Bukan Hanya Manusia

Yang menarik juga adalah dalam berbagai versi Spider-Man atau Spider-Army ini, bukan hanya kita melihat berbagai versi dari manusia atau berbagai versi dari Peter Parker. Tetapi, juga ada binatang lainnya yang ternyata memiliki kekuatan dahsyat laba-laba. Contohnya adalah Spider-Ham, Spider-Monkey, dan Spider-Wolf. Bagaimana hewan lainnya memiliki kekuatan laba-laba tentunya menjadi sebuah konsep yang menarik.

Juga kita melihat ada cyborg yang memiliki kekuatan laba-laba, membuktikan bahwa mitologi Spider-Man ini cukup kaya dan dalam. Ini juga menjadi salah satu bentuk kreatifitas yang dihadirkan oleh para penulisnya, di mana mereka dibiarkan berimajinasi dengan konsep laba-laba ini. Spider-Ham merupakan contoh dari hal tersebut. Pada awalnya, penulis beranggapan bahwa Spider-Ham merupakan lelucon bagi mitologi Spider-Man. Tetapi, tanpa disangka reaksi para fans justru sangat positif yang akhirnya membuat Marvel Comics melanjutkan tren positif tersebut.

Spider-Army di MCU?

Dengan sudah mulai diperkenalkannya konsep multiverse di MCU, artinya terbuka kesempatan yang sangat lebar bagi Marvel Studios untuk menghadirkan Spider-Army di MCU. Terdapat sebuah rumor yang santer terdengar di kalangan fans bahwa film Spider-Man: No Way Home yang akan tayang beberapa hari lagi akan menghadirkan berbagai versi dari Peter Parker.

Kabarnya akan ada tiga versi Peter Parker yang muncul; versi MCU, versi Marc Webb, dan versi Sam Raimi. Ketiganya disebut-sebut akan bekerja sama untuk mengalahkan para villain yang muncul di filmnya nanti. Dan yang menarik, bukan hanya Peter Parker saja yang berasal dari berbagai universe. Para villainnya pun diketahui berasal dari universe lain, seperti Electro atau pun Doctor Octopus.

Jika kemudian ketiga versi Spider-Man ini memang benar akan muncul bersama, artinya peluang Spider-Army lainnya untuk juga muncul terbuka lebar. Sempat muncul rumor juga yang mengatakan bahwa Sony sedang mempersiapkan film live-action dari Miles Morales, setelah kesuksesan film animasi Spider-Man: Into the Spider-Verse pada 2018 kemarin. Dan bahkan jika MCU mau, beberapa hal yang terkoneksi dengan Miles juga sudah dihadirkan sebelumnya.

No Way Home mungkin akan menjadi ajang uji coba bagi Marvel Studios dan Sony bagaimana kisah dari Spider-Man kedepannya. Melihat respon para fans yang sangat positif dengan rumor kemunculan tiga Peter Parker, mungkin hanya tinggal masalah waktu Spider-Army lainnya akan muncul. Dan para Spider-Army ini pun bisa menandingi tim Avengers!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.