak diasuh dan dibesarkan untuk kemudian menjadi korban persembahan. Emma, Ray, dan Norman adalah tiga anak yang berusaha bertahan hidup dan kabur dari tempat tersebut. Dari ide ceritanya sendiri bisa dibilang serinya sudah sangat menyeramkan.

Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul merupakan salah satu seri anime seinen atau dewasa yang cukup populer di dunia. Serinya sendiri berkisah tentang seorang monster-monster pemakan manusia yang hidup dan tinggal bersamaan dengan manusia lainnya di Tokyo. Dengan menyamar menjadi manusia biasa, para monster ini menghabisi korban-korbannya dengan sesuatu berbentuk tajam dan tipis yang disebut Kagune.

Ken Kaneki, protagonis utama di serinya, harus menerima fakta bahwa sosok yang dia kencani ternyata adalah sosok monster yang berusaha untuk memakan dirinya. Seri Tokyo Ghoul sendiri menghadirkan banyak momen-momen mengerikan penuh darah. Misalnya momen di mana korbannya disiksa secara kejam atau ketika korbannya dimakan hidup-hidup.

Another

Kehidupan dari Koichi Sakakibara benar-benar sangat berantakan, apalagi kehidupannya di sekolah. Mulai dari kesulitan berinteraksi dengan yang lain, sampai kesulitan belajar dan mendapatkan nilai bagus. Dan yang lebih parahnya lagi, ternyata kelasnya menjadi kelas yang terkutuk. Hal ini terjadi setelah seorang siswa populer bernama Misaki, tewas pada 1972.

Semenjak saat itu, berbagai kejadian aneh, menyeramkan, dan bahkan mematikan terus terjadi di kelas tersebut. Contohnya adalah ketika ada seorang rekan dari Koichi yang tiba-tiba saja terjatuh dari jendela dan kemudian tewas. Serinya mungkin menghadirkan formula cerita klasik horor tentang kutukan, tetapi adegan kematian yang mengejutkan dan atmosfer cerita serta misteri yang dihadirkan benar-benar membuat bulu kuduk berdiri.

Corpse Party: Tortured Souls

Rasanya dari judul serinya pun kita sudah tahu kengerian apa yang akan dihadirkan dalam serinya. Inti ceritanya sendiri tidak berbeda dengan Another, di mana terdapat sebuah sekolah yang harus dikutuk atas kematian seseorang sebelumnya. Dan ada beberapa murid di sekolah tersebut yang harus mengalami berbagai nasib sial.

Yang menjadi poin utama dalam serinya adalah bagaimana para penonton akan disuguhkan oleh berbagai kematian yang brutal dan juga mengerikan, dan sama sekali tidak terbayangkan. Dan yang patut untuk dicatat adalah para karakter utamanya bukanlah murid SMA atau SMP, melainkan murid Sekolah Dasar. Yang juga unik dari serinya adalah serinya hanya memiliki empat episode.

Parasyte – The Maxim –

Jika biasanya kebanyakan cerita horor bergantung pada unsur supranatural atau hal klasik lainnya seperti pembunuh berantai yang misterius, seri Parasyte – The Maxim – menghadirkan sesuatu yang mengerikan yaitu teror yang berdasarkan fiksi ilmiah. Selain itu, serinya juga lebih banyak menghadirkan adegan aksi dibandingkan seri yang ada di daftar ini.

Mulai dari mutasi aneh seperti tangan yang bisa berbicara, sampai pada kepala yang mampu membelah dan memperlihatkan mata, gigi, dan bahkan pedang, seri ini menyuguhkan sisi horor dari penggunaan tubuh karakternya. Serinya sendiri bercerita tentang invasi alien parasit di bumi, yang memiliki tujuan untuk bertelur dan berkembang biak di kepala manusia dan kemudian membuat tubuh mereka berubah drastis.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.