Tinggal beberapa hari lagi serial Hawkeye akan segera rilis di saluran streaming Disney+. Hawkeye akan menceritakan kisah Clint Barton (Jeremy Renner) yang bertemu dengan seorang gadis bernama Kate Bishop (Hailee Steinfeld). Tidak lama setelah pertemuan mereka, terungkap bahwa mereka berdua mempunyai musuh yang sama, yaitu geng Tracksuit Dracula. Petualangan mereka kemudian secara tidak sengaja menjadi ajang Clint untuk melatih Kate sebagai Hawkeye berikutnya.

Selain Renner dan Steinfeld, dalam jajaran bintangnya, serial Hawkeye ini juga akan melibatkan aktor Tony Dalton sebagai Jack Duquesne. Di Marvel Comics, Jack sendiri adalah mentor sekaligus figur ayah dari Clint alias Hawkeye. Meskipun Jack adalah karakter tambahan yang menarik, kemunculan di serialnya kemungkinan bisa sedikit membingungkan penggemar. Dalton berusia lebih muda empat tahun dari Renner yang saat ini berusia 50 tahun, sehingga kisahnya tidak cocok sebagai “figur ayah” di serialnya. Apakah ini berarti kisah origins Hawkeye versi MCU akan berubah?

Origins Hawkeye dan Swordman di Marvel Comics

Meskipun masa lalu Hawkeye versi MCU masih misterius, di Marvel Comics, latar belakang Hawkeye diceritakan sebagai seorang pemuda yang tumbuh di tempat karnaval. Di tempat tersebut Hawkeye menjadi murid dari Jack Duquesne alias Swordman sebagai penghibur. Sebagai orang yang telah lama berkecimpung di dunia sirkus dan karnaval, Swordman adalah seorang penghibur yang mempertontonkan keahliannya dalam menggunakan pedang dan pisau. Setelah bertemu dengan Clint muda, Swordman melihat potensi dari Clint dan mengajari banyak hal padanya.

Di komik Solo Avengers (1987–1989), origin Hawkeye diceritakan lebih detail, di mana Clint adalah seorang gelandangan yang hidup seorang diri sampai dia bertemu dengan Swordman yang dia anggap ayah sendiri. Swordman kemudian mempekerjakannya dan membesarkan Clint sebagai muridnya. Tapi meskipun dia mengajarkan banyak hal pada Clint, Swordman menyadari bahwa keahlian Clint bukan menggunakan pedang, melainkan panah dan busur. Untuk memaksimalkan potensinya, Swordman meminta bantuan pada Trick Shot untuk mengajari Clint cara memanah.

Suatu hari, setelah Clint terkenal sebagai ahli memanah, Swordman kabur dengan membawa semua uang karnaval, di mana hal tersebut memaksa Clint untuk bertarung dengan Swordman. Saat Clint menaiki tali sirkus yang sangat tinggi, Swordman memotong talinya dan membuat Clint terjatuh dari ketinggian. Mengira Clint sudah mati, Swordman pun kabur. Sejak saat itu, Clint yang ternyata belum mati melanjutkan hidupnya sebagai superhero bernama Hawkeye. Pada beberapa titik, Swordman terkenal sebagai seorang villain, sampai akhirnya bertobat dan menjadi anggota Avengers di komik Avengers (1965).

Hawkeye dan Swordman di Marvel Cinematic Universe

Di MCU, latar belakang Hawkeye jarang sekali diceritakan. Penggemar langsung mengenalnya sebagai salah satu agen SHIELD di bawah kepemimpinan Nick Fury (Samuel L. Jackson), kemudian dia menjadi salah satu anggota pendiri Avengers di film The Avengers (2012). Tidak banyak informasi yang menjelaskan bagaimana dia menjadi anggota SHIELD, dan yang paling misterius adalah bagaimana dia menjadi seorang ahli memanah di Avengers.

Kemungkinan serialnya nanti akan membahas hal-hal yang selama ini jadi pertanyaan penggemar, khususnya kisah latar belakang Hawkeye sebagai ahli memanah yang konon tidak pernah meleset dari sasarannya. Jika Swordman diceritakan sebagai mentor Hawkeyedi cerita flashback serial Hawkeye, sepertinya hal tersebut membuat karakternya “agak” sia-sia dan tidak relevan. Akan lebih baik jika dia muncul sebagai sosok baru yang diperlihatkan kembali bersinggungan dengan Hawkeye di serialnya. Mungkin dengan latar belakang “teman lama” sepertinya akan lebih baik daripada “figur ayah”

Dengan begitu usia para aktornya menjadi lebih cocok, dan karakter Swordman bisa di eksplorasi lebih jauh di MCU, seperti misalnya sebagai anggota Avengers berikutnya. Versi MCU-nya juga bisa sedikit menambah kemampuan Swordman sebagai ahli memanah, dengan begitu flashback Hawkeye bisa menggambarkan Swordman sebagai saudara seperguruan Hawkeye di bawah guru Trick Shot. Kemudian mereka berdua sama-sama menjadi anggota SHIELD, sampai akhirnya sebuah kejadian membuat Swordman cemburu pada Hawkeye dan memutukan untuk mengambil jalan yang berbeda.

Perlu dicatat, bahwa masih ada kemungkinan Swordman muncul sebagai mentor pada masa lalu Hawkeye, tetapi jika begitu, kisahnya akan berhenti begitu saja di serial Hawkeye. Padahal karakternya mempunyai banyak potensi yang cukup menarik jika dia muncul sebagai sosok “teman” Hawkeye pada masa depan MCU, apalagi jika Swordman sampai bergabung dengan Avengers pada masa yang akan datang. Kita lihat saja, Geeks, siapa sebenarnya Swordman di serial Hawkeye nanti, apakah figur ayah atau teman lama Clint? Semuanya akan terjawab saat Hawkeye tayang perdana pada 24 November 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.