Seri manga Boruto: Naruto Next Generation merupakan salah satu seri yang populer saat ini. Meskipun sempat mengalami kritik pedas dari para fans di awal kemunculannya, tetapi perlahan serinya mulai berubah dan ceritanya perlahan semakin seru dan juga menarik. Salah satu contohnya adalah bagaimana klan Otsutsuki menjadi ancaman bagi seluruh dunia ninja.

Sejak seri Naruto Shippuden, kita sudah mulai diperkenalkan dengan klan Otsutsuki, klan yang diketahui berasal dari luar planet bumi. Merekalah yang diketahui menjadi asal-usul alias nenek moyang para shinobi yang ada di bumi. Dan cerita klan Otsutsuki pun masih terus berlanjut sampai ke seri Boruto. Hal ini bisa dlihat dari bagaimana Boruto menjadi wadah bagi Momoshiki Otsutsuki.

Kemudian, kita juga melihat bagaimana Isshiki Otsutsuki menjadi musuh utama dari Naruto dan yang lainnya ketika dia berupaya untuk melanjutkan rencana besar yang sempat tertunda yaitu memanen buah chakra dari seluruh energi di bumi. Pertarungan melawan Isshiki juga banyak menghadirkan dampak besar seperti hilangnya Rinnegan Sasuke dan juga tewasnya Kurama.

Berdasarkan hal tersebut, banyak fans yang kemudian berpendapat bahwa klan Otsutsuki merupakan villain utama di seri Boruto. Hal ini wajar mengingat, seperti yang disebutkan di atas, bahwa klan Otsutsuki sudah diperkenalkan bahkan sejak di seri sebelumnya. Namun, ada kemungkinan bahwa bukan klan Otsutsuki yang menjadi villain utamanya melainkan sosok Amado.

Amado merupakan sosok yang sangat misterius dalam cerita Boruto, yang sampai saat ini pun masih belum banyak informasi yang bisa diketahui tentang karakternya. Sejak pertama kali diperkenalkan, Amado muncul sebagai kepala penelitian di organisasi Kara. Dialah otak dari berbagai macam peralatan canggih ninja yang digunakan oleh para villain seperti Delta, Boro, dan sebagainya.

Bahkan, bukan hanya menciptakan berbagai peralatan ninja. Amado juga menciptakan para cyborg yang menjadi villain tersebut, dan melakukan berbagai rekayasa genetik seperti yang dia lakukan terhadap Code dan Kawaki. Hal tersebut membuat Amado menjadi salah satu sosok paling cerdas di franchise Naruto. Namun, di balik kecerdasan Amado tersebut dia adalah sosok misterius dan mengerikan.

Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Amado selalu bersikap diam dan jarang sekali berbicara. Kita tidak pernah tahu apa yang ada dalam isi pikiran Amado. Dengan kecerdasan yang dia miliki, terutama untuk menyusun sebuah rencana, inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa bisa jadi sebenarnya villain utama dari semuanya adalah Amado.

Amado mungkin sudah mempersiapkan semuanya sejak awal. Dia sudah mempersiapkan sebuah rencana yang sangat besar yang dia susuh secara rapih dan sedemikian rupa. Bukan tidak mungkin apa yang terjadi saat ini di serinya merupakan bagian rencana besar dari Amado, yang dimulai dari bergabungnya Amado ke kelompok Kara.

Dia pun kemudian mendapatkan kepercayaan untuk bisa bekerja sama dengan Jigen dan Isshiki. Namun, karena sesuatu, mungkin Amado berencana untuk menghancurkan Isshiki. Dan karena Amado merasa dia tidak akan sanggup untuk bertarung 1 vs 1 melawan Isshiki, dia kemudian memanfaatkan orang lain. Dalam hal ini adalah Sasuke dan Naruto.

Dan rencana tersebut pun berhasil. Sasuke dan Naruto berhasil menghabisi Isshiki, meskipun Kawaki yang kemudian melakukan final blow atau pukulan terakhir kepada Isshiki. Sebenarnya, kecurigaan terhadap Amado sendiri dirasakan oleh karakter lainnya yaitu Sumire. Asisten dari Katasuke ini bisa merasakan sesuatu yang “aneh” dari sosok Amado.

Amado sendiri sepertinya menyadari bahwa Sumire mencurigainya, dan yang menarik adalah Amado sendiri tidak berusaha untuk menutup-nutupi hal tersebut. Dia justru mencoba untuk menantang Sumire untuk membuktikan kecurigaannya. Kita memang masih belum tahu apa yang kemudian menjadi tujuan utama dari Amado, dan inilah salah satu alasan yang membuat dia jadi sosok mengerikan dan cukup masuk akal jika Amado dianggap sebagai villain utama di serinya.

Sejauh ini kita hanya mengetahui bahwa Amado begitu memperhatikan sosok Kawaki. Diketahui bahkan dahulu dia sempat berusaha untuk membunuh Kawaki, untuk alasan yang juga masih misterius. Kemudian informasi lainnya adalah Amado memiliki seorang putri yang sudah meninggal sekitar 12 tahun yang lalu. Apa yang terjadi dan apakah ada kaitannya kematian sang anak dengan Otsutsuki masih belum diketahui.

Muncul sebuah teori bahwa ada kemungkinan bahwa yang dilakukan oleh Amado selama ini adalah sebagai bentuk upayanya untuk menghidupkan kembali sang anak. Amado berusaha untuk membalas dendam kematian anaknya yang mungkin disebabkan oleh seorang shinobi. Dan mungkin Kawaki adalah jalan untuk bisa mewujudkan tujuan tersebut.

Apa yang diperlihatkan pada awal cerita, di mana Kawaki dan Boruto saling bertarung, mungkin disebabkan oleh ulah Amado. Amado yang kemudian memunculkan kembali Karma Isshiki di tubuh Kawaki, disaat segel Karmanya sudah berhenti berkembang. Apakah Amado memang memiliki niat jahat untuk menghancurkan dunia shinobi? Atau ada rencana lain yang belum kita ketahui? Kita nantikan saja jawabannya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.