Kaido Merupakan salah satu dari empat penguasa samudera alias Yonko dalam cerita di seri One Piece. Kaido memiliki julukan “makhluk paling kuat di dunia” berkat kekuatan yang dia miliki. Hampir tidak ada bisa yang bisa membunuh atau sekedar melukai Kaido, karena mereka tidak cukup kuat untuk melakukan hal tersebut.

Kaido sendiri sebelum menjadi Yonko seperti sekarang, merupakan kru dari kelompok bajak laut Rocks bersama Big Mom dan juga Whitebeard. Meskipun Kaido merupakan karakter terkuat saat ini di serinya, dan juga merupakan karakter penting di arc Wano Country, terdapat cukup banyak kejanggalan dari karakternya. Apa saja kejanggalan yang ada di dalam diri Kaido? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Alasan Kaido di Wano

Seperti disebutkan di atas, Kaido merupakan salah satu karakter penting di arc Wano Country, di mana Kaido adalah villain utama di arc ini. Bahkan, bisa dibilang Kaido adalah villain yang paling penting bagi Luffy sejauh ini karena karakternya sudah diperkenalkan dan direferensikan sejak jauh-jauh hari, tepatnya sejak di arc Punk Hazard. Dan seiring berjalannya waktu, Kaido menjadi salah satu karakter penting dalam ceritanya.

Namun, yang masih menjadi pertanyaan besar dan menjadi sebuah kejanggalan adalah mengapa Kaido berada di Wano. Apa sebenarnya alasan utama Kaido berusaha menduduki Wano dan berada di sana? Dalam pertarungan melawan anaknya, Yamato, Kaido menegaskan bahwa dia tidak akan pergi atau meninggalkan Wano. Menurutnya, Wano adalah satu-satunya tempat yang akan dia tinggali. Apakah hal ini ada alasannya dengan senjata kuno? Bisa jadi.

Menjalin Kesepakatan dengan Pemerintah Dunia

Beberapa elemen besar dari pasukan Kaido selain Flying Six dan Gifters adalah para Numbers. Seperti yang dijelaskan oleh Big Mom, the Numbers merupakan hasil eksperimen gagal dari Pemerintah Dunia yang berupaya untuk kembali menghadirkan ras raksasa kuno (Ancient Giant). Yang menarik adalah kemudian Kaido pun memiliki para Numbers dan bahkan Kaido membuat mereka menjadi bagian dari kru kelompok bajak laut Beast.

Bagaimana kemudian Kaido bisa menjalin kesepakatan untuk bisa mendapatkan para Numbers tersebut masih belum diketahui. Logikanya adalah bajak laut tidak seharusnya memiliki relasi apa pun dengan Pemerintah Dunia. Yang juga menarik selain para Numbers, Pemerintah Dunia pun mencoba menjalin kesepakatan untuk menyuplai senjata dari Kaido.

Angkatan Laut Gagal Eksekusi Kaido

Kaido adalah sosok bajak laut yang luar biasa kuat. Daya tahannya menjadi sorotan utama dari sosok Kaido. Dia merupakan pemakan buah iblis Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu yang merupakan buah Mythical Zoan yang memberikan kemampuan untuk bisa merubahnya menjadi seekor naga raksasa. Kulit dan sisik dari Kaido benar-benar hampir tidak bisa ditembus akibat buah iblis ini. Selain membuat Kaido tidak terkalahkan, hal ini pun membuat Kaido menjadi sosok yang sulit untuk tewas.

Terbukti, sudah beberapa kali Kaido berhasil ditangkap dan coba dieksekusi oleh pihak angkatan laut. Namun, semua usaha tersebut selalu gagal karena kuatnya kulit Kaido. Yang menjadi pertanyaan kemudian bagaimana Kaido bertahan, mengingat angkatan laut biasanya menggunakan batu laut untuk menetralkan kemampuan buah iblis. Jika pun Kaido masih sanggup untuk bertahan, seharusnya angkatan laut memerintahkan Garp atau Sengoku untuk mengeksekusi Kaido.

Tidak Memiliki Bekas Luka

Di sepanjang hidupnya, Kaido diketahui hanya memiliki satu bekas luka yang pernah diberikan oleh Kozuki Oden. Hal ini terjadi sekitar 20 tahun lalu, ketika Oden berusaha untuk mengambil alih kembali Wano dari tangan Orochi dan Kaido. Di satu sisi, hal ini memperlihatkan bagaimana tangguh dan luar biasa kuatnya sosok Kaido. Tetapi, di sisi lain, hal ini dirasa kurang masuk akal.

Kaido diketahui sudah ditangkap oleh pihak angkatan laut kurang lebih 18 kali dan dia pun bahkan sudah pernah kalah sebanyak 7 kali dalam hidupnya. Mereka yang sudah pernah berhasil mengalahkan Kaido tentunya juga mampu melukai Kaido dalam pertarungan tersebut. Dan rasanya kecil kemungkinan jika dalam pertarungan tersebut tidak meninggal bekas luka di tubuh Kaido akibat dahsyatnya pertarungan yang terjadi. Pada kenyataanya, tidak ada sama sekali bekas luka lain selain yang diberikan Oden dan juga Zoro.

Nilai Buruan Kaido Bisa Lebih Besar

Kaido saat ini merupakan bajak laut dengan nilai buruan aktif paling besar di serinya, yaitu 4,611 milliar Belly. Meskipun terdengar dan terlihat sangat besar, sebenarnya angka tersebut dirasa kurang begitu cukup untuk memberikan nilai buruan Kaido saat ini. Shanks, yang baru menjadi Yonko selama enam tahun, sudah memiliki nilai buruan sebesar 4,048 milliar Belly. Padahal, Shanks belum cukup lama menjadi bajak laut seperti halnya Kaido.

Yang juga mengerikan adalah Kaido adalah sosok yang berbahaya dan seluruh krunya merupakan sosok yang kuat, karena semuanya adalah pengguna buah iblis Zoan. Artinya Kaido dan kru bajak laut Beast merupakan ancaman besar bagi Pemerintah Dunia, yang mana nilai buruannya tidak berbeda jauh dengan Shanks dirasa cukup janggal. Nilai buruan Kaido mungkin bisa menyentuh angka 5 Milliar seperti halnya Gol D. Roger.

Terlepas dari statusnya sebagai Yonko dan juga makhluk terkuat di dunia, pada kenyataanya banyak hal “aneh” yang muncul pada karakter Kaido. Entah apakah Oda Sensei memang sengaja menyembunyikan hal ini sampai waktu yang tepat atau karena ada alasan lainnya. Yang pasti, beberapa kejanggalan yang sudah disebutkan di atas tentunya bisa mendapatkan penjelasan yang masuk akal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.