Sejak awal diperkenalkan di cerita One Piece, Oda Sensei sudah sangat jelas memperlihatkan bahwa Kaido merupakan karakter yang paling kuat di serinya saat ini. Namun, dalam banyak momen, sering kali sosok Kaido ini dibandingkan dengan sosok Rayleigh, Roger, Whitebeard, dan masih banyak lainnya ketika mereka masih di masa kejayaanya.

Padahal, jika melihat dari apa yang sudah dihadirkan sejauh ini mengenai Kaido, dia merupakan sosok yang sangat epik. Kaido sendiri merupakan sosok bajak laut nomor 4 terkuat di dunia, setelah Rocks, Roger, dan Whitebeard. Nilai buruan yang dimilikinya pun berada di peringkat ketiga dengan nilai 4,611 milliar Belly, di bawah Roger dan Whitebeard.

Dari segi kemampuan pun Kaido bisa dibilang menjadi yang paling dahsyat untuk saat ini. Dia merupakan salah satu pengguna buah iblis terbaik di dunia One Piece, dan juga merupakan pemilik buah iblis Zoan paling kuat. Berbicara mengenai kemampuan Kaido, selain buah iblis, hal epik mengenai Kaido adalah daya tahannya yang luar biasa. Tubuhnya benar-benar sangat kuat, hampir tidak ada serangan yang bisa melukainya.

Sejak chapter 987 sampai 1010, Kaido sudah banyak menerima serangan. Contohnya adalah ketika sebagian Red Scabbards menusuk bagian dada dari Kaido dan mendorongnya jatuh dari panggung utama di chapter 987. Pada chapter tersebut pun kita melihat Kiku sempat menusuk lengannya, Izo menembak tangannya, Nekomamushi memutar lengannya, dan Raizo bahkan menyayat lehernya.

Di chapter 991 Kinemon sempat menyerang bagian mulutnya. Di chapter 992, Nekomamushi dan Inuarashi sempat menyerang dan menusuk tubuh Kaido. Kawamatsu pun menyayat bagian mulutnya. Izo dan Kiku pun kembali menyerang Kaido dengan mengarahkannya ke bagian leher. Raizo sempat membalikan serangan Boro Breath milik Kaido sehingga mengenai kembali tubuhnya.

Dan yang paling epik di chapter 992 tersebut adalah ketika Red Scabbards menggunakan teknik Tougen Totsuka milik Oden di bekas luka Kaido. Luffy kemudian menyerangnya dengan teknik Red Roc di chapter 100 dan berhasil membuat kaido tersungkur ke tanah. Luffy juga berhasil menghajar Kaido dengan teknik Kong Gun di chapter 1001. Kidd berhasil menghancurkan Kaido dengan Punk Vise di chapter yang sama dan Law pun menggunakan teknik Takt.

Zoro dan Killer pun sempat menyerang Kaido dengan teknik andalan mereka pada chapter 1001. Di chapter 1002, Kidd menggunakan Slam Gibson untuk menyerang Kaido sedangkan Law menggunakan Gamma Knife. Killer menggunakan teknik Scyther Sonic dan Luffy menghajar Kaido dengan serangan beruntun seperti Kong Rifle, Rhino Schneider, dan Kong Gatling.

Zoro kembali menyerang Kaido di chapter 1003 dengan teknik Tatsumaki. Dan di chapter 1010, kita melihat Law menggunakan Injection Shot, Zoro menggunakan Asura, dan Luffy menggunakan teknik serangan yang dilapisi Haki Penguasa. Berdasarkan berbagai serangan di atas, jika lawan yang dihadapi adalah lawan yang biasa tentunya sosok tersebut sudah tewas.

Namun, yang terjadi adalah Kaido masih bisa bertahan. Bahkan, saat ini dia sedang bertarung melawan Yamato. Mungkin hanya Zoro dan Luffy yang berhasil melukai Kaido, berkat adanya Haki Penguasa yang dilapisi di serangan mereka. Jadi, rasanya tidak perlu diragukan lagi bahwa Kaido memang merupakan sosok yang sangat luar biasa.

Kaido tidak kalah dengan karakter-karakter hebat lain di masa jayanya. Meski pun Kaido memang kemudian harus kalah, namun ketika Kaido kalah para fans akan mengakui bahwa memang Kaido bukanlah sosok sembarangan. Oda sudah membuktikan bagaimana kualitas seorang Yonko dan juga kualitas makhluk paling kuat di seluruh dunia. Kaido memiliki level ancaman dan intimidasi paling epik dan paling mengerikan yang pernah ditampilkan di seri One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.