Dracule Mihawk merupakan ahli pedang terkuat di dunia One Piece saat ini dan merupakan sosok yang populer serta penting di serinya. Namun meskipun begitu, sampai saat ini masih belum banyak informasi mengenai Mihawk yang dibagikan kepada para fans. Sehingga, sama seperti karakter lainnya, Mihawk pun menjadi salah satu karakter yang misterius.

Seperti halnya karakter misterius lain, sosok Mihawk sangat jarang sekali muncul dalam cerita. Sampai sejauh ini kemunculan Mihawk di ceritanya mungkin bisa dihitung dengan jari. Beberapa penampilan epik dari Mihawk adalah ketika dia pertama kali bertemu dengan Zoro di arc Baratie, dan juga ketika perang besar di Marineford di mana dia bergabung dengan pasukan angkatan laut.

Informasi mengenai Mihawk sendiri sebenarnya sempat dihadirkan sedikit leh Oda Sensei dalam kolom SBS di Volume 63. Dalam kolom SBS tersebut Oda Sensei menggambar para mantan Shichibukai ketika mereka masih kecil. Mihawk sendiri digambarkan penuh dengan luka yang diduga adalah luka bekas latihan. Sekitar sembilan tahun lalu, sebuah perang besar pecah di pulau Kuraigana yang mana membuat pulau tersebut hancur dan ditinggalkan penghuninya.

Beberapa tahun pasca peperangan, Mihawk kemudian tiba di pulau tersebut dan membuat kastil di pulau itu sebagai rumahnya. Kembali, kita tidak pernah tahu alasan mengapa Mihawk memilih Kuraigana sebagai tempat tinggalnya. Entah apakah Kuraigana memiliki koneksi dengan masa lalu atau keluarga dari Mihawk atau ada alasan lainnya.

Yang menarik adalah jauh sebelum era bajak laut berada di momen keemasannya, Mihawk sendiri sudah sangat terkenal dimana-mana. Dracule Mihawk dikenal sering sekali menantang musuh-musuh yang jauh lebih kuat darinya untuk bertarung, dan pada akhirnya berhasil mengalahkan mereka. Itulah kemungkinan alasan mengapa Mihawk mendapatkan julukan ahli pedang terkuat di dunia.

Mihawk kemudian tertarik kepada sosok Shanks dan melihatnya sebagai rival terbesar. Sebagai sosok ahli pedang terbaik di dunia, tentunya banyak yang penasaran mengapa kemudian pada akhirnya dia mau melatih Zoro saat time-skip terjadi. Para fans sendiri banyak yang berspekulasi mengenai hal ini. Salah satu spekulasi yang menarik adalah karena Mihawk diperintah oleh Monkey D. Dragon.

Dalam spekulasi yang cukup populer tersebut dinyatakan bahwa ada dugaan bahwa Mihawk merupakan bagian dari kelompok Pasukan Revolusi. Sampai saat ini, banyak orang yang meragukan bahawa Mihawk adalah seorang bajak laut. Hal ini dikarenakan tidak ada petunjuk apa pun yang memperlihatkan bahwa Mihawk adalah bajak laut.

Contohnya adalah dia lebih senang untuk menyendiri dibandingkan memiliki kru seperti halnya para bajak laut lain. Bergabungnya Mihawk ke dalam sistem Shichibukai – sebelum dibubarkan – juga menjadi sebuah misteri. Mengapa Pemerintah Dunia menginginkan Mihawk? Apa yang kemudian membuat Mihawk setuju untuk bergabung dengan Shichibukai?

Hal tersebut yang kemudian menjadi dasar bagi berbagai spekulasi atau teori, termasuk spekulasi bahwa Mihawk adalah bagian dari Pasukan Revolusi. Ada kemungkinan bahwa bergabungnya Mihawk ke Shichibukai adalah cara agar Pemerintah Dunia berhenti mengejarnya. Jika dia bukan seorang bajak laut, mengapa kemudian dia diburu oleh Pemerintah Dunia?

Seperti halnya Zoro, dan juga karakter lain, Mihawk sendiri bisa jadi adalah sosok yang menentang keberadaan Pemerintah Dunia dan menantang mereka. Ketika kelompok Topi Jerami benar-benar akan dihancurkan oleh Kizaru di Sabaody, sosok yang tidak terduga kemudian muncul yaitu Bartholomew Kuma. Dengan menggunakan kemampuan Nikyu Nikyu no Mi, dia mengirimkan anggota Topi Jerami ke berbagai lokasi.

Yang menarik adalah lokasi yang menjadi tujuan para kru Topi Jerami tersebut tidak sembarangan. Kuma menerbangkan mereka ke lokasi di mana mereka bisa berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka. Meskipun belum diketahui apa alasan pastinya, hal tersebut seolah sengaja dilakukan demi mempersiapkan diri para kru Topi Jerami menghadapi situasi di New World. Kuma sendiri sepertinya bisa melihat kemampuan besar dalam kelompok Topi Jerami.

Zoro sendiri diperlihatkan dikirim ke pulau Kuraigana. Tetapi, yang menjadi sorotan adalah Mihawk nampak tidak terkejut dengan kemunculan Zoro di pulaunya. Meskipun terkadang Mihawk memperlihatkan sikap yang tidak peduli, setidaknya Mihawk bertanya bagaimana Zoro bisa berada di pulau tersebut. Tetapi, hal sebaliknya justru terjadi. Mihawk seolah sudah tahu bahwa Zoro akan tiba atau dikirim ke sana.

Bahkan, Mihawk sempat mencoba untuk menghentikan Zoro untuk keluar dari pulaunya akibat luka yang ada di tubuh Zoro. Kesimpulannya, Mihawk mungkin memang sudah sejak lama diberikan tugas untuk melatih Zoro oleh Dragon dan dia hanya tinggal menunggu waktunya saja. Tindakan Kuma dan Mihawk tersebut sepertinya sudah dikoordinasikan sebelumnya.

Teka-teki tentang siapa sosok Mihawk sebenarnya merupakan salah satu pertanyaan besar di seri One Piece. Dengan semua misteri yang menyelimuti sosok Mihawk, tentunya para fans pun penasaran dengan semua informasinya. Mudah-mudahan saja informasi tentang Mihawk bisa dihadirkan sebelum ceritanya selesai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.