Dalam dunia One Piece yang sangat luas dan luar biasa ini, kita diperkenalkan dengan berbagai macam karakter yang muncul di ceritanya. Mereka memiliki keunikan dan keberagaman dari berbagai segi, mulai dari desain sampai sifat dan karakternya. Dan yang menarik adalah di cerita One Piece sendiri terdapat beberapa ras atau suku, contohnya ras manusia duyung atau manusia ikan.

Meskipun ras yang ada dalam ceritanya memiliki peran mereka masing-masing dalam perkembangan sejarah dunia, namun di dunia One Piece juga dikenal dengan ras manusia buatan. Ras ini berbeda dengan manusia atau makhluk hidup pada umumnya, karena seperti namanya, mereka berhasil dibangkitkan dalam kehidupan ini berkat adanya bantuan teknologi atau kekuatan buah iblis. Lalu, apa saja yang termasuk dalam ras buatan?

Automata

Buat Geeks yang mengikuti cover story atau cerita sampul dalam setiap chapternya, terutama cerita sampul tentang sosok Enel, pasti pernah melihat atau tahu tentang makhluk robot kecil yang ada di bulan. Mereka disebut sebagai ras Automata. Mereka adalah robot yang dibangun oleh orang-orang atau penduduk bulan, dan kemudian ditinggalkan saat para penduduk bulan tersebut pergi.

Meskipun pada dasarnya mereka adalah robot, tetapi mereka juga memiliki daging dan darah seperti halnya manusia. Artinya teknologi di bulan sudah sangat tinggi, canggih, dan modern, sehingga mereka mampu menciptakan robot yang sangat mirip manusia. Yang menarik juga sempat ada beberapa Automata yang diciptakan di pulau Karakuri, yang kemudian pergi ke bulan.

Zombie

Bukan hanya di cerita fiksi Amerika saja, sosok zombie juga menjadi hal yang menarik yang muncul di cerita One Piece. Berbeda dengan konsep zombie di dunia nyata, yang biasanya muncul karena virus atau sebab lainnya, zombie dalam cerita One Piece merupakan mayat yang berhasil dihidupkan kembali berkat adanya bayangan yang dimasukan ke tubuh tersebut.

Semua hal itu berkat bantuan buah iblis Kage Kage no Mi milik Moria, di mana Moria bisa mengambil bayangan orang lain dan kemudian memasukannya ke tubuh yang baru. Dan ketika ada bayangan orang lain masuk ke tubuhnya, maka kepribadian dari bayangan tersebut yang akan dihadirkan. Para zombie ini tidak berkumpul di Thriller Bark, yang juga menjadi markas dari Gecko Moria.

Centaurs, Satyrs, dan Harpies

Ras ini pada dasarnya adalah manusia, yang sebagian tubuhnya diganti oleh tubuh hewan. Semua hal ini dilakukan berkat buah iblis milik Trafalgar Law, Ope Ope no Mi. Para Centaur dan Satyr pada awalnya adalah tahanan di Punk Hazard yang dibiarkan tewas setelah sebuah ledakan gas terjadi empat tahun yang lalu. Mereka semua selamat, tetapi tidak bisa menggerakan kaki mereka.

Ketika Law berada di pulau Punk Hazard, mereka pun kemudian diberikan kaki hewan oleh Law. Salah satu contoh dari ras ini adalah mantan kapten bajak laut Brownbeard, yang diberikan kaki baru setelah pertarungannya melawan Basil Hawkins. Yang menarik adalah tidak semua kaki tambahan yang diberikan berjumlah empat. Ada juga sebagian lainnya yang memiliki dua kaki, dan bahkan delapan kaki.

Toys (Mainan)

Mungkin, diantara semua ras buatan, ras mainan ini adalah yang paling menyedihkan. Hal ini dikarenakan mereka sebenarnya adalah manusia dan hewan yang kemudian dirubah menjadi mainan akibat buah iblis Hobi Hobi no Mi milik Sugar. Seperti halnya mainan, mereka yang berubah akan memiliki tubuh yang terbuat dari kayu dan material lainnya. Mereka juga tidak akan bisa merasakan sentuhan manusia.

Dan yang paling menyedihkan adalah mereka yang berubah menjadi mainan akan dilupakan oleh orang-orang disekitarnya atau orang yang mengenal mereka. Doflamingo sendiri membuat para mainan ini sebagai budaknya, dan melakukan apa pun yang dia inginkan. Satu-satunya cara untuk bisa lepas dari pengaruh buah iblis tersebut adalah membuat Sugar tidak sadarkan diri.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.