Kaido merupakan sosok villain utama yang sedang dihadapi oleh Luffy dan juga aliansinya dalam pertempuran di Onigashima dalam arc Wano Country. Kaido diketahui merupakan sosok yang bertanggung jawab atas hancurnya Wano, dan juga bagaimana menderitanya semua penduduk akibat Kaido yang merubah Wano menjadi sebuah wilayah industri. Upaya untuk melawan Kaido pernah dilakukan, tetapi gagal.

Terlepas dari bagaimana sosok Kaido begitu kejam dalam berkuasa di wilayah Wano, ada satu hal yang menarik yang diperlihatkan oleh karakter ini. Seperti yang diungkapkan dalam ceritanya, Kaido memiliki hobi yang mengerikan yaitu dia berusaha untuk mengakhiri hidupnya. Tetapi, karena kekuatan yang dia miliki, upaya mengakhiri nyawanya tersebut selalu gagal.

Para fans pun kemudian dibuat penasaran, apa yang sebenarnya membuat Kaido begitu bersikukuh untuk menghabisi dirinya sendiri. Apakah hal ini ada kaitannya dengan buah iblis yang dia konsumsi? Apakah ada kaitannya dengan Kekuatan yang dia miliki dalam dirinya? Dan chapter 1035 semakin mempertegas perubahan dalam diri Kaido.

Dalam chapter tersebut kita melihat kilas balik dari masa lalu King dan juga awal mula Kaido berencana membentuk kelompok bajak laut Beast. Yang menarik dari momen tersebut adalah ekspresi yang diperlihatkan oleh Kaido. Kaido nampak begitu senang, optimis, dan penuh percaya diri dengan mengatakan bahwa dialah satu-satunya orang yang bisa mengubah dunia.

Senyum lebar nampak terpampang jelas dari sosok Kaido, saat dia pergi dari fasilitas milik pemerintah di Punk Hazard bersama dengan King. Namun, ironisnya, saat ini justru kita melihat Kaido berbanding terbalik dengan apa yang diperlihatkan dahulu. Kaido diperlihatkan sebagai sosok yang senang mabuk, dan begitu terobsesi dengan kematiannya.

Hal ini tentunya memunculkan sebuah pertanyaan besar, apa yang membuat Kaido berubah drastis dari sosok yang begitu bersemangat dan ceria menjadi sosok yang pemabuk, penuh emosi, dan justru terobsesi dengan kematian? Kemungkinan sesuatu yang besar yang terjadi di dunia ini yang pada akhirnya merubah sosok Kaido secara drastis.

Ada kemungkinan sosok Gol D. Roger yang merubah sosok Kaido. Dialah yang merusak mimpi besar dari Kaido. Kaido memiliki mimpi untuk bisa menjadi raja bajak laut dan mengubah dunia. Tetapi, sayangnya, justru Roger yang terlebih dahulu mewujudkan mimpi dari Kaido tersebut dengan berhasil menemukan Laugh Tale dan One Piece.

Roger juga yang kemudian ditasbihkan sebagai raja bajak laut dan memulai era besar bajak laut (Geat Age of Pirates). Kaido pun kemudian mulai mempertanyakan apa yang kurang pada dirinya. Bukan tidak mungkin Kaido juga bertanya kepada Roger apa yang salah dan kurang dari dirinya. Apa pun jawaban Roger, hal tersebut benar-benar mengguncang Kaido yang mana pada akhirnya membuat Kaido berubah drastis seperti saat ini.

Sejak pertama kali diperkenalkan dalam ceritanya, sosok Kaido diperlihatkan sebagai sosok yang mengerikan dan juga penuh dengan ambisi yang jahat. Hal tersebut mungkin benar, jika kita berkaca pada masa sekarang. Tetapi, fakta sebenarnya, berdasarkan dari kilas balik King, kita bisa melihat bahwa Kaido tidak jauh berbeda dengan Monkey D. Luffy dan bajak laut lainnya yang memiliki impian besar dalam dirinya.

Mungkin hal ini juga yang disadari oleh King. King nampak begitu sedih saat mengingat kembali momen pertemuannya dengan Kaido. King sadar bagaimana Kaido begitu berubah drastis dari sosok yang penuh optimisme menjadi sosok yang senang akan kehancuran dan kekacauan. Terlepas dari hal tersebut, King nampaknya masih menaruh kepercayaan terhadap Kaido.

Hal ini diperlihatkan saat King mengatakan bahwa Kaidolah yang akan menjadi raja bajak laut. Hal ini seolah memberikan kita gambaran lain dari sosok Kaido, yang dihadirkan oleh Oda Sensei. Dan juga menarik untuk menantikan seperti apa cerita masa lalu dari Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.