Trailer perdana Spider-Man: No Way Home telah mengungkap banyak hal yang mengejutkan sekaligus menarik bagi penggemar. Selain Multiverse, trailernya juga memperlihatkan kehadiran Doctor Strange dan Wong, serta penjahat dari dua waralaba Spider-Man sebelumnya, seperti Green Goblin yang diperlihatkan bom ikoniknya, Lizard yang terlihat sekilas dalam resolusi rendah, Sandman dengan gunukan pasirnya, Electro (Jamie Foxx) dengan listrik kuningnya, dan Doc Ock (Alfred Molina) yang kemunculannya membuat penggemar sangat bersemangat.

Dr. Otto Octavius alias Doc Ock versi Molina melakukan debutnya di film Spider-Man 2 karya Sam Raimi pada tahun 2004. Sebagai penjahat utama di filmnya, Doc Ock awalnya digambarkan sebagai ilmuwan baik yang sangat berambisi untuk menciptakan energi baru yang bisa mempermudah hidup manusia. Ironisnya, penemuan tersebut membuat laboratoriumnya hancur dan membuat istrinya terbunuh. Sejak saat itu dia makin berambisi untuk memperbaiki kesalahan temuannya dengan alat yang lebih besar lagi. Dengan bantuan empat lengan robotiknya, dia menjadi ancaman sulit bagi Spider-Man.

Sejak Alfred Molina mengklaim bahwa dirinya akan terlibat di No Way Home, banyak penggemar yang menyambut baik keterlibatannya di Marvel Cinematic Universe. Namun, sebagian besar penggemar bertanya-tanya, bagaimana dia bisa hidup kembali sedangkan di Spider-Man 2 dia diperlihatkan mati? Dan setelah dia muncul di trailer No Way Home, pertanyaan baru muncul, mengapa dia tampak kembali jahat padahal di akhir Spider-Man 2 dia melakukan pengorbanan heroik? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, ada kemungkinan dia kembali jahat karena dikendalikan oleh lengan robotiknya!

Seperti yang kita tahu, salah satu faktor yang membuatnya berubah menjadi Doc Ock yang mengerikan adalah lengan robotiknya. Sensor yang ditancapkan di lehernya awalnya dimaksudkan untuk mengendalikan lengan robotik yang dia ciptakan, tetapi ledakan dari kegagalan temuan pertamanya justru merusak sensor tersebut dan malah membuat Doc Ock dikontrol ambisinya oleh lengan robotik tersebut. Di akhir Spider-Man 2, Doc Ock diperlihatkan berhasil menguasai lengan robotiknya, ditandai dengan perubahan warna lampu dari merah ke putih di tengah lengan robotiknya.

Dan Dock Ock yang muncul di trailer Spider-Man: No Way Home kembali diperlihatkan dengan lengan robotik yang bermata merah. Hal itu mengindikasikan bahwa kesadaran dan ambisi Doc Ock sekarang dikuasai kembali oleh lengannya. Sehingga tidak aneh mengapa dia dengan kostum lamanya di Spider-Man 2, muncul mengatakan “Halo, Peter,” dengan senyum yang mengerikan. Jika melihat dirinya yang memanggil nama Peter, berarti Doc Ock di No Way Home sudah mengetahui identitas asli Spider-Man, yang di film Spider-Man 2 dia ketahui di akhir film saat kembali tersadar dan melakukan pengorbanan heroiknya.

Kemungkinan besar Doc Ock memang tidak bisa lama dalam mengendalikan lengan robotiknya, sehingga akhirnya lengan robotiknya kembali menguasai Doc Ock. Sementara belum dijelaskan bagaimana dirinya bisa muncul di No Way Home, apakah langsung setelah kejadian di Spider-Man 2 atau ada jeda yang cukup panjang, yang jelas versinya sekarang bukan Doc Ock yang baik. Apakah dia bisa kembali disadarkan? Atau memang dia sudah sepenuhnya bersatu dengan lengannya dan menjadi Doc Ock yang jahat? Semuanya akan terjawab saat Spider-Man: No Way Home rilis pada tanggal 17 Desember 2021.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.