Meskipun seri Attack On Titan versi manga sudah selesai setelah terbit selama lebih dari satu dekade, para fans masih diselimuti oleh satu misteri besar yang sampai saat ini masih belum terjawab secara pasti. Disebut-sebut sebagai seri yang paling populer dan luar biasa sepanjang masa, tidak heran jika Attack on Titan dipenuhi oleh banyak kejutan yang tidak pernah diduga oleh para fans.

Mulai dari kemunculan Attack Titan sampai bagaimana Eren mendapatkan kekuatan Titannya juga tentang fakta yang terjadi di dunia, para fans terus disuguhkan oleh berbagai hal yang mengejutkan tiada henti oleh Hajime Isayama. Salah satu twist yang muncul dalam cerita adalah bagaimana Historia Reiss diperlihatkan hamil pada musim terakhir.

Banyak para fans yang berteori serta berspekulasi tentang hal ini, dan juga muncul berbagai pertanyaan di kalangan fans. Bagaimana kehamilan Historia bisa memberikan pengaruh terhadap plotnya? Siapa yang menjadi ayah dari bayi yang dikandung oleh Historia?

Siapa Ayahnya?

Identitas ayah dari anak yang dikandung oleh Historia masih menjadi sebuah misteri besar, seperti halnya kehamilan yang terjadi kepada Historia. Para fans hanya mengetahui saat itu, bahwa Historia sedang hamil. Tetapi, Isayama tidak memberi tahu secara gamblang tentang identitas dari suami dan juga ayah bayi tersebut.

Berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, sosok pria yang menikahi dan kemudian dicurigai sebagai ayah dari bayi yang dikandung oleh Historia, hanya dikenal sebagai “Farmer Boy” atau pria petani. Pria tersebut diketahui merupakan sosok yang sudah dikenal oleh Historia sejak dia masih kecil. Pria itu juga merupakan sosok yang selalu bersama dengan Historia sejak di panti asuhan. Dan mereka pun kemudian menjalin hubungan yang sangat dekat.

Bagaimana Kehamilan Historia Berpengaruh Terhadap Ceritanya?

Historia dalam arc terakhir Attack on Titan sepertinya tidak lagi terlalu terlibat dalam urusan politik di pulau Paradis, dan juga tidak lagi terlibat dalam berbagai cerita yang dihadirkan. Meskipun, dia tetap adalah sosok ratu dan penguasa di pulau Paradis. Efek yang paling terasa dari kehamilannya adalah Historia pun berada jauh dari keramaian.

Dia berada jauh di tempat yang lebih aman, seperti yang pernah disarankan oleh Eren sejak lama. Eren sempat memberikan saran kepada Historia untuk bisa menyelamatkan dirinya dengan pergi tempat yang jauh lebih aman. Menurut Eren, itu adalah satu-satunya cara untuk bisa selamat dari bencana besar yang akan mereka hadapi kemudian.

Tetapi, para fans sendiri memiliki pandangan lain. Eren bukan hanya berusaha agar hierarki yang ada dalam cerita Attack on Titan tetap terjaga, tetapi juga hal ini akan membuat pulau Paradis tetap memiliki pemimpin yang kuat dan mampu memandu mereka ke jalan yang lebih baik lagi. Para fans juga berteori bahwa Eren memastikan jika Historia memiliki seseorang di sampingnya.

Sosok tersebut akan menjadi sosok yang meneruskan kepemimpinan dari Historia, jika kemudian terjadi sesuatu kepadanya. Namun, masa depan yang baru muncul setelah pertarungan puncak antara para Yeagerist dan juga seluruh manusia di dunia. Sehingga, masih menjadi sebuah perdebatan apakah masih perlu hierarki di dunia dan pulau Paradis ditentukan oleh keturunan yang sah atau tidak.

Benarkah Eren Yeager?

Sebenarnya, sejak muncul informasi bahwa Historia hamil – bahkan jauh sebelumnya – sebagian fans sudah berpendapat bahwa Eren Yeager adalah ayah yang sebenarnya dari bayi yang dikandung oleh Historia. Hal inilah yang membuat fans Attack on Titan terbagi menjadi dua kubu. Ada yang percaya bahwa sosok pria masa kecil Historia yang merupakan ayah dari bayi tersebut.

Sebagian lainnya percaya bahwa Eren yang merupakan ayah dari bayinya. Para fans yang meyakini bahwa Eren adalah ayah dari bayi tersebut semakin yakin dengan sikap yang diperlihatkan oleh Eren, di mana dia berusaha untuk memaksa Historia pergi ke tempat yang mana. Eren memaksa Historia untuk melindungi dirinya sendiri.

Tetapi, sampai ceritanya berakhir pun di manganya sendiri Hajime Isayama tidak memberikan penjelasan detail terkait hal ini. Sehingga para fans sampai saat ini masih diselimuti misteri tentang siapa sebenarnya ayah dari anak Historia tersebut. Mungkin, versi animenya akan memberikan penjelasan lebih untuk hal ini. Bisa jadi juga animenya sama seperti versi manganya, sama-sama tidak memberikan kejelasan detail terkait hal ini.

Bayi yang dikandung oleh Historia dianggap oleh sebagian fans sebagai lambang dari sebuah harapan baru yang muncul di cerita Attack on Titan. Setelah sekian lama kebencian dan peperangan antara bangsa Marley dan Eldia serta seluruh penduduk di dunia terjadi, pada akhirnya semua itu sirna dan umat manusia kembali bersatu. Tetapi, sepertinya teka-teki terkait ayah dari anak Historia tersebut masih belum akan terjawab sampai waktu yang belum ditentukan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.