Sinister Six adalah salah satu tim penjahat super legendaris di Marvel Comics. Mereka adalah musuh-musuh Spider-Man yang membentuk tim penjahat super yang lebih sering beranggotakan enam orang penjahat, tujuannya selalu sama yaitu mengalahkan Spider-Man. Sinister Six sudah sejak lama dirumorkan akan hadir dalam bentuk live-action sejak waralaba Spider-Man karya Sam Raimi, termasuk dirumorkan akan muncul di The Amazing Spider-Man 3 yang gagal tayang. Dan sekarang, kabarnya Sinister Six akan benar-benar muncul di film ketiga Spider-Man MCU yang berjudul Spider-Man: No Way Home.

Trailer perdana Spider-Man: No Way Home yang baru rilis beberapa waktu lalu memperlihatkan karakter Doctor Octopus (Alfred Molina), kemudian listrik kuning yang mengindikasikan Electro (Jamie Foxx), bom labu yang mengindikasikan Green Goblin, gunukan pasir hidup yang mengindikasikan Sandman, dan terakhir cuplikan singkat beresolusi rendah yang memperlihatkan Lizard. Tinggal menunggu waktu sampai anggota keenam muncul dan membentuk Sinister Six. Namun, dengan namanya yang cukup besar, siapa sebenarnya Sinister Six ini? Bagaimana sejarah mereka terbentuk pertama kali?

Di Marvel Comics, Sinister Six adalah tim sementara yang dibentuk untuk mengalahkan Spiderman, biasanya tim ini akan bubar dengan sendirinya ketika berhasil dikalahkan dan kemudian dibentuk lagi dengan anggota baru, tetapi pada dasarnya tujuan mereka tetap sama seperti sebelumnya. Melakukan debutnya pertama kali di komik Amazing Spider-Man Annual, tim Sinister Six diciptakan oleh legenda Marvel yaitu Stan Lee dan Steve Ditko pada tahun 1964. Tim pertama Sinister Six dibentuk oleh Doctor Octopus dengan anggota yang terdiri dari Vulture, Electro, Kraven the Hunter, Mysterio, dan Sandman.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Sejak saat itu mereka terus berganti anggota, dan bahkan sesekali anggota mereka berjumlah tujuh penjahat dengan sebutan Sinister Seven dan berjumlah dua belas penjahat dengan sebutan Sinister Twelve. Selain enam penjahat di atas, banyak sekali penjahat yang pernah tercatat sebagai anggota Sinister Six, di antaranya adalah Hobgoblin, Beetle, Shocker, Venom, Green Goblin, Lizard, Rhino, Scorpion, dan masih banyak lagi. Mereka pun mempunyai sejarah yang sangat panjang di komik, dari mulai komik Spider-Man and the X-Men (2015) sampai yang terbaru yaitu Sinister War (2021).

Walaupun pada akhirnya Spider-Man selalu berhasil memenangkan pertarungan, tetapi Sinister Six selalu berhasil menekannya sampai pada titik terendah. Sebagai contoh di game Marvel’s Spider-Man saja, Peter Parker alias Spider-Man harus kehilangan Bibi May karena ancaman yang disebabkan oleh Sinister Six. Jika Sinister Six benar-benar muncul di Spider-Man: No Way Home, tampaknya Peter Parker (Tom Holland) membutuhkan semua bantuan yang bisa dia dapatkan, termasuk bantuan dari Doctor Strange, Daredevil, bahkan Spider-Man Tobby Maguire dan Andrew Garfield. Kita nantikan saja ya, Geeks!

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.