Seperti yang kita ketahui, buah iblis dalam cerita One Piece merupakan salah satu sumber kekuatan dari para karakter yang ada di dalamnya. Contohnya adalah Monkey D. Luffy, yang punya kekuatan bisa memanjangkan tubuhnya seperti karet berkat kemampuan buah iblis Gomu Gomu. Masih belum diketahui dari mana asal buah iblis yang ada di seluruh serinya ini.

Satu hal yang pasti, buah iblis akan memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Yang menarik adalah meskipun buah iblis tersebut sudah dimakan oleh seseorang, kekuatan dari buah iblis tersebut ternyata bisa “diwariskan” kepada orang lainnya. Ada beberapa karakter yang mendapatkan kekuatan buah iblis berkat “warisan” dari karakter sebelumnya. Siapa saja?

Blackbeard

Marshall D. Teach alias Blackbeard dahulu merupakan bagian dari kelompok bajak laut Whitebeard. Sampai akhirnya, dia kemudian menjadi buronan setelah memakan buah iblis Yami Yami dan membunuh rekannya di kapal. Buah Yami Yami memberikan Blackbeard kekuatan kegelapan yang sangat dahsyat. Tetapi, bukan hanya itu kemampuan dari Blackbeard.

Dalam perang besar di Marineford, Blackbeard dan kru bajak lautnya sempat muncul di akhir pertempuran. Blackbeard kemudian mencuri buah iblis Gura Gura yang sebelumnya dimiliki oleh Blackbeard, yang mana hal itu membuat Blackbeard kini memiliki dua kekuatan buah iblis. Blackbeard pun menjadi satu-satunya orang yang mampu memiliki dua kekuatan buah iblis sekaligus.

Shiryu

Ame no Shiryu dahulunya adalah salah satu sipir di penjara paling mengerikan yaitu Impel Down. Shiryu adalah sipir yang menjaga penjara di paling bawah, yaitu level 6. Karena hobinya yang gemar membunuh tahanan, akhirnya Magellan pun memecatnya. Sampai suatu hari, ketika Blackbeard datang ke level 6 untuk mencari kru bajak lautnya, Shiryu pun bergabung dengan Blackbeard.

Sebenarnya pada awalnya Shiryu tidak memiliki kemampuan buah iblis apa pun, sampai kemudian dia membunuh Absalom dan mencuri buah iblisnya, Suke Suke no Mi. Setelah Absalom tewas, Blackbeard kemudian memindahkan kemampuan buah iblis tersebut ke dalam diri Shiryu. Berkat kemampuan ini, Shiryu pun mampu menghilang atau berkamuflase.

Sabo

Sabo, Ace, dan Luffy adalah saudara meskipun mereka bukan saudara kandung. Sejak kecil, ketiganya sudah bersama-sama. Ketiganya diurus oleh sosok Dadan dan para penjahat gunung. Sabo sendiri pada awalnya tidak memiliki kekuatan buah iblis, sampai kemudian dia mengonsumsi buah iblis Mera Mera. Buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk memanipulasi api.

Setelah Ace tewas, buah iblis Mera Mera sempat dimiliki oleh Doflamingo. Buah iblisnya kemudian menjadi hadiah dalam sebuah turnamen di Colosseum dalam arc Dressrosa. Sabo yang tahu akan hal ini, mencoba untuk bergabung dalam turnamen tersebut dengan menggunakan nama samaran Lucci. Beruntung, Sabo akhirnya bisa memakan buah iblis tersebut, dan dia menjadi “pewaris” dari kekuatan Ace.

Big Mom

Cerita tentang Charlote Linlin alias Big Mom tetang buah iblis yang dia miliki bisa dibilang sedikit unik. Big Mom memang sedari awal tidak memiliki kekuatan buah iblis, tetapi dia memiliki kekuatan fisik yang luar biasa dahsyat. Suatu hari, ketika dia sedang merayakan pesta ulang tahunnya, Big Mom tidak sengaja memakan sosok “ibunya” yaitu Mother Caramel. Mother Caramel sendiri memiliki kemampuan buah iblis Soru Soru, di mana dia bisa mengendalikan jiwa orang lain.

Insiden tersebut ternyata tanpa disadari membuat kemampuan buah iblis dari Mother Caramel berpindah ke tubuh Big Mom. Dan akhirnya, Big Mom pun mewarisi kekuatan Soru Soru no Mi sampai saat ini. Namun, ada banyak spekulasi di kalangan fans bahwa sebenarnya Mother Caramel masih hidup dan sebenarnya Mother Caramel yang mengendalikan tubuh Big Mom. Untuk hal ini, masih perlu konfirmasi lebih lanjut dari Oda Sensei.

Buah Iblis Lainnya?

Selain buah iblis yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa buah iblis lainnya yang diduga merupakan “warisan” dari pemilik sebelumnya. Yang pertama adalah Gomu Gomu no Mi. Diketahui bahwa buah iblis ini dicuri dari pihak Pemerintah Dunia oleh Shanks, sebelum kemudian dimakan secara tidak sengaja oleh Luffy. Dan banyak teori yang berkembang terkait dengan buah iblis ini.

Salah satunya adalah buah iblis ini merupakan buah iblis yang sempat dimiliki oleh Portgas D. Rogue, sehingga dia bisa hamil Ace untuk waktu yang lebih lama dari ibu hamil pada umumnya. Yang kedua, Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu. Buah iblis ini sekarang dimiliki oleh Kaido, yang mana dalam ceritanya diperlihatkan bahwa Big Mom yang kemudian memberikannya kepada Kaido pasca kekalahan di God Valley.

Tetapi, banyak teori yang kemudian menyebutkan bahwa buah iblis tersebut sebelumnya dimiliki oleh sang kapten, Rocks D. Xebec, sebelum kemudian Big Mom berhasil merebutnya dan memberikannya kepada Kaido. Inilah yang dicurigai para fans menjadi alasan mengapa Rocks mampu memimpin para anak buah yang memiliki kekuatan dahsyat.

Fakta bahwa kekuatan buah iblis ternyata bisa “diwariskan” kepada orang lain, menjadi salah satu elemen yang menarik yang muncul dalam seri One Piece. Mengingat mendapatkan buah iblis adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan, mewarisi kekuatannya mungkin bisa menjadi jalan untuk terus “menjaga” kekuatan tersebut. Contohnya seperti Sabo yang berusaha mendapatkan buah iblis milik saudaranya, Ace. Apakah akan ada buah iblis lainnya yang akan “diwariskan”? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.