Spider-Man dan Venom adalah dua karakter Marvel yang sudah bertarung sejak lama. Dari memulai sebagai lawan, sampai bersaing ketika telah menjadi sekutu. Sementara Venom memulai debutnya sebagai penjahat, pada akhirnya Venom justru bersekutu dengan Spider-Man saat melawan Carnage, dan sejak saat itu dia menjadi anti-hero terfavorit di Marvel Universe. Film live-action Venom (2018) memperkenalkan Venom (Tom Hardy) langsung sebagai anti-hero, tetapi di universe yang berbeda dengan Spider-Man (Tom Holland). Pertanyaannya apakah mereka bisa bertemu pada masa yang akan datang?

Sementara di Marvel Comics Spider-Man dan Venom sudah cukup sering bertemu, dahulu pertemuannya di layar lebar tidak semudah yang dibayangkan, apalagi saat Venom pertama kali diperkenalkan di dunia Sony Pictures Universe of Marvel Characters (SPUMC), berbeda dengan Spider-Man yang berada di Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun, tampaknya sekarang pertemuan mereka bukanlah hal yang mustahil, mengingat MCU sudah memperkenalkan multiverse di awal fase 4 ini, dan Sony mengubah nama SPUMC menjadi Sony’s Spider-Man Universe (SSU). Hal itu menyebabkan pertemuan antara Spider-Man dan Venom tidak terelakan.

Baru-baru ini, saat mempromosikan sekuel Venom mendatang yang berjudul Venom: Let There be Carnage, sutradara Andy Serkis dan aktor Tom Hardy menyatakan bahwa multiverse dan pertemuan antara Venom dan Spider-Man pasti akan terjadi, tetapi mereka tidak tahu “kapan” dan “bagaimana” caranya. Semua menjadi makin jelas ketika film Spider-Man: No Way Home mendatang kemungkinan besar mengangkat konsep Spider-Verse, di mana banyak karakter dari waralaba Spider-Man lain yang muncul. Karena dengan begitu bukan tidak mungkin Venom akan muncul juga di MCU.

Hanya saja karena hak atas kedua karakter ini dipegang oleh dua perusahaan film yang berbeda, Spider-Man Holland oleh Disney dan Venom Hardy oleh Sony, tinggal kedua perusahaan menyepakati kisah siapa yang akan diutamakan, siapa yang mengunjungi siapa. Jika kisah Venom di SSU menjadi yang utama, maka Spider-Man bisa saja dengan multiverse MCU-nya mengunjungi SSU dengan mudah dan muncul di akhir film Venom: Let There be Carnage sebagai cameo singkat atau bahkan membantu pertarungan terakhir Venom dan Carnage, seperti di komiknya. Tetapi yang agak lebih sulit adalah jika kisah Spider-Man di MCU yang utama, karena sejauh ini Venom belum mengenal multiverse.

Walaupun lebih sulit, tetapi tampaknya itu bisa menjadi awal yang menarik untuk kisah keduanya. Misalnya di akhir film Venom: Let There be Carnage, Venom mengejar Carnage yang sudah kalah ke dalam sebuah portal misterius yang membawanya ke multiverse, yang ternyata mengarah pada kejadian MCU di Spider-Man: No Way Home saat Spider-Verse terbuka oleh Doctor Strange. Ketika Doc Ock, Electro, dan yang lainnya muncul, Venom yang kebingungan akan bergabung dengan mereka untuk melawan Spider-Man dan membentuk Sinister Six. Sampai akhirnya Venom sadar bahwa dia berada di tim yang salah dan membantu Spider-Man agar dia bisa mendapatkan jawaban untuk kembali ke SSU.

Di akhir film, setelah semua mereda, Venom dibantu oleh Spider-Man dan Doctor Strange untuk kembali ke SSU. Namun, secara tidak sengaja Spider-Man terbawa ke SSU dan terjebak untuk sementara waktu di sana, membangun kisahnya sendiri di SSU. Apa pun itu, cukup jelas bahwa pertemuan antara Spider-Man dan Venom sudah tidak mungkin terelakan lagi!

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.