Morbius adalah film ketiga Marvel yang diproduksi oleh Sony Picture sebagai bagian dari Sony’s Spider-Man Universe. Filmnya bercerita tentang seorang ilmuwan bernama Dr. Michael Morbius yang mencari obat untuk menyebuhkan penyakit darah langkanya. Dia kemudian bereksperimen dengan kelelawar penghisap darah yang justru membuatnya menjadi seperti vampir. Dia terlahir kembali sebagai sosok yang mempunyai kekuatan super sekaligus kelemahan yang mengharuskannya meminum darah segar, sehingga dia harus bertarung dengan batinnya sendiri yang sebenarnya masih merasa manusia.

Film Morbius awalnya akan dirilis pada tahun 2020 lalu, tetapi karena pandemi COVID-19 filmnya terpaksa dimundurkan sampai tahun 2022. Film ini disutradarai oleh Daniel Espinosa, serta ditulis oleh duo Matt Sazama dan Burk Sharpless yang terkenal dengan karya dark fantasy-nya seperti Dracula Untold (2014), The Last Witch Hunter (2015), and Gods of Egypt (2016). Selain Jared Leto yang berperan sebagai Morbius, film ini juga dibintangi oleh Matt Smith sebagai Loxias Crown, Adria Arjona sebagai Martine Bancroft, Tyrese Gibson sebagai Simon Stroud, dan Michael Keaton sebagai Vulture.

Belum jelas apakah Vulture di film Morbius adalah karakter yang sama dengan di Marvel Cinematic Universe atau hanya varian. Yang jelas film Venom: Let There Be Carnage (2021) yang dirilis beberapa waktu lalu telah mengindikasikan hubungan antara SSU and MCU. Menariknya, seakan ingin menegaskan bahwa Morbius juga ada di semesta yang sama dengan Venom, baru-baru ini trailer featurette Morbius memperlihatkan easter egg Venom. Simak potongan trailernya di bawah ini:

Dari potongan trailer yang dibagikan oleh akun Twitter Spider-Man News and Leaks, terlihat adegan di mana Morbius ditodong menggunakan pisau. Seketika Morbius langsung memelintir tangan penodong tersebut dengan kekuatan yang luar biasa. Saat penodong tersebut bertanya tentang siapa sebenarnya dia, Morbius menjawab dengan bercanda, “I am Venom.” Adegan tersebut sama seperti yang dilakukan Venom di film Venom (2018), saat seorang perampok menodongnya.

Dengan Morbius yang menegaskan bahwa Venom berada di semesta yang sama, tampaknya sejauh ini Sony’s Spider-Man Universe telah berjalan dengan baik. Masuk akal mengapa Sony sangat berambisi dengan SSU-nya, mengingat mereka mempunyai banyak materi menarik untuk dihadirkan di semestanya. Kita lihat saja nanti, siapa saja yang akan muncul di film Morbius, saat filmnya dirilis di bioskop pada tanggal 28 Januari 2022.
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.