Dalam seri Attack on Titan, manusia bukanlah musuh utama yang harus mereka takutkan. Justru, yang harus mereka takutkan dan khawatirkan adalah para Titan. Para Titan inilah yang sangat berbahaya, karena mampu memakan manusia. Inilah alasan tembok-tembok pertahanan dibuat, untuk melindungi mereka dari serangan para Titan. Selain itu, teknologi juga dikembangkan untuk bertempur menghadapi Titan.

Pedang atau pun senjata api adalah senjata yang paling umum muncul dalam ceritanya, karena kedua senjata tersebut bisa dibawa oleh semua orang, khususnya para pasukan militer Eldia dan Marley. Namun, dengan perkembangan teknologi yang cukup cepat, menghasilkan senjata yang juga sangat mengerikan. Berikut adalah contoh senjata paling dahsyat di serinya.

The Special Target Restraining

The Special Target Restraining adalah sebuah senjata yang sama sekali tidak memiliki potensi menyerang. Hal ini wajar karena fungsinya sendiri memang bukan untuk membunuh atau menghabisi nyawa lawan, melainkan untuk menjerat para Titan. Titan yang terjebak dalam senjata atau jebakan ini, maka bisa dipastikan mereka tidak akan bisa bergerak.

The Special Target Restraining sendiri berisi tabung-tabung besi yang terdapat laras besar di dalamnya, dan kemudian dari laras tersebut penggunanya akan mampu menembakan puluhan panah yang terikat dengan kabel yang akan membuat targetnya terjerat. Senjata ini pernah digunakan untuk menangkap Female Titan. Annie sendiri memutuskan untuk menghancurkan tubuh Titannya, yang membuktikan bahwa tidak ada jalan untuk bisa kabur dari senjata ini.

Thunder Spears

Thunder Spears merupakan senjata mahakarya dari Hange Zoe, sebuah karya yang luar biasa mengingat ini adalah bukti pengembangan riset teknologi senjata yang berhasil yang dilakukan militer Eldia. Thunder Spear sendiri merupakan sebuah roket atau misil dengan memiliki dua ujung, dan sebuah tali yang terhubung. Energi yang dikeluarkan dari Thunder Spears sangatlah luar biasa, bahkan mampu menembus kulit Titan.

Bahkan, Thunder Spear pun mampu menghancurkan bagian kristal dari tubuh Titan. Ketika kabel atau talinya dilepas, maka misil tersebut akan meledak dan menghancurkan apa pun yang disentuh. Dengan kata lain, satu Thunder Spear yang diarahkan ke bagian tengkuk Titan sudah lebih dari cukup untuk bisa menumbangkan monster tersebut.

Kapal Terbang

Meskipun secara teknis ini bukanlah senjata, pesawat dan kapal terbang adalah sebuah peningkatan yang sangat drastis yang mengubah peta kekuatan militer di dunia Attack on Titan. Dengan dunia yang dihadirkan sangat luas, apalagi Eldia berada di sebuah pulau yang cukup jauh, transportasi ini tentunya sangat membantu para militer Eldian atau pun Marley.

Dan Hajime Isayama sendiri menghadirkan desain pesawat ini mirip dengan pesawat yang hadir saat perang dunia pertama. Militer Paradis sendiri melakukan reverse engineered dari desain kapal terbang Marley, untuk membangun pesawat versinya. Tetapi, harus diakui bahwa bangsa Marley memiliki kelengkapan yang jauh lebih hebat dari milik Eldia. Pesawat ini biasanya digunakan untuk transportasi, atau melakukan penyerangan, seperti yang mereka lakukan terhadap Founding Titan Eren.

Anti-Titan Artillery

Pasukan aliansi Timur-Tengah merupakan negara yang bertanggung jawab atas terciptanya senjata artileri anti Titan. Artileri berat ini sangat ampuh untuk menhancurkan berbagai Titan, bahkan para Titan Shifter seperti Jaw Titan, Armored, Titan, Beast Titan, dan Cart Titan. Bentuk dari artilerinya sendiri mirip seperi senjata yang terpasang di kendaraan lapis baja alias tank.

Tetapi, mereka memasangnya di kendaraan yang bergerak seperti kereta. Peluru yang digunakan oleh artileri ini pun cukup kuat untuk menghancurkan para Titan. Yang menjadi keuntungan dari senjata dahsyat ini adalah penggunanya mampu berputar 360 derajat, dengan sangat fleksibel dan cepat. Hal inilah yang sempat membuat pasukan Warrior kewalahan dalam menghadapi pasukan aliansi Timur-Tengah.

Serum Titan

Dari semua senjata yang ada di cerita serinya, dan juga berbagai teknologi yang terus berkembang untuk membuat senjata atau penemuan lainnya, serum Titan bisa dibilang menjadi senjata yang paling kuat yang pernah ada. Serum Titan, sesuai namanya, berisi cairan yang mampu merubah bangsa Eldia atau orang-orang lainnya menjadi Titan. Masih belum diketahui apa isi dari serum tersebut.

Meskipun begitu, ada kemungkinan bahwa serumnya terbuat dari cairan tulang belakang dari para Titan. Serumnya sendiri biasanya disuntikan pada bagian arteri targetnya, atau mungkin juga dengan cara diminum atau ditelan. Yang mengerikan adalah tidak ada obat penawarnya, bagi mereka yang sudah disuntikan oleh cairan ini. Hanya ada dua pilihan bagi mereka yang disuntik serum ini, berubah menjadi Titan atau mati.

Dengan situasi peperangan antara bangsa Marley dan Eldia, serta bagaimana umat manusia harus bertahan dari serangan para Titan, membuat senjata dan perkembangannya menjadi sesuatu yang mutlak terjadi. Bahkan, perkembangan senjata ini sudah terjadi sejak lama, seperti halnya di dunia nyata, meskipun pada awalnya senjata digunakan untuk menyerang manusia lainnya. Tentunya sangat luar biasa bagaimana perkembangan drastis dari senjata ini, dari yang hanya tombak biasa, menjadi sesuatu yang mampu menghabisi Titan dengan hanya satu serangan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.