Ras Lunarian dan King saat ini menjadi dua hal yang mendapatkan sorotan para fans One Piece. Hal ini dikarenakan dibeberkannya fakta tentang ras Lunarian bahwa mereka adalah ras para dewa, dan King adalah sosok terakhir dari ras tersebut. Sebelumnya, ras Lunarian pertama kali direferensikan oleh Queen dalam pertarungannya melawan Sanji.

Saat itu, Sanji menggunakan teknik tendangan api yang menjadi ciri khasnya. Hal ini membuat Queen pun bereaksi dengan menyebutkan ras Lunarian. Ras Lunarian sendiri diketahui memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan memanipulasi api. Serta, menurut Queen, mereka disebut sebagai ras para dewa karena Lunarian mampu bertahan di berbagai situasi dan kondisi.

Mereka juga diketahui sempat tinggal di atas wilayah Red Line, yang sekarang menjadi wilayah kekuasaan Pemerintah Dunia dan menjadi wilayah Mary Geoise. Ras Lunarian juga diketahui memiliki ciri-ciri fisik berkulit coklat gelap, memiliki tato atau simbol pada bagian pelipisnya, dan rambutnya sendiri berwarna putih keabu-abuan seperti yang diperlihatkan dalam chapter 1035 kemarin.

Namun, yang menarik adalah pernyataan dari salah satu anak buah Kaido yang menyebutkan bahwa Pemerintah Dunia sangat mengincar ras Lunarian. Mereka bahkan rela membayar 100 juta Belly kepada siapa pun yang mampu memberikan informasi terkait keberadaan dari ras Lunarian atau orang yang memang menjadi bagian dari ras tersebut.

Hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa King memutuskan untuk menutup seluruh wajahnya dengan topeng, demi melindungi dia dari kejaran Pemerintah Dunia dan orang-orang yang mengincar nyawanya. Tetapi, yang menjadi pertanyaan kemudian adalah mengapa Pemerintah Dunia begitu mengincar ras Lunarian? Kemungkinan karena kekuatan dan kemampuan yang dia miliki.

Hal tersebut berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam kilas balik King di chapter 1035. Dalam momen tersebut, diperlihatkan bagaimana King menjadi subyek uji coba Pemerintah Dunia di Punk Hazard. King menjadi subyek uji coba ketahanan fisik. Dalam pertarungan melawan Zoro, diketahui memang kemampuan fisik King sangatlah luar biasa. Semua serangan Zoro tidak ada yang berhasil membuat King terluka.

Bahkan, hal ini sempat membuat Zoro frustasi, sampai kemudian Zoro mulai memahami bagaimana sistem kekuatan dari King bekerja. Kuncinya ada di api yang berada di punggungnya. Tetapi, sayangnya, pihak Pemerintah Dunia belum sempat memecahkan misteri tersebut karena King sudah terlebih dahulu kabur bersama Kaido. Justru Zoro yang bisa menyadari tentang kekuatan King dalam waktu singkat.

Pemerintah Dunia sepertinya ingin membangun pasukan yang sangat kuat dan memiliki ketahanan fisik yang sama seperti para ras Lunarian. Hal ini berdasarkan dari apa yang mereka lakukan juga terhadap Kaido, di mana Vegapunk berusaha untuk menduplikasi kekuatan Kaido. Bahkan, Vegapunk juga berusaha membangkitkan kembali raksasa kuno, yang justru gagal dan malah memunculkan sosok monster Numbers.

Karena itulah, Pemerintah Dunia rela membayar mahal siapa pun yang memberi tahu informasi tentang ras Lunarian. Ini merupakan salah satu proyek ambisius dari Pemerintah Dunia demi memperkuat pertahanan mereka. Masih belum diketahui, apakah uji coba yang mereka lakukan terhadap King berhasil atau sudah berada di atas 50% keberhasilannya.

Jika berkaca pada pernyataan dari anak buah Kaido bahwa mereka masih mencari sosok ras Lunarian lainnya, artinya mungkin apa yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia terhadap King masih belum selesai. Mereka masih butuh berbagai uji coba lainnya sebelum kemudian mereka membuat buah iblis atau semacam obat yang akan memberikan peningkatan kekuatan kepada mereka yang memakannya, yaitu angkatan laut.

Selain yang berkaitan dengan kekuatan fisik, apakah diincarnya ras Lunarian ada kaitannya dengan kemampuan mereka membaca Poneglyph? Kemungkinan besar tidak. Logikanya, jika kemudian ras Lunarian mampu membaca Poneglyph maka Kaido sudah sejak lama bergerak menuju tempat lainnya mencari Road Poneglyph lainnya. Kedua, tidak mungkin juga Kaido mengincar sosok Nico Robin, seperti yang dia perintahkan kepada Black Maria.

Kesimpulannya, Pemerintah Dunia mengincar King dan ras Lunarian lainnya karena mereka menginginkan rahasia kekuatan mereka, untuk kemudian dimodifikasi agar mampu diaplikasikan kepada orang lain – dalam hal ini adalah pasukan angkatan laut. Dengan begitu, Pemerintah Dunia akan memiliki tentara super.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.