Artikel ini Mengandung Spoiler!

Venom 2 adalah film Marvel non-MCU yang akan menceritakan pertarungan antara dua musuh Spider-Man yaitu symbiote Venom dan Carnage. Sementara versi mereka di komik berada di dunia yang sama, Venom dan Spider-Man versi live-action justru berada di universe yang berbeda. Venom (Tom Hardy) berada di Sony’s Spider-Man Universe (SSU) yang dipegang oleh Sony Pictures, sedangkan Spider-Man (Tom Holland) berada di Marvel Cinematic Universe (MCU) yang dipegang oleh Disney. Syukurnya, karena sebuah kejadian Multiverse, mereka dipastikan akan segera bertemu pada masa yang akan datang.

Adegan pasca-kredit Venom 2 memungkinkan pertemuan antara Venom dan Spider-Man di MCU. Dan yang lebih menariknya lagi, pertemuan mereka bisa saja terjadi di film Spider-Man: No Way Home mendatang. Trailer No Way Home memperlihatkan kehadiran berbagai musuh Spider-Man yang sebelumnya hadir di waralaba Spider-Man lain, termasuk Doctor Octopus (Alfred Molina) dan Electro (Jamie Foxx). Dengan kehadiran para musuh Spider-Man ini, dirumorkan bahwa Sinister Six akan menjadi tim supervillain yang harus dihadapi oleh Spider-Man, di mana salah satunya bisa saja Venom.

Setelah sekian lama bungkam, akhirnya Presiden Marvel Studios Kevin Feige memberikan tanggapannya terkait adegan pasca-kredit Venom 2. Baru-baru ini dalam acara premier Eternals, Kevin Feige mengatakan pada The Hollywood Reporter bahwa selama ini Sony dan Marvel telah melakukan banyak koordinasi. “Jika kalian belum mengetahui semua koordinasi [kami], saya tidak akan menjadi orang pertama yang memberi tahu kalian,” kata Feige. “Tetapi ya, antara Sony, Marvel, tim Venom, dan tim No Way Home, kami bekerja sama untuk itu.”

Peryataan ini secara tidak langsung menegaskan bahwa crossover antara Venom dan Spider-Man sudah direncanakan sejak lama oleh Marvel dan Sony. Akan menarik melihat bagaimana akhirnya dua karakter favorit penggemar ini bertemu, mengingat sekarang Venom digambarkan sebagai seorang anti-hero. Jika benar Venom akan hadir di No Way Home, berarti kita akan segera menemukan jawabannya saat filmnya dirilis pada tanggal 25 Desember 2021. Namun sebelum itu, kita bisa menyaksikan lebih dahulu Venom 2, yang saat ini dijadwalkan rilis pada tanggal 9 November 2021 di bioskop seluruh Indonesia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.