Konsep dari multiverse yang disuguhkan oleh Marvel Comics sudah membuka banyak sekali kemungkinan. Bahkan, bisa dibilang konsep multiverse tersebut menghadirkan kontinuitas tanpa batas. Para penulis komiknya bebas untuk mengekspresikan diri mereka dengan ide-ide baru yang menarik dan luar biasa. Dan salah satu “efek” dari kehadiran multiverse sendiri adalah munculnya beragam karakter baru.

Spider-Man merupakan salah satu karakter yang diperlihatkan memiliki banyak “versi” berkat kemunculan konsep multiverse. Bahkan, dalam salah satu cerita yang terkenal diperlihatkan bagaimana Spider-People dari berbagai universe bersatu untuk mengalahkan satu musuh yang sama. Para Spider-People ini menjadi bukti nyata bagaimana Marvel bisa menghadirkan sesuatu yang luar biasa dalam mitologi Spider-Man.

Pasukan Laba-Laba

Spider-Man merupakan salah satu karakter unik yang dihadirkan di Marvel Comics. Bahkan, sejak awal kemunculannya pun Spidey sudah bisa dianggap unik. Steve Ditko dan Stan Lee sengaja menghadirkan pahlawan super yang bisa menginspirasi anak muda. Karena itulah sosok Peter Parker digambarkan sebagai anak SMA. Dan bukan hanya itu saja keunikan Spider-Man.

Spider-Man diketahui memiliki “pasukan” laba-laba, di mana kita diperlihatkan berbagai versi dari Spider-Man yang ada di Multiverse Marvel. Meskipun konsep ini digunakan juga oleh para karakter lainnya, seperti Captain America atau Black Widow, namun hal tersebut berbeda bagi Spider-Man. Cerita Spider-Verse menjadi bukti nyata dari hal ini.

Spider-Verse sendiri mengisahkan tentang bagaimana para Spider-Army ini berjuang untuk bisa mengalahkan Morlun dan kelompok Inheritors. Mereka adalah keluarga villain yang menjadi musuh bagi para Spider-Army karena keluarga ini mengonsumsi para manusia laba-laba seperti halnya makanan utama mereka. Untuk bisa mengalahkan The Inheritors, akhirnya seluruh Spider-Army dari berbagai universe pun dikumpulkan.

Kita diperlihatkan beberapa Spider-Man seperti Six-Armed Spider-Man, Spider-Man Noir, Mayday Parker, Captain Universe, Spider-Ham, dan masih banyak lainnya. Para Spider-Man dari berbagai universe atau orang-orang yang memiliki kekuatan laba-laba inilah yang kemudian bisa disebut sebagai Spider-Army atau Spider-People atau bisa juga disebut sebagai Warriors of the Great Web. Hal inilah yang kemudian membuat Spider-Man lebih unik dibandingkan karakter pahlawan Marvel lainnya.

Yang juga menarik adalah dalam cerita di Spider-Verse ini diperlihatkan bagaimana Peter Parker dari Earth-616 menjadi pemimpin dari Spider-Army. Menurut mereka, meskipun Spider-Army memiliki kelebihan dan keunikan mereka masing-masing, Peter Parker tetap dianggap yang paling hebat diantara mereka semuanya. Bahkan, Peter Parker dianggap memiliki pengalaman untuk mengalahkan Morlun pada masa lalu.

Namun, “jabatan” dari pemimpin Spider-Army ini kemudian diserahkan kepada William Braddock alias Spider-UK. Bahkan, sebenarnya Braddock adalah sosok yang menginisiasi Spider-Army dengan mengumpulkan semua Spider-Man dari berbagai universe, saat dia tahu bahwa Morlun menebarkan ancaman kepada Spider-Army lainnya.

Berapa Jumlah Spider-Army?

Salah satu pertanyaan besar yang muncul di benak Geeks semua tentang Spider-Army ini mungkin adalah ada berapa banyak jumlah “manusia laba-laba” yang ada di multiverse Marvel. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Spider-Man merupakan karakter yang memiliki banyak sekali versi. Kurang lebih ada sekitar 51 karakter Spider-Army yang ada di Marvel Comics. Peter Parker adalah contoh utama dari hal ini.

Peter Parker merupakan sosok di balik topeng Spider-Man, namun Peter Parker memiliki beberapa versi lainnya di universe lain. Dan meskipun ada sosok Peter Parker yang memiliki wujud yang sama, ada juga sosok Peter Parker yang jauh lebih tua atau bahkan lebih muda. Inilah salah satu hal yang menarik dari Spider-Army ini. Berikut adalah daftar Spider-Army yang ada di Marvel Comics sejauh ini:

  • Anansi: Kwaku Anansi adalah dewa laba-laba dan merupakan sosok mitologi dan legenda dari Afrika. Dia berasal dari Earth-7082. Bisa dibilang Anansi adalah sosok Loki dari Afrika, di mana dia sering lagi melakukan berbagai tipuan dan muslihat. Bahkan, para dewa sekali pun selalu dia kelabui. Dalam cerita Spider-Verse, dia bahkan berhasil mengelabui Spider-UK.
  • Ai Apaec: Ai Apaec merupakan sosok dewa laba-laba lainnya dalam daftar ini. Dia berasal dari Earth-616, dan merupakan sosok yang dipuja oleh para orang-orang di suku Moche di wilayah Amerika Selatan. Yang menarik adalah Ai Apaec menjadi Spider-Man “hitam” kedua setelah Peter Parker yang menyatu dengan Symbiote.
  • Arachno-Man: Sosok Spider-Man dari Earth-1610. Sebenarnya, Arachno-Man tidak memiliki kekuatan super apa pun. Dia hanyalah sosok manusia biasa di balik topeng, yang diciptakan oleh seorang produser bernama Lloyd Zant.
  • “Golden Spongecake” Spider-Man: Spider-Man yang satu ini bisa dibilang sangat unik. Jika biasanya Spider-Man lain menggunakan kekuatan super dan jaring laba-laba untuk melumpuhkan musuh, maka sosok Peter Parker dari realita alternatif ini hanya menggunakan kue spons Hostess Snack Cakes untuk mengalahkan musuh.
  • Spider-Girl (Penelope Parker): Salah satu karakter Spider-Men yang memiliki desain karakter sangat kartun. Penelope Parker juga merupakan sosok Spider-Man paling muda diantara semuanya. Penelope mendapatkan kekuatan laba-labanya ketika dia berusia 11 tahun. Saat itu, Penelope sedang melakukan karya wisata dengan sekolahnya.
  • Spider-Monkey: Spider-Men yang berasal dari Marvel Apes, di mana semua karakter atau semua orang di universe tersebut bukan manusia melainkan kera. Yang unik adalah cerita tentang bagaimana dia mendapatkan kekuatannya sama seperto sosok Peter Parker yang kita kenal.

  • Lady Spider: Mary Reilly merupakan sosok alternatif dari bibi May. Dia merupakan putri dari sosok ilmuwan terkenal. Suatu hari, May menyelinap ke lab milik ayahnya dan kemudian digigit oleh laba-laba di lab tersebut. Sayangnya, May tidak memiliki kekuatan super meskipun digigit oleh laba-laba. Meskipun begitu, May menggunakan teknologi untuk membantunya.
  • Spider-man Noir: Salah satu versi lain Spider-Man yang cukup populer. Spider-Man ini berasal dari era 1930an, dan Spider-Man versi ini pun tidak memiliki kemampuan laba-laba khusus seperti yang lain. Biasanya, dia menggunakan senjata api dan kemampuan lainnya untuk mengalahkan musuh.
  • Spider-Ma’am: Bagaimana jika bibi May menjadi Spider-Man? Inilah yang dihadirkan oleh sosok Spider-Ma’am. Dalam ceritanya diperlihatkan bahwa bukan Peter yang digigit laba-laba beradiasi, melainkan bibi May yang saat itu hendak mengantarkan makan siang kepada Peter.
  • Old Man Spider: Di sebuah realita alternatif, setelah Peter Parker tewas, Ezekiel Sims kemudian mengambil alih titel Spider-Man. Ezekiel sempat beberapa tahun menjadi Spider-Man, sebelum Spider-Verse terjadi dan kemudian merenggut nyawanya. Sosok ini mirip dengan Old Man Logan.
  • Spider-Ham: Jika Spider-Monkey adalah versi alternatif dari kera, maka Spider-Ham merupakan versi alternatif dari babi. Sosok di balik karakter tersebut adalah Peter Porker. Peter Porker mirip seperti Spider-Monkey, di mana dia berasal dari sebuah universe di mana semuanya adalah binatang.

  • Spider-Ben and Pete: Sosok Spider-Man dari Earth-91918. Peter Parker dan Ben tinggal di wilayah Spanyol, di mana paman Ben kemudian menikahi bibi May dari Spanyol. Ketika paman Ben ditembak oleh perampok, dia kemudian menerima transfusi darah dari Peter Parker dan kemudian mendapatkan kekuatan yang dimiliki keponakannya. Yang epik adalah paman Ben merupakan sosok Spider-Man yang brutal, di mana dia pernah mengalahkan Kraven the Hunter.
  • Spider-Man (Norman Osborn): Norman Osborn pernah mengisi peran sebagai Spider-Man dalam Earth-44145. Dia merupakan Spider-Man yang memiliki enam lengan. Dan yang menarik adalah Norman menjadi sosok Spider-Man bukan gara-gara gigitan laba-laba, melainkan akibat insiden yang melibatkan Cosmic Cube. Norman sendiri kemudian berhasil dikalahkan oleh Spider-Punk.
  • Web-Slinger: Web Slinger merupakan sosok Spider-Man yang berasal dari Earth-31913, di mana universe tersebut bersetting di Old West alias barat kuno. Singkatnya, Web Slinger merupakan koboi Spider-Man yang menunggangi Spider-Horse. Seperti halnya Spider-Man Noir, Web Slinger juga menggunakan senjata api untuk mengalahkan musuh.
  • Savage Spider-Man: Sosok Spider-Man yang berasal dari Savage Land ini berasal dari sebuah realita alternatif yang tidak diketahui. Ketika Peter dan keluarganya terbang di dalam sebuah pesawat, mesinya kemudian membakar kedua orang tua Peter. Dia pun kemudian selamat berkat parasut, dan jatuh di sebuah wilayah di mana terdapat suku laba-laba raksasa. Yang mengerikan adalah Peter disuntikan 1.000 racun oleh suku laba-laba tersebut untuk menguji ketahanannya. Dan dia pun sukses bertahan hidup.

  • Spiders-Man: Spiders-Man merupakan Spider-Man dari Earth-11580. Sebenarnya, Spiders-Man merupakan kumpulan dari ribuan laba-laba yang saling bekerja sama, dan kemudian mereka pun mengendalikan pikiran dari Peter Parker. Dalam ceritanya, Peter diperlihatkan jatuh ke sebuah lubang yang penuh dengan laba-laba radioaktif. Laba-laba tersebut kemudian memakan Peter.
  • Spider-Kid: Peter Parker yang berasal dari Earth-218. Karakternya kemudian mengganti namanya menjadi Charlie Parker, karena di universe ini dia justru sering mendapatkan siksaan dari paman Ben dan bibi May. Hal ini juga membuat Charlie justru berubah menjadi sosok yang nakal, bahkan dia pernah dipenjara di penjara anak selama empat tahun. Charlie kemudian menjadi Spider-Man pada usia 13 tahun.
  • Astro-Spider: Ini merupakan salah satu versi Spider-Man yang unik, di mana sosok di balik Astro-Spider adalah John Jameson, anak dari Jonah Jameson. Dia adalah astronot yang bekerja untuk NASA. Dalam perjalanan luar angkasa, dia terkena gigitan laba-laba yang sudah terkontaminasi radiasi kosmik. Sayangnya, dia dihabisi oleh salah satu Inheritors, Verna.
  • Spider-Byte: Margo merupakan sosok perempuan Afrika-Amerika di balik kostum Spider-Byte, yang berasal dari dunia Virtual Reality. Margo merupakan seorang murid yang sangat jenius di kampusnya. Dalam universe ini, Realita Virtual menjadi sama dengan dunia nyata dan dia merupakan sosok pahlawan di universe tersebut.
  • Spider-Man (Harry Osborn): Bukan hanya sang ayah, Harry Osborn juga ternyata pernah menjadi sosok di balik topeng Spider-Man. Saat the Inheritors kembali muncul, alat perjalanan waktu Spider-Gwen hancur oleh Verna, dan Gwen pun kemudian harus terdampar di realita alternatif yang tidak diketahui. Dalam realita tersebut Peter dan Gwen diperlihatkan menjadi rekan kerja di Oscorp. Peter kemudian melakukan uji coba dengan racun laba-laba dan laba-laba tersebut pun menggigit Harry.
  • Spider-Cop: Spider-Man ini bekerja untuk kepolisian New York. Menurut Miles Morales, Spider-Cop merupakan sosok senior yang tangguh. Layaknya polisi, Spider-Cop pun menggunakan seragam polisi lengkap dengan topi dan kaca mata. Dia memiliki kumis dan juga topeng laba-laba yang dia kenakan.

  • Spider-Man (Stan Lee): Rasanya Geeks pun sudah paham mengenai sosok Spider-Man ini, di mana dalam sebuah realita altenatif diperlihatkan sang pencipta karakter Spider-Man, Stan Lee, yang kemudian menjadi sosok di balik topeng Spider-Man. Dalam cerita Spider-Geddon, sosok Stan Lee muncul di puncak pertarungan.
  • Dr. Aaron Aikman: Berbeda dengan para Spider-Army lainnya yang tidak sengaja tergigit laba-laba, Dr. Aaron Aikman justru memang sengaja menggunakan dirinya untuk melakukan uji coba tersebut. Dia melakukan uji coba dengan menggabungkan DNA miliknya dengan DNA laba-laba. Sayangnya, apa yang dia harapkan tidak terwujud. Akhirnya dia pun menggunakan teknologi, seperti armor, untuk membasmi kejahatan.
  • Hobgoblin: Setelah Peter Parker di salah satu realita alternatif kehilangan Gwen Stacy di tangan Green Goblin, dia pun kemudian berubah menjadi jahat dengan mengikuti instingnya. Bahkan, Peter pun menghabisi nyawa Green Goblin sebagai bentuk balas dendam. Peter memutuskan untuk tidak lagi menjadi Spider-Man, melainkan Hobgoblin.
  • Supaidaman (Takuya Yamashiro): Kemunculan sosok Spider-Man di Jepang, di awali dengan diperkenalkanya sosok Supaidaman melalui sebuah TV seri. Dan dalam versi Jepang ini, bukan Peter Parker yang menjadi protagonisnya melainkan Takuya Yamashiro. Supaidaman sendiri menjadi salah satu Spider-Army yang unik, karena dia memiliki robot raksasa.
  • Spider-Woman (May Parker): Dalam salah satu realita alternatif, Peter Parker dan Mary Jane diperlihatkan hidup bahagia, seperti yang mereka impikan. Mereka pun memiliki seorang putri yaitu May Parker, yang terinspirasi dari sosok bibi May. May menjadi sosok Spider-Army yang “alami” karena dia mewarisi DNA Peter Parker. Sayangnya, May juga tidak sekuat ayahnya karena ada DNA MJ dalam tubuhnya.
  • Spider-Girl (Betry Brant): Dalam salah satu realita alternatif, diperlihatkan bahwa bukan Peter Parker yang digigit laba-laba beradiasi, melainkan salah satu karyawan Daily Bugle yaitu Betty Brant. Dan dia pun kemudian menjadi sosok Spider-Girl. Yang menarik adalah Betty kemudian menjadi teman bagi Peter, dan bahkan Peter membantu Betty membuat web-shooter miliknya.
  • Spider Moon-Man: Peter Parker versi realita alternatif ini sangat unik, karena di universenya, manusia diperlihatkan berhasil membangun koloni di bulan. Dia tinggal sebuah wilayah yang disebut New Lunar York, yang pada dasarnya merupakan versi futuristik dari New York.
  • Spider-UK: Billy Braddock merupakan sosok Spider-Man yang berasal dari Inggris, dalam salah satu realita alternatif. Namun, yang menarik adalah dia bukanlah satu-satunya Spider-Man di universe tersebut. Dia sempat dilatih oleh Captain Britain, sebelum kemudian dia mendapatkan kemampuan yang sama dengan Peter Parker.
  • Pavitr Prabhakar: Sosoknya memiliki cerita yang sama dengan Peter Parker. Yang membedakan adalah cerita Pavitr terjadi di India. Pavitr tinggal bersama dengan bibi Maya dan paman Bhim. Dan dia pun jatuh cinta dengan sosok Meera Jain. Yang berbeda adalah dia tidak tergigit laba-laba, melainkan ada sosok ahli Yoga kuno yang memberikan kekuatan super kepadanya.
  • Aracnido Jr.: Peter Parker yang berasal dari Meksiko. Masih belum diketahui siapa nama aslinya dan bagaimana dia mendapatkan kekuatan super laba-laba tersebut. Diketahui dia memiliki panggilan yaitu “Junior,” dan cerita sisanya tentang Aracnido Jr. sama seperti kisah Peter Parker. Musuh bebuyutan dari Aracnido Jr. sendiri adalah Escorpion.
  • Scarlet Spider: Scarlet Spider bisa dibilang berbeda dengan Spider-Army lainnya, di mana dia merupakan kloning dari Peter Parker, yaitu Ben Reilly. Ben Reilly diciptakan oleh the Jackal, dengan menggunakan DNA dari Peter Parker. Ben pun justru mengikuti jejak Peter dibandingkan mengikuti keinginan Jackal, yang mana akhirnya dia pun menjadi sosok pahlawan.
  • Spider-Gwen: Salah satu versi realita alternatif dari Spider-Man yang cukup populer, khususnya dalam beberapa tahun belakangan. Spider-Gwen sendiri berasal dari sebuah universe di mana justru Gwen Stacy yang digigit oleh seekor laba-laba dan justru Peter Parker yang tewas. Gwen pun akhirnya menjadi sosok pahlawan yang banyak dikenal orang.
  • Peter Parker: Sang “protagonis utama” dari Spider-Army. Peter Parker mungkin tidak sekuat beberapa versi alternatif dirinya, namun hal tersebut bukan berarti dia payah. Seperti disebutkan dalam komiknya, Peter tetaplah yang terbaik diantara yang lain. Ini adalah sosok Peter Parker yang dikenal oleh banyak fans, yang menjadi “dasar” dari semua Spider-Army.
  • Spiderling: Dalam sebuah realita alternatif lainnya, Peter Parker dan Mary Jane memiliki putri yang berbeda dari May Parker. Namanya adalah Anna-May Parker. Sosoknya memang mirip seperti May, di mana Anna-May mendapatkan kekuatan super dari DNA ayahnya. Yang membedakan adalah Anna-May tidak memiliki batasan, seperti halnya May. Anna-May bahkan memiliki kekuatan yang tidak dimiliki Peter.
  • Silk: Seperti halnya Spider-Gwen, Silk alias Cindy Moon merupakan salah satu versi lain dari Spider-Man yang populer. Dia bukan berasal dari realita alternatif, melainkan dari universe Marvel yang utama. Diceritakan bahwa beberapa saat setelah Peter tergigit laba-laba yang teradiasi, Cindy pun terkena gigitan laba-laba tersebut. Namun, cukup ironis di mana butuh beberapa tahun bagi Cindy untuk akhirnya terbuka dan memberanikan diri menggunakan kekuatannya.
  • Superior Spider-Man: Sosok Spider-Army lainnya yang berasal dari realita utama Marvel adalah Superior Spider-Man alias Otto Octavius. Berbeda dengan semua Spider-Army, Otto menjadi Spider-Man setelah dia melakukan sesuatu yang tidak terduga. Yaitu menukar pikiran dan kepribadian miliknya dengan Peter Parker. Yang menarik justru Otto akhirnya menyadari seperti apa sosok Peter, yang akhirnya dengan menggunakan tubuh Peter dia pun menjadi Superior Spider-Man.
  • Miles Morales: Miles Morales benar-benar mendapatkan banyak sorotan dalam beberapa tahun belakangan, apalagi setelah sukses menjadi protagonis utama di film Into the Spider-Verse. Kemampuan Miles disebut-sebut melampaui sosok Peter Parker, dengan berbagai hal yang dia miliki. Contohnya adalah kemampuan kamuflase yang disebut Spider-Camouflage.

  • Man-Spider: Sesuai namanya, ini merupakan sosok paling mengerikan dari Spider-Man yang mana sosoknya diciptakan oleh Magneto. Man-Spider merupakan perwujudan dari sosok Peter Parker jika dia merupakan seekor laba-laba, yang kemudian terkena gigitan manusia yang terkena radioaktif. Man-Spider memiliki kemampuan untuk menembakan asam dan juga bisa menembakan jaring dari keenam lengannya.
  • The Spider (George Stacy): George Stacy sendiri merupakan seorang polisi dan ayah dari Gwen Stacy. Dalam salah satu realita alternatif, diperlihatkan bagaimana dia yang justru mendapatkan kekuatan super laba-laba. Dia pun pernah menyelamatkan Betty Brant dari sosok Shocker versi wanita
  • Spider-Girl (Anya Corazon): Anya Corazon juga merupakan salah satu Spider-Army yang unik ketika dia mendapatkan kekuatannya. Bukan karena terkena gigitan laba-laba, Anya justru mendapatkan kekuatan dari “Spider Society,” sebuah grup kultus yang memuja sosok para pemilik kekuatan laba-laba. Anya juga merupakan karakter yang berasal dari realita utama Marvel. Anya juga memiliki beberapa kemampuan yang tidak dimiliki Peter.
  • Spider-Punk: Hobie Brown merupakan sosok Spider-Man yang berasal dari sebuah realita alternatif, di mana Norman Osborn yang menjadi presidennya. Osborn menjadi sosok diktator yang kejam, yang mana akhirnya Brown menjadi sosok yang memimpin revolusi. Yang unik dan menarik adalah Hobie Brown menggunakan kekuatan musik untuk mengalahkan musuh. Dia juga memiliki pasukan yang siap membantunya.
  • Spider-Wolf: Tidak banyak diketahui tentang asal-usul Spider-Wolf. Diketahui dia berasal dari sebuah realita alternatif yang sangat gelap dan suram, di mana semua penghuninya adalah manusia serigala. Karena itulah nama dari Spider-Man di universe ini adalah Spider-Wolf. Dengan kombinasi Spider-Man dan manusia serigala, Spider-Wolf adalah sosok memiliki kekuatan dahsyat.
  • Patton Parnel: Patton Parnel adalah sosok Peter Parker dari realita alternatif di mana dia merupakan kebalikan dari Peter. Patton adalah sosok psikopat yang sering melakukan uji coba terhadap binatang dan manusia, di mana hal ini juga yang membuatnya mendapatkan kekuatan laba-laba. Dan penampilan dari Patton pun benar-benar mengerikan sebagai laba-laba.
  • Spider-Man 2099: Pada masa depan, tepatnya di tahun 2099, sosok yang menjadi Spider-Man adalah Miguel O’Hara. Miguel secara tidak sengaja DNA miliknya tercampur dengan DNA seekor laba-laba. Namun, laba-labanya sendiri bukan yang terkena radiasi radioaktif seperti Spider-Army lainnya. Salah satu keunikan Miguel adalah dia mampu mengirimkan pesan kepada pikiran orang.

  • Spinneret: Meskipun Peter Parker dalam realita alternatif ini adalah Spider-Man, namun istrinya, Mary Jane Watson, juga kemudian menjadi sosok Spider-Man demi melindungi keluarganya. Peter bahkan membantu MJ mendesain kostumnya. Kostum tersebut didesain untuk bisa menirukan kemampuan Peter.
  • Spider-Cyborg: Dalam sebuah universe yang futuristik, diceritakan bahwa Peter Parker bukan hanya mendapatkan kemampuan Spider-Man miliknya. Dia juga mendapatkan cybernatic enchancements atau tubuhnya mendapatkan perubahan secara robotik. Dengan begitu, Peter pun memiliki tubuh yang jauh lebih kuat, kaki yang jauh lebih kuat, cakar besi, dan lain halnya. Dia bahkan memiliki meriam di lengannya.
  • Six-Armed Spider-Man: Peter Parker di sebuah realita alternatif berusaha untuk meningkatkan kekuatannya dengan meminum ramuan, yang mana hal tersebut justru membuat Peter malah mendapatkan lengan tambahan. Sehingga total dia memiliki enam lengan. Dalam universe ini pun diperlihatkan Peter mampu mengalahkan Doc Ock dengan mudah dan bahkan mampu menyelamatkan nyawa Gwen Stacy.
  • The Spider: Sosok Peter Parker yang ini mirip seperti Patton Parnel. Bedanya, Peter Parker versi ini merupakan sosok yang brutal, membenci orang-orang, dan justru menggunakan kekuatannya untuk menyakiti yang lain. The Spider bahkan pernah dituntut untuk 67 kasus berbeda. Semua hal ini karena The Spider mengkombinasikan kekuatan Spider-Man symbiote Venom.
  • Peni Parker dan Sp//Dr: Selain Takuya Yamashiro, Peter Parker yang berasal dari Jepang lainnya adalah Peni Parker. Yang menarik dari sosok Peni Parker ini adalah dia dihadirkan dalam versi manga. Dan dia juga memiliki sebuah robot raksasa yang dikendalikan oleh laba-laba yang menggigit Peni yaitu SP//dr. Peni memang tidak memiliki kekuatan apa pun, tetapi dia merupakan sosok yang kuat dengan robotnya.
  • Cosmic Spider-Man: Disebut-sebut sebagai Spider-Man paling kuat yang pernah ada. Cosmic Spider-Man alias Captain Universe merupakan versi dari Spider-Man, ketika Peter Parker menerima Enigma Force. Dengan kekuatan Enigma Force tersebut, Peter pun berkali-kali lipat menjadi lebih kuat. Peter bahkan memiliki kemampuan untuk melihat ruang dan waktu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.