Klan Shimotsuki bukan hanya menjadi klan yang diduga kuat menjadi asal-usul garis keturunan Zoro. Ada kemungkinan sesuatu yang jauh lebih besar tentang klan Shimotsuki juga muncul bersamaan dengan terungkapkan fakta ini. Salah satu alasan mengapa Zoro diduga kuat merupakan salah satu keturunan dari klan Shimotsuki adalah apa yang pernah diungkapkan oleh Kawamatsu.

Kawamatsu sebelumnya pernah mengatakan bahwa klan Shimotsuki dikenal karena ketangguhan mereka. Dan seperti yang kita ketahui di ceritanya, Zoro pun dikenal memiliki ketangguhan yang sangat luar biasa, dan dia pun selalu bisa bertahan dari serangan tersebut. Contohnya adalah Zoro pernah mendapatkan tebasan dari Mihawk di awal pertemuan mereka. Namun, dia berhasil bertahan hidup.

Kemudian di Thriller Bark, Zoro mampu menahan rasa sakit yang dialami oleh Luffy setelah Kuma memindahkan rasa sakit tersebut kepada Zoro, setelah sebelumnya Luffy bertarung melawan Moria. Di Onigashima, Zoro bukan hanya berhasil menahan serangan kombinasi Big Mom dan Kaido, yang mampu meluluh lantakan Onigashima, tetapi dia juga berhasil memberikan celah bagi Supernova lain untuk menyelamatkan diri dari serangan tersebut..

Questa immagine ha l'attributo alt vuoto; il nome del file è wer3.pngOda juga diketahui memiliki rencana akhir cerita yang menarik untuk arc Wano (yang mana kemungkinan ada kaitannya dengan masa lalu Zoro dan juga apa yang sedang terjadi di dunia luar). Oda menyebutkan bahwa dia tertarik untuk menghadirkan cerita Zoro yang pergi ke makam Ryuma untuk memberikan penghormatannya.

Selain itu, pengungkapan fakta bahwa Shimotsuki Ushimaru memiliki kemiripan dengan Zoro – yang mana kemudian “dikonfirmasi” oleh Hyogoro di chapter 1023 kemarin. Selain beberapa hal di atas, ada juga poin-poin penting yang dihadirkan oleh Oda mengenai Zoro selama di arc Wano. Contohnya Shimotsuki Yasuie adalah sosok yang selalu menjadi “teman” Zoro selama di Wano.

Questa immagine ha l'attributo alt vuoto; il nome del file è vZhUc9H.pngOda Sensei juga sepertinya begitu perhatian terhadap sosok Zoro. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya momen Zoro dalam menghadapi musuh kuat. Sederet karakter kuat di dunia One Piece pernah dihadapi Zoro. Contohnya adalah Hawkins, Killer, dan juga Mihawk. Oda juga memberikan perkembangan karakter Zoro dengan sangat epik, apalagi di arc Wano ini. Contohnya zoro bertemu dengan Hiyori, putri Oden. Kemudian membuka kemampuan Haki Penguasa miliknya.

Zoro juga diperlihatkan berhasil melukai Kaido, mampu memotong api, bertarung melawan King, dan sebagainya. Di awal serinya, kita sempat diperlihatkan bagaimana masa lalu dari Zoro ketika usianya 7 atau 8 tahun. Sama seperti Luffy, kita tidak tahu lebih lanjut mengenai masa lalu Zoro sebelum itu. Kita juga bahkan tidak tahu bagaimana dia bisa berada di East Blue. Apakah dia memang lahir di sana? Atau justru dia sempat berada di Wano sebelum kemudian pergi ke East Blue?

Salah satu hal yang menjadi bahan perdebatan dan diskusi para fans mengenai Zoro ini adalah mengapa kemudian Oda Sensei harus menunggu sampai 1000 chapter lebih untuk kemudian mengungkapkan tentang masa lalu Zoro. Berbicara mengenai masa lalu Zoro, terdapat sebuah spekulasi menarik lainnya mengenai Zoro ini yaitu kemungkinan di akhir ceritanya nanti akan terungkap bahwa Zoro juga memiliki semangat atau tekad D.

Kita mengetahui bahwa mereka yang menjadi bagian atau memiliki tekad D dalam diri mereka selalu tewas dengan tersenyum. Selain itu, mereka yang memiliki tekad D juga memiliki masa lalu yang buruk. Hal ini kita bisa lihat di diri Luffy, Law, bahkan Blackbeard. Law dan Luffy dibesarkan tanpa orang tua, dan mereka memutuskan untuk menjadi bajak laut untuk mencari kebebasan.

Meski pun kita masih belum mengetahui seperti apa masa lalu Zoro, namun bisa jadi dia juga merasakan apa yang Luffy rasakan. Sehingga dia bisa setangguh seperti saat ini. Dan jika melihat “tanda-tanda” yang muncul dalam diri Zoro yang berkaitan dengan mereka yang memiliki tekad D, bisa dibilang teori bahwa Zoro pun merupakan bagian dari mereka yang memiliki tekad D bisa jadi memang masuk akal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.