Marvel Studios kemarin merilis final trailer Eternals, yang mengungkap ras apa saja yang akan dihadirkan di filmnya, termasuk Celestials, Eternals, dan Deviants. Seperti yang kita tahu dari trailer pertamanya, Celestials menciptakan Eternals sebagai ras indah dan abadi untuk membimbing umat manusia. Selain Eternals, Celestials juga menciptakan ras Deviants yang merupakan kebalikan dari Eternals, bentuk mereka buruk rupa dan mereka bertujuan untuk membuat kekacauan di Bumi. Namun, di Marvel Comics ternyata Celestials juga menciptakan ras ketiga yang tidak kalah hebatnya, yaitu Mutan!

Di Marvel Comics, Celestials adalah makhluk kosmik yang sering melibatkan dirinya dengan manusia dan Bumi. Mereka adalah makhluk yang bertanggung jawab atas evolusi manusia. Pada zaman purba mereka sering melakukan eksperimen terhadap manusia sehingga menghasilkan ras indah Eternals, ras buruk rupa Deviants, dan ras manusia ‘biasa’ yang membawa X-gene dalam darahnya. Manusia dengan X-gene ini berpotensi untuk berevolusi menjadi manusia super alias mutan, atau setidaknya mempunyai keturunan mutan. Jika kisah Celestials versi Marvel Comics ini menjadi referensi versi MCU-nya, maka ada kemungkinan film Eternals akan menjadi jalan mutan untuk masuk MCU!

Sementara Marvel Studios belum mengonfirmasi hal ini, banyak indikasi yang membuat film Eternals sangat layak menjadi jalan masuk bagi mutan. Film Eternals berlatar waktu ribuan tahun yang lalu sejak Eternals pertama kali sampai di Bumi, hal ini bisa membuka kemungkinan untuk para Eternals berkembang biak dengan manusia biasa dan menghasilkan keturunan mutan. Namun di MCU bisa saja diceritakan bahwa keturunan Eternals ini terus bersembunyi untuk bertahan hidup, atau setidaknya mewarisi kebiasaan leluhurnya untuk bersembunyi dan berbaur dengan manusia biasa.

Indikasi lainnya adalah pertemuan Eternals Thena dengan Deviants Kro di final trailer Eternals. Mereka bisa saja saling jatuh cinta dan kemudian menghasilkan keturunan mutan seperti Marvel Comics, di mana Thena dan Kro mempunyai anak kembar yang mempunyai kekuatan super. Sementara di trailernya tidak jelas kapan Thena dan Kro bertemu, MCU bisa saja menceritakan bahwa mereka akhirnya mempunyai anak di zaman mesir kuno, dan anak tersebut adalah En Sabah Nur alias Apocalypse yang merupakan mutan tertua yang pernah ada. Dari situ kisah mutan bisa terus dikembangkan sampai saat ini.

Terlepas dari menariknya teori kali ini, dan banyaknya referensi komik yang bisa diadaptasi oleh Marvel Studios, perlu dicatat bahwa semuanya hanya bisa dibuktikan saat filmnya nanti rilis. Cukup jelas bahwa dengan akuisisi 20th Century Fox oleh Disney telah memungkinkan mutan untuk bergabung dengan MCU. Namun, memasukan mutan bukan lah hal yang mudah, mengingat posisi mutan yang sudah mendarah daging di Marvel Comics, sehingga tidak bisa sembarangan memasukannya ke MCU. Dan film Eternals bisa saja menjadi salah satu solusi untuk masalah tersebut, yaitu dengan membangun latar belakang kelahiran mutan yang berhubungan dengan Celestials, Eternals, dan Deviants.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.