Im atau Im Sama merupakan pemimpin dari Pemerintah Dunia sekaligus merupakan sosok paling tinggi dalam hierarki tersebut. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, bahkan Gorosei pun menyembah dan berlutut kepada Im. Namun, di sisi lain, Im juga merupakan sosok yang paling misterius dalam seri One Piece. Im hanya muncul dalam beberapa panel saja dan sosoknya pun masih diselimuti oleh siluet.

Bukan hanya itu, hampir tidak ada informasi yang bisa diketahui tentang sosok Im, selain dia adalah pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia. Hal inilah yang kemudian banyak memunculkan pertanyaan di kalangan para fans. Siapa sebenarnya Im? Dari mana asalnya? Seperti apa kekuatannya? Apakah dia juga penggunakan buah iblis?

Banyak teori-teori yang muncul yang mencoba menjelaskan tentang sosok Im. Misalnya adalah Im ternyata merupakan ibu dari Luffy. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa Im adalah sosok yang dikenal oleh Joy Boy pada abad yang hilang 800 tahun yang lalu. Dan teori lainnya pun mengatakan bahwa Im adalah satu-satunya yang selamat atau saksi hidup dari abad yang hilang.

Bagaimana kemudian Im bisa berada di puncak kekuasaan juga menjadi sebuah tanda tanya besar. Apakah Im memiliki kekuatan yang dahsyat? Atau Im memiliki kemampuan lainnya dari buah iblis? Sebagian besar fans meyakini bahwa Im merupakan pemakan buah iblis. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa dia bisa bertahan dalam peperangan dengan Kerajaan Kuno 800 tahun lalu, dan menjadi pemimpin.

Lalu, buah iblis apa yang dikonsumsi oleh Im? Ada yang menyebutkan bahwa Im merupakan pengguna sebelumnya dari buah iblis Ope Ope no Mi, yang mana itulah alasan mengapa Im bisa bertahan sejak 800 tahun yang lalu sampai sekarang karena dia bisa hidup abadi. Dan inilah alasan mengapa Doflamingo begitu mengincar buah iblis ini.

Kemungkinan teori lainnya juga menyebutkan bahwa Im merupakan pengguna buah iblis yang sama seperti yang dimiliki oleh Toki, yaitu Toki Toki no Mi. Yang membedakan adalah jika Toki Toki no Mi hanya memberikan kemampuan untuk melompati waktu, buah iblis Im mampu membuatnya abadi. Ada juga yang menyebutkan bahwa Im merupakan pengguna buah iblis yang belum diperkenalkan sampai sekarang, yang mana kekuatannya sangat dahsyat.

Pada intinya, sebagian besar fans One Piece meyakini bahwa kekuatan Im sama bukan hanya sekedar kekuatan fisik. Dia juga memiliki kemampuan lainnya seperti kemampuan buah iblis. Hanya saja, sampai saat ini masih belum diketahui apa yang menjadi kemampuan buah iblis dari Im. Mungkin Oda Sensei akan memberikan penjelasan mengenai hal ini beberapa waktu kedepan.

Im Adalah Pencipta Buah Iblis?

Selain munculnya teori tentang Im merupakan pengguna dari buah iblis, terdapat juga spekulasi bahwa ada kemungkinan justru Im yang menciptakan buah iblis. Seperti yang kita ketahui, ratusan tahun yang lalu 20 kerajaan menyatukan kekuatan untuk bisa mengalahkan satu kerajaan yang bernama Kerajaan Kuno (Ancient Kingdom). Kerajan Kuno diketahui memiliki tiga senjata kuat yang disebut sebagai Senjata Kuno (Ancient Waepon).

Untuk bisa menandingi senjata tersebut, akhirnya Im pun membuat buah iblis untuk bisa membantu 20 kerajaan tersebut mengalahkan Kerajaan Kuno. Bagaimana kemudian Im bisa membuat buah iblis? Terdapat teori lainnya yang menyebutkan bahwa sosok Im mungkin adalah referensi dari karakter mitologi bernama Ym/Yam. Yam sendiri mewakili kekuatan laut dan bahkan mampu menciptakan badai serta hal mengerikan lainnya di laut.

Berdasarkan hal tersebut, muncul spekulasi bagaimana jika kemudian Im memiliki kemampuan yang sama? Bagaimana jika Im mampu mengendalikan laut? Dalam teorinya sendiri disebutkan bahwa para petinggi di Kerajaan Kuno berhasil dimanipulasi untuk kemudian menyebarkan buah iblis yang diciptakan oleh Im, yang mana membuat mereka tidak bisa berenang di laut.

Dengan pihak Kerajaan Kuno yang percaya diri dengan kekuatan buah iblis mereka, Im pun kemudian menghadang dan menghancurkan pasukan Kerajaan Kuno di laut dengan menciptakan berbagai hal mengerikan seperti badai. Ketika semua orang terjatuh ke laut, tidak ada yang bisa mereka lakukan, karena pemakan buah iblis tidak bisa berenang di laut.

Segala hal yang berkaitan tentang Im untuk saat ini masih sekedar teori dan spekulasi saja. Hal ini dikarenakan masih sangat sedikit sekali informasi yang diberikan Oda Sensei terkait dengan sosok Im. Mengingat Oda Sensei terus merahasiakan sosok Im, bisa jadi dia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang akan membuat para fans terkejut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.