Eternals adalah film Marvel Cinematic Universe ke-26 dan merupakan bagian dari Fase 4 MCU. Sementara filmnya sudah dirilis di Amerika Serikat sejak beberapa hari yang lalu, di Indonesia sendiri LSF baru Sabtu kemarin mengumumkan bahwa filmnya telah lulus sensor dan siap tayang di bioskop Indonesia. Menyambut hal tersebut, kemarin Disney mengeluarkan press release yang menyatakan bahwa film Eternals akan dijadwalkan rilis di Indonesia pada tanggal 10 November 2021.

Menjelang perilisan filmnya, sepertinya banyak penggemar yang penasaran dengan film Marvel yang satu ini. Hal itu karena film karaya karya Chloé Zhao ini adalah film solo Marvel yang langsung menceritakan banyak karakter dalam satu kisah. Tidak tanggung-tanggung, karakter yang dihadirkan di filmnya juga adalah ras kosmik Eternals, yang merupakan salah satu bagian penting dari semesta Marvel. Agar lebih siap saat menontonnya nanti, berikut guide lengkap film Eternals!

Plot Eternals

Film Eternals akan berfokus pada ras kosmik yang diciptakan oleh Celestials, yaitu Eternals. Mereka adalah sekelompok makhluk abadi yang mempunyai tugas untuk mengawasi dan membimbing umat manusia di Bumi sejak kedatangannya 7.000 tahun yang lalu. Namun, di sisi lain, mereka juga dilarang untuk ikut campur dalam permasalahan manusia, termasuk saat kejadian Avengers: Infinity Wars (2018) dan Endgame (2019). Oleh karena itu para manusia menganggap mereka seperti Dewa yang hadir pada saat mereka benar-benar diperlukan, khususnya saat Bumi diganggu oleh ras Deviants.

Selain Eternals, Celestials lebih dahulu menciptakan ras kosmik yang disebut Deviants. Namun, ciptaannya yang satu ini dianggap gagal karena mempunyai penampilan dan sifat yang buruk. Belum lagi mereka sangat senang untuk membuat kekacauan di Bumi. Dengan tujuan yang berbeda ini, pada akhirnya Eternals dan Deviants menjadi ras saingan yang menjadikan Bumi sebagai arenanya. Diceritakan bahwa setelah ribuan tahun tidak diganggu oleh Deviants, para Eternals ini harus kembali berkumpul untuk membasmi Deviants yang ingin menghancurkan Bumi.

Sejarah Penciptaan Eternals

Sementara kisah Eternals di MCU masih minim informasi karena baru akan memulai debutnya, di Marvel Comics justru Eternals sudah disinggung sejak tahun 1940. Kemudian pada tahun 1976, Jack Kirby kembali membangkitkan kisah Eternals dengan komik solonya yang berjudul Eternals #1. Kirby menggambarkan Eternals sebagai ciptaan entitas kosmik yang dianggap dewa luar angkasa, yaitu Celestials.

Di komiknya diceritakan bahwa Celestials telah tiba di Bumi sejak ribuan tahun yang lalu. Celestials kemudian menciptakan dua spesies baru yang merupakan hasil modifikasi dari DNA asli manusia purba, mereka adalah Eternals dan Deviants. Sementara Deviants adalah makhluk jahat yang bertujuan untuk membuat kekacauan di Bumi, Eternals adalah makhluk yang mempunyai tanggung jawab untuk melindungi dan membimbing umat manusia.

Lebih spesifik lagi, sejarah penciptaan Eternals dan tujuannya kembali diceritakan di komik Eternals Vol. 5 karya Kieron Gillen dan Esad Ribić, yang dirilis perdana pada bulan Januari 2021. Di komiknya ini dinarasikan bahwa Celestials tiba di Bumi satu juta tahun yang lalu, mereka kemudian melakukan eksperimen pada Homo Erectus, manusia purba pada saat itu. Para Celestials kemudian bekerja sama untuk menciptakan kehidupan baru di Bumi, di mana Ziran the Tester menciptakan 100 Deviants dan Nezarr the Calculator menciptakan 100 Eternals, dibantu oleh Celestials lain yang turut terlibat.

Para Karakter

Film Eternals akan berfokus pada sepuluh Eternals yang mewakili keragaman ras di Bumi. Kesepuluh Eternals ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yang pertama adalah Eternals pemikir yang terdiri dari Ajak (Salma Hayek), Sersi (Gemma Chan), Sprite (Lia McHugh), Phastos (Brian Tyree Henry), dan Druig (Barry Keoghan). Dan yang kedua adalah Eternals petarung yang terdiri dari Thena (Angelina Jolie), Ikaris (Richard Madden), Kingo (Kumail Nanjiani), Makkari (Lauren Ridloff), dan Gilgamesh (Don Lee).

Para Eternals nanti akan menghadapi ras Deviants yang dipimpin oleh Kro (Bill Skarsgård). Selain Eternals dan Deviants, akan ada juga seorang manusia bernama Dane Whitman (Kit Harington) yang digadang-gadang akan menjadi superhero Black Knight pada masa depan Marvel Cinematic Universe.

Kekuatan Eternals

Di filmnya nanti, para Eternals akan diperlihatkan mempunyai kekuatan kosmik yang sakti. Selain sakti, kekuatan super yang mereka miliki juga terbilang sangat unik, di mana masing-masing Eternals mempunyai kekuatan supernya sendiri dan tidak bisa ditiru oleh Eternals lain, seperti Ikaris yang bisa terbang, Thena yang bisa menciptakan senjata, Phastos yang menciptakan teknologi kosmik, Druig yang bisa memanipulasi pikiran, Makkari yang bisa berlari cepat, Sprite yang bisa menciptakan ilusi, Gilgamesh yang memiliki tinju kosmik, Ajak yang mempunyai kekuatan penyembuh, dan Kingo yang bisa menembakan proyektil energi dari tangannya.

Perbedaan Antara Film dan Komik

Sementara di Marvel Comics, Eternals adalah makhluk spesial yang sudah sejak awal berada di Bumi, para Eternals difilmnya nanti digambarkan sebagai sosok alien dari ruang angkasa yang tiba di Bumi 7.000 tahun yang lalu, untuk membantu umat manusia menciptakan peradaban yang lebih maju. Selain itu, pemimpin Eternals di MCU juga berbeda. Di Marvel Comics sebenarnya Eternals dipimpin oleh Zuras, Eternals pertama yang konon kekuatannya setara dengan Odin. Namun di MCU, Eternals dipimpin oleh Ajak yang mempunyai kekuatan penyembuh.

Selain latar belakang, beberapa Eternals juga dihadirkan dengan gender yang berbeda dengan di Marvel Comics. Di komiknya, Ajak, Sprite, dan Makari dihadirkan sebagai pria, sedangkan di MCU mereka diperankan oleh aktor wanita. Selain itu, untuk pertama kalinya Marvel juga memperkenalkan Makkari sebagai Eternals tunarungu di filmnya. Dari penampilan juga beberapa di antara mereka tampak berbeda, misalnya Kingo, di komiknya dia diperlihatkan sebagai seorang samurai, sedangkan versi MCU-nya adalah seorang bintang Bollywood.

Durasi dan Credit Scene

Film Eternals akan berdurasi 2 jam 34 menit, lebih lama lima menit dari Avengers: Infinity Wars (2018). Di filmnya nanti durasi tersebut akan dibagi menjadi dua timeline. 40% dari durasi film akan bercerita tentang kejadian pada masa lalu, dan 60% dari durasi film akan berlangsung pada masa sekarang, tepatnya setelah kejadian Avengers: Endgame (2019).

Menariknya, di akhir film Eternals nanti sudah dikonfirmasi akan ada dua credit scene. Sutradara Chloé Zhao bahkan sampai menyarankan kepada penggemar untuk tidak meninggalkan bioskop saat filmnya selesai, karena dua credit scene tersebut akan sangat mengejutkan dan sama-sama penting.

Sebelumnya Presiden Marvel Studios Kevin Feige sempat mengatakan bahwa film Eternals akan mengeksplorasi penciptaan dan mendefinisikan ulang Marvel Cinematic Universe. Dengan semua yang ditawarkan oleh filmnya, cukup jelas bahwa Eternals adalah salah satu film menarik MCU yang akan sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa saksikan para Eternals di bioskop kesayangan kalian, Geeks, dan kita lihat kejutan apa yang akan dihadirkan di filmnya nanti!

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.