Jika berbicara tentang musuh Spider-Man yang paling berbahaya, Norman Osborn alias Green Goblin adalah salah satunya. Sejak pertama diperkenalkan pada tahun 1964, Green digambarkan sebagai villain yang menakutkan sekaligus berbahaya. Berbeda dari musuh Spider-Man yang lainnya, Green Goblin tidak menggunakan kekuatan supernya untuk melawan Spider-Man, melainkan dengan gadget yang dia ciptakan sendiri. Di antara semua gadget ciptaannya, ada 5 gadget yang paling berbahaya dan sering dia digunakan. Gadget apa saja itu? Berikut 5 gadget Green Goblin yang paling berbahaya.

Blast Gloves

Walaupun tidak muncul di filmnya, gadget yang satu ini sebenarnya sering muncul di Marvel Comics. Blast Gloves adalah sarung tangan Goblin yang bisa mengeluarkan energi listrik yang bisa digunakan untuk jarak dekat maupun jarak jauh dengan menembakannya. Ketika tidak sedang beraksi sebagai Goblin, Norman Osborn bahkan sering menggunakannya saat dalam keadaan santai. Di Marvel Comics sendiri ada banyak nama yang sering digunakan untuk gadget ini, seperti Goblin Sparks atau Sparkler Spray, karena energi yang keluar dari sarung tangannya terlihat seperti kilatan petir.

Ghost Bomb

Sesuai dengan namanya, Ghost Bomb adalah bom unik yang berbentuk seperti hantu Casper. Meskipun bentuknya menggemaskan, sebenarnya Ghost Bomb cukup berbahaya. Ketika dilemparkan, Ghost Bomb terkadang bisa mengejar dan meledak ketika jaraknya cukup dekat dengan targetnya, karena pada dasarnya bom ini bukan untuk melukai langsung, melainkan untuk mengeluarkan semacam asap yang dapat membuat korbannya tidak bisa bernafas. Jangkauan dari asapnya sendiri jauh lebih besar dari bom standar, sehingga Ghost Bomb termasuk ke dalam kategori senjata berbahaya yang mematikan.

Goblin Glider

Salah satu gadget paling ikonik dari Goblin adalah glidernya, karena dia jarang sekali beraksi tanpa kendaraan andalannya ini. Glider ini di komiknya sering disebut Goblin Glider atau Goblin Broomstick (Karena di awal sempat berbentuk sapu terbang). Sebagai kendaraan yang membawa Goblin ke mana-mana, Glider Goblin ini mempunyai banyak tempat penyimpanan untuk gadget Goblin yang lainnnya. Dari segi kemampuan, Glider ini mampu membawa Goblin untuk terbang tinggi dan juga jauh. Dari segi kekuatan juga, Glidernya mampu membawa beban yang sangat berat dan cukup tahan banting.

Pumpkin Bomb

Bersamaan dengan Glidernya, gadget lain yang selalu Goblin bawa adalah Pumpkin Bomb atau Bom Labu. Dari sejak pertama kali muncul, bom ini telah mengalami beberapa desain, dari mulai yang bentuknya seperti labu Halloween sampai bom canggih seperti di filmnya. Pumpkin Bom mempunyai beberapa jenis yang disesuaikan, ada bom standar yang bisa meledak, kemudian sticky bom yang bisa menempel pada targetnya, dan ada juga bom yang bisa mengeluarkan pisau-pisau tajam untuk melukai. Sepertiya dari semua gadget Goblin, Pumpkin Bomb adalah yang paling sering membuat Spider-Man kewalahan.

Toy Frog

Satu lagi bom Goblin yang bentuknya cukup menggemaskan, yaitu Toy Frog. Sebagai seorang engineer, cukup masuk akal jika Goblin mahir membuat berbagai gadget canggih yang dia gunakan ketika beraksi. Dan Toy Frog adalah bukti kegeniusan sekaligus kegilaan Goblin dalam menciptakan senjata. Bisa dibilang senjata ini adalah kombinasi dari Pumpkin Bomb dengan Blast Gloves, karena fungsinya yang dilemparkan dan mengeluarkan listrik ketika menyentuh targetnya. Terlepas dari bentuknya yang nyeleneh, Toy Frog sering berhasil memutuskan jaring Spider-Man yang terkenal kuat.

Itulah 5 gadget berbahaya dari Green Goblin yang sering dia gunakan. Dengan kelima gadget ini, terbukti bahwa Green Goblin tidak memerlukan senjata lainnya untuk mengalahkan Spider-Man. Karena dengan Glider-nya, dia bisa mengejar Spider-Man ke mana saja. Sedangkan untuk menyerang, dia juga bisa menggunakan Pumpkin Bomb-nya untuk serangan jarak jauh, dan Blast Gloves-nya untuk serangan jarak dekat. Jika beruntung, kita bisa melihat beberapa gadget ini saat Green Goblin kembali beraksi di film Spider-Man: No Way Home yang akan tayang pada 15 Desember 2021.